Mengenal Teh Kuning, Ramuan Ajaib yang Bikin Anda Tetap Sehat

Selamat datang Iklan Pos di Portal Ini!

JAKARTA – Kamu pecinta teh? Maka Anda perlu menambahkan teh kuning luar biasa yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Mengenal Teh Kuning, Ramuan Ajaib yang Bikin Anda Tetap Sehat

Mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar tentang teh kuning. Ini adalah salah satu teh terbaik di China dengan rasa yang unik.

Teh kuning memiliki tekstur yang lembut, aroma yang sedap, dan sisa rasa buah. Teh kuning mirip dengan teh hijau tetapi tidak terlalu membebani perut.

Ini adalah salah satu dari enam kategori utama teh yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan Anda. Metode pengolahannya rumit dan populer di kalangan pecinta teh.

Pengertian Teh Kuning Teh kuning diberi nama karena warna kuningnya yang unik. Nama tersebut bukan berasal dari warna daun teh kering atau minuman keras teh itu sendiri, melainkan dari warna campuran minumannya. Pada tahap pemrosesan akhir, setelah daun teh difiksasi dan digulung, daun teh mengalami oksidasi terkontrol dan penyesuaian kadar air. Ramalan Zodiak Asmara Hari Ini 27 Januari 2024, Libra Lupakan Patah Hatimu

Oksidasi terkontrol inilah yang membedakan teh kuning dengan teh hijau, yang memiliki tingkat oksidasi berbeda. Saat teh mengalami proses oksidasi ini, warna minuman berubah menjadi kuning. Teh kuning lebih teroksidasi dibandingkan teh hijau, tetapi lebih sedikit dibandingkan teh oolong atau hitam.

Manfaat teh kuning 1. Kaya akan antioksidan Teh kuning mengandung antioksidan, seperti katekin dan polifenol, yang dapat membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi stres oksidatif.

2. Meningkatkan kesehatan jantung Teh kuning mengandung polifenol, yaitu senyawa alami yang membantu mengurangi risiko gagal jantung dan penyakit kardiovaskular. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, anti-aterosklerotik dan efek penurun tekanan darah, yang selanjutnya dapat mengurangi risiko, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Cardiovaskular Medicine.

3. Membantu mengontrol berat badan Kombinasi kafein dan katekin pada teh kuning dapat meningkatkan metabolisme sehingga membantu mengontrol berat badan. Kafein dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi, sedangkan katekin dapat membantu oksidasi lemak.

4. Meningkatkan mood Teh kuning, seperti teh lainnya, mengandung asam amino yang disebut L-theanine, yang dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres. Kombinasi L-theanine dalam teh kuning dengan jumlah kafein yang tepat membantu menjaga kondisi mental tetap tenang dan fokus.

5. Meningkatkan Kesehatan Usus Senyawa dalam teh kuning, seperti tanin, mungkin memiliki sifat astringen ringan yang dapat membantu meringankan masalah pencernaan.

6. Meningkatkan kesehatan gigi Polifenol dalam teh kuning mungkin memiliki sifat antibakteri dan membantu meningkatkan kesehatan mulut. Minum teh tanpa pemanis juga dapat membantu meningkatkan kebersihan mulut Anda.

7. Baik untuk kulit Antioksidan dalam teh kuning mungkin memiliki potensi manfaat bagi kulit, mencegah stres oksidatif dan mendukung produksi kolagen.

8. Meningkatkan kekebalan Sifat teh kuning yang meningkatkan kekebalan tubuh dapat dikaitkan dengan adanya antioksidan dan senyawa bioaktif lainnya. Konsumsi secara teratur membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Cara membuat bahan teh kuning

Daun teh kuning

1 ½ gelas air

Pemanis: Madu, gula tebu atau sukrosa

Metode Mengenal Teh Kuning, Ramuan Ajaib yang Bikin Anda Tetap Sehat

1. Didihkan satu setengah gelas air dan masak dengan api sedang selama dua menit.

2. Jika ingin lebih kuat tambahkan 5 gram teh kuning atau lebih. Sekarang diamkan selama 2 hingga 5 menit.

3. Tambahkan pemanis pilihan dan sesuaikan rasa manis sesuai selera.

4. Setelah beberapa menit, saring.

5. Nikmati indahnya teh kuning selagi panas.