Sumpah Pemuda Adalah? Isi, Makna, Tokoh Pendiri, Tujuan

Sumpah Pemuda Adalah? Isi, Makna, Tokoh Pendiri, Tujuan

Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda

SUMBER : Https://LaelitM.com

Pastinya sudah tahu bukan, jika gerakan Sumpah Pemuda yang menjadi salah satu tonggak lahirnya bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan oleh bangsa ini hingga kini. Secara umum Sumpah Pemuda terdiri dari dua kata yakni Sumpah dan Pemuda, dua kata sederhana ini yang memberikan ikrar pada dunia bahwa pemuda bersumpah untuk maju dalam memerdekakan bangsa Indonesia pada masa itu masih berada di dalam kekuasaan penjajah.

Maka tak heran jika Sumpah Pemuda merupakan salah satu sejarah yang tak boleh dilupakan khususnya bagi pemuda masa kini karena berkat Sumpah Pemuda Indonesia kini bisa merdeka dan pemuda pada masa ini bisa menikmati kemerdakaan, kebebasan dalam menggunakan hak dan mendapatkan kewajiban termasuk dalam hal mendapatkan pelajaran. Karena pada masa itu tak semua pemuda bisa mendapatkan pendidikan hal ini lah yang akhirnya membawa para pemuda untuk bersumpah bahwa mereka tak akan tinggal diam dan mengambil tindakan untuk memerdekan Negara Indonesai yang pada akhirnya bisa merasakan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Sehingga Sumpah Pemuda juga menjadi salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa ini yang telah membawa bangsa ini ke kemerdekaan. Sumpah Pemuda dianggap sebagai kristalisai semangat pada pemuda bangsa Indonesia kala itu untuk menegaskan cita – cita berdirinya bangsa Indonesia yang terbebas dari penjajahan.

Sumpah Pemuda sendiri terdiri dari tiga butir penting yaitu bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu, yang menjadi pemersatu bangsa ini.

Sumpah Pemuda sendiri menjadi salah satu bukti yang menunjukkan jika pada 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan dan proses kelahiran bangsa ini ini menjadi salah satu perjuangan yang tak bisa dilepaskan begitu saja dari rakyat Indonesia yang melawan kolonialisme yang selama ratusan tahun telah menindas rakyat Indonesia.

Karena keadaan ini lah yang akhirnya mulai mendorong para pemuda Indonesia pada saat itu untuk membulatkan tekadnya dan bertujuan untuk mengangkat harkat dan juga martabat hidup rakyat Indonesai dan juga untuk melepaskan diri dari penjajahan, tekad mulia ini lah yang menjadi komotmen dari pemuda dan seluruh rakyat Indonesia sehingga akhirnya berhasil mengantarkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Isi Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda ini berisikan tiga ikrar yang dirumuskan serta dilaksanakan oleh seluruh pemuda di Indonesia, berikut ini adalah isi dari Sumpah Pemuda:

Sumpah Pertama: Kami Poetra dan Poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia

Sumpah Kedua: kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Sumpah Ketiga: kami poetra dan poetri Indonesia menjoenjoeng Bahasa persatoean, Bahasa Indonesia.

Isi dari Sumpah Pemuda tersebut kini tercantum di dinding prasasti museum Sumpah Pemuda. Untuk penulisannya sendiri masih menggunakan ejaan Van Ophuysen.

 

Sudah seharusnya pemuda Indonesia saat ini juga mengetahui isi dari Sumpah Pemuda yang menjadi perjuangan pemuda pada masa itu untuk memberikan kemerdaan bagi pemuda masa kini. Selain harus mengetahui isi Sumpah Pemuda, pemuda saat ini juga harus mengerti makna dari Sumpah Pemuda itu sendiri sehingga pemuda masa kini bisa menghargai perjuangan pemuda pada masa itu.

Makna Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda sesuai dengan maknanya yang telah dirumuskan oleh pemuda Indonesia mereka menginginkan kemerdaan bangsa Indonesai dan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi yang digunakan di negera ini. Pemuda Indonesia juga menjadikan Sumpah Pemuda sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme sehingga pemuda tak hanya berjuang sendiri melainkan bersama sebagai pemuda Indonesia, karena pada masa itu pemuda dibagi atas organisai daerah yang membuat pemuda di Indonesia terpecah. Maka dengan adalah Sumpah Pemuda ini menyatukan seluruh pemuda di Indonesai sebagai satu kesatuan yang utuh dan tidak membedakan daerah asal.

Tokoh Pendiri

Kongres Sumpah Pemuda awalnya dihadiri oleh 9 organisasi pemuda yang mewakili daerahnya dan yang terkemuda pada saat itu. Berikut ini adalah 9 organisasi tersebut:

  1. Jong Sumatran Bond
  2. Pemuda Indonesia
  3. Sekar Rukun
  4. Jong Islamienten
  5. Jong Bataks Bond
  6. Jong Celebes
  7. Jong Ambon
  8. Pemuda Kaum Betawi
  9. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI)

Tujuan Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda diadakan dengan tujuan seperti di bawah ini:

  1. Membangkitkan rasa nasionalisme rakyat nusantara khususnya pemuda untuk mengusir penjajah.
  2. Mempertebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sehingga tak lagi ada pandangan berbeda dari pemuda yang berasal dari daerah berbeda.
  3. Memperluas usaha untuk segera mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia.
  4. Meruntuhkan tembok kedaerahan yang selama ini sering memisahkan pemuda Indonesia.

 

Dari perjuangan Sumpah Pemuda di atas, mari kita teruskan perjuangan mereka sebagai pemuda penerus bangsa Indonesia.

Artikel Lainnya :