Rumus menghitung skala 1 meter Berapa cm?

Bagaimana menghitung skala – 1 meter Berapa cm? Kami sering mendengar pertanyaan ini. Mungkin banyak orang masih tidak tahu bagaimana cara menghitung jarak aktual di peta. Nah, dalam ulasan ini kita akan membahas secara langsung bagaimana menghitung skala jarak pada peta lengkap dari beberapa contoh masalah dalam menghitung skala peta yang akan membantu kita untuk dapat dengan mudah menguasai materi formula skala ini.

Rumus menghitung skala 1 meter Berapa cm?

Jelas, dalam Matematika dan Geografi, kita harus membahas Peta termasuk perhitungan rumus skala, penelitian atau penentuan jarak pada peta, skala peta, jarak nyata dari satu kota ke kota lain. Nah, pada kesempatan ini kita akan belajar mengetahui rumus jarak pada peta, skala peta, jarak sebenarnya yang mencakup cara menentukan jarak pada peta, cara menentukan skala peta, cara menentukan jarak sebenarnya.

Untuk menghitung, mencari atau menentukan jarak pada peta, skala peta, jarak sebenarnya kita masih menggunakan segitiga ajaib seperti menghitung, mencari atau menentukan volume, debit dan waktu pelajaran Debit Air. Perbedaannya hanya pada surat. Namun, jelas huruf-huruf dalam rumus tidak mengandung arti yang sama.

cara menghitung skala

Sebelum membahas formula skala peta lebih lanjut, lebih baik untuk mempertimbangkan terlebih dahulu arti skala dan jarak pada peta berikut:

Pahami jarak di peta
Jarak pada peta adalah jarak antara suatu wilayah dan wilayah lain pada peta yang mewakili jarak sebenarnya di atas permukaan bumi. Jarak pada peta ini biasanya menggunakan satuan cm.
Memahami skala peta
Skala peta adalah rasio atau jumlah perbandingan jarak dua titik pada peta dengan jarak aktual di atas permukaan bumi. Skala peta biasanya menggunakan perbandingan seperti 1: 500.000 membaca 1 cm pada peta yang mewakili 500.000 cm / 5 km (jarak sebenarnya) di atas permukaan bumi.
Pemahaman yang jauh dalam kenyataan
Jarak aktual adalah jarak aktual dari satu daerah ke daerah lain. Jarak aktual biasanya menggunakan km.

Formula skala peta:

Kita dapat melihat pada gambar di atas, pada kenyataannya metode atau metode untuk menghitung jarak sebenarnya pada peta tidak sulit, bersama dengan ketentuan formula skala peta:

Jarak nyata = Peta Skala X Skala
Peta Jarak = Jarak Aktual: Skala
Skala = Jarak efektif: Jarak peta.

Contoh contoh Menentukan jarak aktual pada peta

Jarak dari kota dari A ke kota B 60 km. Jarak dibuat pada peta pada skala 1: 1.500.000. Berapa jarak kota A-B pada peta?

menjawab:
Jarak aktual = 60 km = 6.000.000 cm (jarak harus diubah dalam cm)
Skala peta = 1: 1.500.000

Ditanya tentang jarak di peta?

JP = S x JB
JP = 1 / 1.500.000 x 6.000.000
JP = 4 cm

Jadi jarak pada peta adalah 4 cm. Nah, apakah mudah untuk tidak menghitung skala peta menggunakan rumus di atas? Jadi ulasan kami kali ini tentang bagaimana menghitung skala pada peta 2018 terakhir yang bisa kita tulis. Kami berharap apa yang kami diskusikan di artikel ini semoga bermanfaat.

kata kunci:

Skala rumus, rumus meter, belajar menghitung skala peta, skala peta, cara menghitung skala, cara menghitung perbandingan skala, cara menghitung skala dari km ke cm, cara menghitung ska, cara menghitung skala perbandingan, cara menemukan skala
BERBAGI DI Twitter Facebook Google+ Simpan
Artikel terkait dari “1 meter Berapa banyak Cm? Selanjutnya Bagaimana cara menghitung skala jarak peta”

Sumber : rumus