Ragam Manfaat Daun Thyme untuk Kesehatan

Ragam Manfaat Daun Thyme untuk Kesehatan

Daun thyme sering digunakan sebagai bumbu dan rempah untuk memasak. Namun, di balik manfaatnya sebagai bahan makanan, diyakini bahwa daun thyme juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Thymus vulgaris Latin thyme dapat dimakan segar atau kering. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, obat tradisional juga dapat mengubah thyme menjadi teh herbal, minyak esensial untuk aromaterapi.

Manfaat kesehatan dari daun thyme

Ragam Manfaat Daun Thyme untuk Kesehatan
Ragam Manfaat Daun Thyme untuk Kesehatan

Daun thyme mengandung beragam nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, zat besi, seng, kalsium, magnesium, dan kalium. Selain itu, daun thyme juga mengandung berbagai jenis antioksidan seperti polifenol dan timol. Zat timus ini memberikan aroma unik pada daun thyme.

Karena kadar berbagai jenis nutrisi dan antioksidan yang disebutkan di atas, daun thyme diyakini membawa manfaat kesehatan, termasuk:

1. Meredakan batuk
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa minyak atsiri yang mengandung ekstrak thyme berguna sebagai obat batuk alami untuk pengobatan pilek dan batuk ISPA. Ini diyakini karena sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari daun thyme.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Thyme adalah sumber vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang baik. Bahan-bahan dalam daun thyme diketahui meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit.

3. Meredakan peradangan dan iritasi kulit
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun thyme dapat meredakan peradangan dan iritasi pada kulit, misalnya pada eksim dan jerawat. Ini berkat kandungan timol dalam daun thyme, yang memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri.

4. Membantu mengurangi stres
Minyak esensial daun thyme mengandung aroma menyegarkan. Sebagai aromaterapi, minyak memiliki efek menenangkan dan bebas stres.

5. Meredakan rasa sakit
Daun thyme mengandung zat yang memiliki sifat antiinflamasi dan antiinflamasi. Berkat bahan-bahan ini, daun thyme, yang dikonsumsi sebagai teh atau suplemen herbal, dikatakan dapat mengurangi rasa sakit, misalnya karena masalah menstruasi.

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, daun thyme juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat dan mengatasi bau mulut.

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa manfaat kesehatan dari daun thyme yang disebutkan di atas masih terbatas pada penelitian kecil. Oleh karena itu, manfaat medis daun thyme sebagai perawatan perlu diselidiki lebih lanjut, terutama yang berkaitan dengan tingkat efektifitas dan keamanannya.

Daun thyme yang berlebihan tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan berbagai efek samping seperti gangguan pencernaan dan sakit kepala.

Secara umum, daun thyme aman sebagai teh herbal atau bahan masakan. Namun, jika Anda berencana untuk menggunakan suplemen atau obat-obatan herbal yang mengandung daun thyme, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga :