Pengertian Bakat, Jenis-Jenis dan Contoh Bakat

Pengertian Bakat

Apa itu sikap? Singkatnya, gagasan tentang bakat adalah keterampilan yang dimiliki oleh seseorang yang keterampilannya melekat dalam dirinya dan dapat digunakan untuk melakukan hal-hal tertentu lebih cepat dan lebih baik daripada orang biasa.

Pendapat lain menyatakan bahwa gagasan tentang bakat adalah keterampilan yang ditemukan pada seseorang sejak lahir di mana keterampilan tersebut dapat digunakan untuk mempelajari sesuatu dengan cepat dan dengan hasil yang baik.

Setiap orang memiliki bakat yang berbeda dan bentuknya sangat berbeda. Misalnya, seperti bakat musik, menari, melukis dan sebagainya. Dalam hal ini bakat juga dipengaruhi oleh beberapa faktor karena bakat dapat berkembang dengan cepat atau lambat jika:

Tingkat pendidikan yang Anda dapatkan.
Faktor lingkungan yang dapat mendukung bakat mereka.
Struktur saraf motorik yang baik.
Motivasi dan minat seseorang untuk belajar dan mengasah bakat mereka.

Memahami bakat menurut para ahli

Untuk lebih memahami apa itu bakat, kita bisa merujuk pada pendapat para pakar berikut:

1. William B. Michael

Menurut William B. Michael, gagasan tentang bakat adalah keterampilan yang ada dalam diri seseorang yang melakukan tugas dan melakukannya dipengaruhi oleh praktik yang dijalani.

2. S.C Utami Munandar

Menurut S.C Utami Munandar, bakat adalah kemampuan bawaan seseorang yang sebagai potensi belum dikembangkan lebih lanjut dan dilatih untuk memenuhi impian yang ingin Anda penuhi.

3. Kartini Kartono

Menurut Kartini Kartono, gagasan tentang bakat adalah sesuatu yang mencakup semua faktor yang ada dalam diri seseorang yang dimiliki oleh awal pertama hidupnya dan karena itu mempromosikan pengembangan keterampilan, kemampuan, dan kemampuan tertentu. Bakat ini memiliki potensi laten, sehingga masih bisa dikembangkan dan dikembangkan.

4. Suganda Pubakawatja

Menurut Suganda Pubakawatja, gagasan tentang bakat adalah benih yang berasal dari suatu sifat yang akan terbukti hanya jika seseorang memiliki peluang dan cenderung mengembangkannya.

5. M. Ngalim Purwanto

Menurut M. Ngalim Purwanto, bakat adalah kemampuan bawaan, yang menyangkut kemampuan dan potensi yang dimiliki seseorang.

 

Jenis bakat
Secara umum, bakat dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu bakat umum dan bakat khusus. Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang dua jenis bakat:

Bakat umum; Secara umum adalah kemampuan dalam bentuk potensi dasar pada diri seseorang yang bersifat umum. Dengan kata lain, bakat umum ini dimiliki oleh setiap individu dan menjadi sesuatu yang normal.
Bakat khusus; Bakat khusus adalah keterampilan khusus atau potensial yang dimiliki seseorang. Dengan kata lain, tidak semua orang memiliki bakat khusus yang sama dari satu orang ke orang lain.
Baca juga: Definisi motivasi

Contoh bakat
Banyak orang berpikir bahwa bakat dan minat adalah dua kesamaan, bahkan jika mereka berbeda. Minat cenderung dalam situasi di mana individu memiliki fokus khusus pada sesuatu dan ingin mempelajarinya lebih dalam, sementara bakat seperti yang dibahas di atas adalah sesuatu yang melekat dalam kelahiran.

Berikut adalah beberapa contoh bakat:

1. Bakat umum
Bakat umum adalah keterampilan dasar atau potensi seseorang dan dimiliki oleh setiap individu. Beberapa contoh bakat manusia yang umum meliputi:

Mampu bicara.
Mampu berpikir.
Mampu berjalan atau bergerak.
Mampu menulis dan membaca.
Dan lainnya.
2. Bakat khusus
Bakat khusus adalah kemampuan atau potensi khusus yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Beberapa contoh talenta khusus yang ada pada sebagian orang, misalnya:

Bakat verbal, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam hal verbal yang ditunjukkan oleh konsep atau dalam bentuk kata-kata.
Bakat numerik, atau kemampuan khusus seseorang dalam bidang bentuk numerik atau matematika.
Bakat skolastik, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam hal angka dan kata-kata. Jenis bakat ini meliputi kemampuan berpikir, bernalar, mengatur, membuat hipotesis, pandangan hidup yang rasional dan lain-lain. Biasanya terkonsentrasi dengan cara ini ditemukan dalam seorang ilmuwan, akuntan, pemrograman atau sejenisnya.
Bakat abstrak, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam hal menciptakan model, desain, dimensi, bentuk atau posisi.
Bakat mekanik, atau kemampuan khusus seseorang dalam bentuk prinsip-prinsip umum ilmu alam, peralatan, prosedur kerja atau lainnya.

Bakat Ruang yaitu, kemampuan khusus seseorang dalam hal pengamatan atau narasi pola dua dimensi atau pemikiran dalam tiga dimensi. Bakat ini biasanya dimiliki oleh fotografer, seniman, pilot, arsitek atau profesi lain.
Akurasi ulama berbakat, yaitu kemampuan khusus seseorang dalam hal menulis, mengumpulkan dan di laboratorium.
Bakat linguistik, ini adalah kemampuan khusus seorang individu untuk bernalar dengan analisis bahasa. Bakat ini diperlukan di bidang penyiaran, hukum, penerbitan, penjualan, jurnalisme, atau profesi serupa lainnya.
Baca juga :

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian bakat, tipe dan beberapa contoh bakat yang dimiliki oleh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat dan memperluas wawasan Anda.