Perbedaan Massa dan Berat

Berat dan berat – adalah salah satu hal yang kita pelajari tentang fisika. Beberapa orang berpikir bahwa berat dan beratnya sama.

Namun, keduanya memiliki perbedaan, sehingga orang sering bingung berat dan beratnya. Untuk alasan ini, berikut ini adalah perbedaan berat dan berat dalam fisika.

Pengertian Massa dan berat

Kebanyakan orang yang tidak mengerti berat dan berat berpikir bahwa dua hal adalah sama. Kesalahpahaman, tentu saja, memaksa seseorang untuk menafsirkan massa sebagai sesuatu yang berat, dan sebaliknya. Padahal, kedua hal ini memiliki perbedaan mendasar dari pemahaman.

Massa adalah sejumlah besar bahan yang ada dalam tubuh, terlepas dari kekuatan atau volume yang mempengaruhi massa. Sejauh menyangkut berat, gravitasi adalah gaya yang terkait dengan massa suatu benda. Dari pengertian ini saja, keduanya memiliki perbedaan.

Sumber: https://ruangguru.co/

2. Pengaruh gaya gravitasi
Perbedaan berat dan berat juga didasarkan pada pengaruh gravitasi. Biasanya, berat benda tergantung pada gaya gravitasi yang ada di tempat itu. Meskipun memiliki massa, jumlahnya akan selalu konstan di mana-mana. Ini dapat dianggap sebagai berat benda, misalnya, 60 kg.

Kelembaman atau bisa juga disebut dengan kelembaban adalah kecenderungan benda untuk melawan gerakannya. Ini, tentu saja, akan membuat massa konstan, dan tidak akan berubah bahkan jika objeknya ada di bulan atau di tempat lain.

Perbedaan antara mentega dan margarin
Tentu saja, berat benda adalah 600 Newton. Namun, jika kita pindah ke bulan, beratnya akan mencapai 100 newton. Ini disebabkan oleh gravitasi bulan 1/6 kali massa Bumi. Jika Anda melihat beratnya, tentu saja bobotnya tidak akan berubah sehingga kita dapat menyimpulkan bahwa massa bisa konstan dan beratnya bervariasi.

3. Massa dan timbangan berat badan
Ketika Anda melihat kartu, tentu saja, massa sama dengan panjang, suhu, waktu, arus kuat, jumlah material, dan intensitas cahaya. Enam item yang disebutkan di atas adalah jumlah dasar, sehingga massa termasuk dalam jumlah dasar. Karena itu, massa memiliki satuan yang telah ditentukan.

Sementara itu, bobot jatuh ke dalam kelompok kelas turun-temurun. Jika didasarkan pada arah dampak benda, massa diklasifikasikan sebagai kuantitas yang diskalakan. Tidak seperti massa, berat memasuki kuantitas vektor. Ini karena arah objek sangat dipengaruhi oleh ukuran objek, seperti pada poin kedua.

4. Satuan massa dan berat
Berbicara tentang unit, tentu saja, bagi mereka yang mempelajari ilmu alam dan fisika, mereka harus memahami tentang departemen internasional. Divisi Internasional atau SI adalah sistem pengukuran yang sekarang banyak digunakan oleh orang-orang. Ada tujuh unit utama dalam SI dan banyak turunannya.

Kembali ke paragraf ketiga, yaitu jenis-jenis kuantitas dalam dua unit. Massa, yang diklasifikasikan berdasarkan unit, memiliki simbol unit dalam kilogram atau kg. Unit ini juga dapat dibagi menjadi gram, miligram, dll. Sedangkan bobot yang dihasilkan per unit memiliki simbol N atau Newton.

5. Cara Mengukur Massa dan Berat Badan
Kedua bagian ini juga memiliki alat pengukur yang berbeda. Ini didasarkan pada massa yang dipengaruhi oleh gaya gravitasi, dan berat tidak berpengaruh pada gaya gravitasi. Secara umum, seseorang akan menggunakan keseimbangan untuk mengukur massa suatu benda. Selain itu, timbangan juga bisa digunakan untuk mengukur massa.

Berat juga dapat diukur menggunakan keseimbangan ohaus, atau apa yang juga bisa disebut keseimbangan tiga kaki. Tentu saja, Anda akan menemukan bentuk keseimbangan Oahu di sekolah jika sekolah memiliki kereta ini. Tetapi bagi mereka yang tidak, bentuk keseimbangan Oahu terlihat seperti skala, tetapi bagian lainnya adalah alat untuk melihat berat objek.

Adapun pengukuran berat, alat yang disebut keseimbangan musim semi digunakan. Keseimbangan pegas memiliki bentuk yang mirip dengan skala yang digantung tetapi memiliki meteran ukur dengan niton. Mengukur berat menggunakan keseimbangan musim semi akan lebih mudah, tetapi lebih tepatnya jika berat dihitung menggunakan rumus.

6. Rumus untuk menghitung massa dan berat
Bagi mereka yang tidak mengerti cara menghitung dua unit, berikut ini adalah rumus untuk menghitung massa dan berat. Massa dihitung dengan rumus berat benda dibagi gravitasi. Rumus massa juga dapat dihitung dengan ca.

Lihat juga: