Tak Cuma Indonesia, 4 Negara Ini Juga Alami Kematian Anak karena Gagal Ginjal Akut Misterius

Sugeng rawuh Iklan Pos di Portal Ini!

Iklan Pos – Meningkatnya kasus gagal ginjal akut (AKI) misterius belakangan ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Banyak negara melaporkan hal serupa: kematian anak kecil akibat penyakit ginjal misterius. Tak Cuma Indonesia, 4 Negara Ini Juga Alami Kematian Anak karena Gagal Ginjal Akut Misterius

Hingga 18 Oktober 2022, Indonesia melaporkan 99 kematian anak terkait gangguan ginjal atau gagal ginjal. Sebagai tanggapan, pemerintah menarik kembali sirup yang diyakini mengandung etilen glikol dan menyebabkan masalah ginjal yang misterius.

Ternyata, kasus gagal ginjal tidak hanya terjadi di Indonesia. Beberapa negara lain juga mengalami hal serupa. Profil Mayor Teddy yang Trending Usai Video Bantu Pendukung Prabowo-Gibran Pingsan di GBK Viral

“Kejadian ini bukan terjadi sekarang saja, sudah berlangsung lama. Dijelaskan dr Eka dalam webinar kesehatan, Jumat (21/10/2022): “Baru di awal tahun kasus muncul dan puncaknya meningkat pada Agustus tahun lalu,” dokter tersebut merawat pasien ginjal yang mengidap penyakit tersebut. dari gagal ginjal akut di unit perawatan intensif anak (PICU) RSUD Zainal Abidin, Banda Aceh, Aceh, Jumat (21/10/2022). [antara gambar/Ampelsaa/ponsel].

1. Gambia

Seperti diketahui, bukan hanya Indonesia saja yang mengalami permasalahan seperti itu, Gambia juga termasuk negara yang memiliki kondisi tersebut. Banyak anak di Gambia menderita masalah ginjal misterius yang berujung pada kematian.

2. Amerika Serikat

Dr Eka mengatakan Amerika Serikat merupakan negara yang masih memiliki permasalahan penyakit ginjal misterius. Menurut Clinical Journal of American Society of Nephrology tahun 2013, ditemukan masalah AKI yang diamati pada 0,39 persen atau setara dengan 10.322 orang yang dirawat. Tanda-tanda klinisnya antara lain syok, sepsis, penyakit hati, dan gangguan perdarahan.

3. Uganda

Selain AS, Uganda juga menjadi negara yang mendaftarkan vaksin MMR pada tahun 2013. Dari 2.055 pasien yang bergejala, 278 atau sekitar 13,5 persen menderita AKI, menurut data.

Sementara itu, AKI berat terjadi pada pasien gastroenteritis (28,6%) dan berat badan rendah (20,7%). Sekitar 25 persen pasien meninggal saat dirawat di rumah sakit, dan yang tidak menderita AKI sekitar 9,9 persen. Prediktor kematian pada anak-anak ini termasuk pneumonia, tuberkulosis, dan AIDS. Tak Cuma Indonesia, 4 Negara Ini Juga Alami Kematian Anak karena Gagal Ginjal Akut Misterius

4.Bangladesh

Bangladesh juga menjadi negara dengan masalah MMR pada Januari-Desember 2015. Sekitar 731 anak dilaporkan dirawat di rumah sakit karena diare. Selain itu, kondisi lain yang diamati termasuk dehidrasi, sepsis, dan hipernatremia. Kondisi ini juga dikaitkan dengan masalah sepsis dan pneumonia.