Planet yang Mirip dalam Film Superman Ditemukan, Besarnya 11 Kali Lipat dari Jupiter

Selamat datang Iklan Pos di Portal Ini!

Iklan Pos Tekno – Jika Anda mengira planet Jupiter itu besar, Anda akan ternganga saat mengetahui tentang planet ini. Planet yang Mirip dalam Film Superman Ditemukan, Besarnya 11 Kali Lipat dari Jupiter

Sebuah planet ekstrasurya masif berukuran 11 kali ukuran Jupiter telah ditemukan pada orbit terjauh di sekitar bintang induknya.

Planet ekstrasurya yang baru ditemukan, diberi nama HD 106906b, mengorbit semua benda planet di sekitar Tata Surya dan mengorbit bintangnya pada jarak 650 kali jarak rata-rata antara Bumi dan x-Matahari. Tak heran jika dikatakan bahwa planet ini mirip dengan gambaran planet di film Superman. Viral Wajah Misterius Muncul di Bebatuan Sungai saat Air Surut

Para peneliti mengatakan keberadaan planet yang begitu besar dan jauh menimbulkan pertanyaan baru tentang bagaimana planet aneh ini terbentuk.

“Sistem ini sangat menarik karena tidak ada satu pun model pembentukan planet atau bintang yang dapat sepenuhnya menjelaskan apa yang kita lihat,” kata ketua peneliti Vanessa Bailey, mahasiswa tahun kelima di Departemen Astronomi Universitas Arizona, dilansir Space. Rabu, 6 Desember 2023.

Teori pembentukan planet yang paling diterima secara luas mengasumsikan bahwa planet mirip Bumi berawal dari objek kecil mirip asteroid yang mengorbit di dekat bintang induknya, kemudian menyatu menjadi piringan gas dan debu purba di sekitar bintang yang sekarat.

Namun, proses ini terlalu lambat untuk menjelaskan bagaimana planet raksasa terbentuk jauh dari bintangnya, kata para peneliti.

Hipotesis alternatif menunjukkan bahwa planet-planet raksasa yang jauh mungkin terbentuk dengan cara yang sama seperti sistem bintang biner kecil, kata Bailey.

“Sistem bintang biner dapat terbentuk ketika dua gumpalan gas yang berdekatan runtuh secara independen untuk membentuk sebuah bintang, dan bintang-bintang ini menjadi cukup dekat untuk membentuk tarikan gravitasi dan bergabung menjadi satu orbit,” jelasnya.

Dalam sistem HD 106906, bintang dan planet mungkin runtuh secara independen, tetapi tidak cukup material untuk menumbuhkan planet tersebut menjadi bintang baru, kata Bailey.

Namun, masih ada permasalahan dalam situasi ini. Perbedaan antara dua kumpulan bintang dalam sistem biner biasanya tidak lebih dari rasio 10 banding 1. “Dalam kasus kami, rasio massanya lebih dari 100 banding 1,” kata Bailey. Planet yang Mirip dalam Film Superman Ditemukan, Besarnya 11 Kali Lipat dari Jupiter

“Rasio massa ekstrem ini tidak diprediksi oleh teori pembentukan bintang biner. Kita tidak dapat membentuk planet pada jarak sejauh ini dari bintang induknya seperti yang diprediksi oleh teori pembentukan planet.”

Planet HD 106906b baru berusia 13 juta tahun dan masih bersinar dengan sisa panas, kata para peneliti. Sebagai perbandingan, Bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, sekitar 350 kali usia planet ekstrasurya yang baru ditemukan.

Planet ini ditemukan menggunakan kamera inframerah termal yang dipasang pada Teleskop Magellan di gurun Atacama di Chili. Para peneliti menggunakan data dari Teleskop Luar Angkasa Hubble untuk mengkonfirmasi temuan mereka. Planet ini memiliki ekor yang panjang karena tertiup angin matahari.Sebuah planet mirip komet di luar tata surya kita kehilangan lebih banyak atmosfer dari ekornya yang lebar dibandingkan yang diperkirakan sebelumnya. Iklan Pos 18 Januari 2024