Pengertian manajemen agribisnis

Pengertian manajemen agribisnis

Apa itu manajemen agribisnis? Definisi Manajemen Agribisnis adalah kegiatan di sektor pertanian (agro-industri) yang menerapkan ilmu manajemen, memaksakan fungsi perencanaan, penyusunan, manajemen dan fungsi kontrol dan menggunakan semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan, atau menghasilkan produk pertanian yang menguntungkan.

Di bidang bisnis, gagasan manajemen agribisnis sangat luas dan telah dijelaskan oleh beberapa ahli. Secara konseptual, manajemen agribisnis adalah semua kegiatan mulai dari pengadaan hingga distribusi hingga pemasaran produk pertanian dan agroindustri yang memiliki keterkaitan di antara mereka.

Manajemen (baca: Definisi manajemen) diperlukan dalam agribisnis sebagai sarana untuk membentuk perencanaan agribisnis yang terstruktur dan terorganisir dengan baik. Dengan memahami manajemen agribisnis, orang dapat memahami bahwa perencanaan sangat vital untuk bisnis pertanian mengingat sifatnya penuh ketidakpastian dan rentan terhadap risiko kerugian.

Informasi lebih lanjut tentang manajemen agribisnis akan dibahas dalam artikel ini.
Manajemen agribisnis menurut para ahli

Kata agribisnis adalah hasil adaptasi dari bahasa Inggris, yaitu agribisnis. Agri berarti pertanian, sedangkan Bisnis berarti bisnis atau kegiatan untuk menghasilkan keuntungan. Beberapa ahli menjelaskan arti agribisnis, termasuk:
1. Austin

Menurut Austin, gagasan Agribisnis adalah unit kegiatan komersial yang meliputi kegiatan pertanian, pengolahan makanan, struktur dan infrastruktur komersial untuk produksi pertanian, transportasi, perdagangan, stabilitas pangan dan berbagai kegiatan lainnya, termasuk distribusi produk makanan dan serat ke konsumen.
2. Wibowo (1994)

Menurut Wibowo et al., Gagasan Agribisnis adalah semua kegiatan mulai dari pengadaan, implementasi, distribusi, pemasaran produk yang dihasilkan oleh sebuah pertanian atau agroindustri yang saling terkait.

Dengan kata lain, agribisnis dapat dilihat sebagai sistem pertanian yang memiliki komponen subsistem yang berbeda, yaitu pertanian yang menghasilkan bahan baku, mengubah produk pertanian dan memasarkan produk pertanian.
3. Sjarkowi dan Sufri (2004)

Menurut Sjarkowi dan Sufri, definisi Agribisnis adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan produksi pertanian, yang meliputi eksploitasi faktor produksi pertanian dan eksploitasi produksi itu sendiri dan eksploitasi produk pertanian. Dengan kata lain, agribisnis adalah prospek ekonomi bagi perusahaan pemasok makanan.
4. Soekartawi (1993)

Menurut Soekartawi, definisi Agribisnis adalah unit bisnis yang mencakup satu atau seluruh rantai produksi, transformasi produk dan pemasaran produk yang berkaitan dengan pertanian dalam arti luas.
5. Drillon

Menurut Drillon, makna Agribisnis adalah semua kegiatan yang menyangkut produksi dan distribusi tanaman produksi pertanian, kegiatan pertanian, serta penyimpanan, pemrosesan dan distribusi produk pertanian dan produk lainnya yang berasal dari produk pertanian.
6. Cramer dan Jensen

Definisi Agribisnis menurut Cramer dan Jensen adalah kegiatan yang meliputi industri pertanian, pemasaran produk pertanian dan produk olahan produk pertanian, industri manufaktur dan distribusi untuk produk makanan dan serat serat untuk pengguna / konsumen.
7. Downey dan Erickson (1987) dalam Saragih (1998)

Agribisnis menurut Downey dan Erickson adalah kegiatan yang terkait dengan pengelolaan produk pertanian dalam arti luas, yang mencakup satu atau seluruh rantai produksi, input dan output produksi (agro-industri), pemasaran input pertanian dan kegiatan dukungan .
9. Soehardjo (1997)

Pengertian agribisnis menurut Soehardjo adalah suatu sistem dalam industri agri-pangan yang terdiri dari beberapa subsistem terkait. Sistem dapat bekerja dengan baik jika tidak ada gangguan dengan salah satu subsistem.
10. Hadi (1992)

Agribisnis menurut Hadi adalah serangkaian kegiatan yang terdiri dari empat subsistem yang saling mempengaruhi, yaitu pasokan input pertanian, produksi pertanian, pengolahan produk dan pemasaran produk pertanian, di mana semua layanan mereka adalah tanggung jawab koordinator agribisnis.

Sumber : https://materibelajar.co.id/