Mengenal Konservasi Jenis Ikan Dilindungi

Wecome Iklan Pos di Situs Kami!

Sungailiat – Direktorat Jenderal Pengelolaan Kelautan dan Tata Ruang Laut Loka BSPL Serang melakukan kegiatan sosialisasi mengenai pengaturan dan pemanfaatan jenis ikan yang dilindungi dan/atau Appendix CITES serta pedoman teknis pengelolaan biota laut yang terdampar. Sungailiad, Piala. Banga, Provinsi Kepulauan Banga Belitung. Mengenal Konservasi Jenis Ikan Dilindungi

Dalam pengoperasiannya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Banga Belitung, Universitas Banga Belitung, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Banga, Satwas PSDKP Sungailiat, lokasi PSDKP di bawah, Pelabuhan Perikanan Sungailiat Nusantara, PKSDA Sumatera, Polres Bangal Chat, dan Penang ikut bergabung. Pangkalan TNI Bank Belitung.

Selain itu, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Banga, Yayasan Konservasi Flora dan Fauna Babel Alopi, Proyek Konservasi Dugong dan Lamun Banga Pelitung, Persatuan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Banga, Kelompok Pengumpul Penyu Penangkaran Babel, USAID Banga Pelitung juga ikut berpartisipasi. Koordinator Kerja Sama. Yayasan Mahija Parahita Nusantara Beri Dukungan Pendidikan Untuk Pahlawan Daur Ulang

“Kegiatan ini dalam rangka implementasi kebijakan internasional karena Indonesia merupakan salah satu negara yang telah meratifikasi CITES, selain itu wilayah kerja LBSPL Serang terdiri dari 8 wilayah yang banyak mengandung biota laut,” Santoso Budi menjelaskan. . Vidyardo (Kepala Bengkel BSPL Serang) dalam keterangannya, ditulis pada Jumat 29 Desember 2023.

Oleh karena itu, proses ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan terkait dan kelompok masyarakat dalam menangani biota yang dilindungi dan/atau suplemen dan serat CITES, tambahnya.

Agus Suryadi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini penting karena mendukung kebijakan ekonomi biru, sesuai rencana yang dilaksanakan oleh Kep. Bank Belitung menjaga laut melalui kawasan lindung dan melestarikan biota yang ada di dalamnya.

Konservasi ikan merupakan upaya untuk mencegah kepunahan spesies yang terancam punah. Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menetapkan 20 jenis ikan sebagai kegiatan perlindungan tahun 2020-2024. Daftar Jenis Ikan yang Dilindungi Berdasarkan Keputusan Menteri No. 1 Tahun 2021 tentang Jenis Ikan yang Dilindungi.

Selain itu, ada spesies ikan yang masuk dalam lampiran CITES. Peraturan ini mengatur tentang prinsip-prinsip pemanfaatan spesies yang termasuk di dalamnya, prinsip-prinsip tersebut adalah legalitas, pemantauan, keberlanjutan.

Secara hukum, segala penggunaan spesies ikan yang dilindungi atau lampiran CITES harus diizinkan. Izin pemanfaatan jenis ikan yang dilindungi dan/atau sumber daya tambahannya berbentuk Izin Pemanfaatan Jenis Ikan (SIPJI). Penerbitan SIPJI dilakukan melalui sistem OSS.

Setiap pengiriman keluar masuk Tanah Air wajib disertai Surat Keterangan Perpindahan Jenis Ikan (SAJI). Dokumen ini memuat informasi tentang asal usul bukti kepemilikan barang niaga tersebut. Prinsip yang terakhir adalah keberlanjutan, yaitu penting untuk memperhatikan prinsip keberlanjutan dengan menerapkan kuota efisiensi.

Selain menjelaskan mekanisme pemanfaatan jenis ikan yang dilindungi dan/atau sumber tambahan, kegiatan ini memberikan edukasi kepada peserta dalam menangani organisme laut yang terdampar. Mamalia laut merupakan biota yang biasa terdampar di pesisir pantai Indonesia.

“Introduksi biota laut merupakan fenomena yang harus dibenahi, dan tindakan yang diambil berbeda-beda sesuai dengan kondisi dimana biota tersebut ditemukan.” jelas RR. Shekhar Meera, peneliti BRIN, menjadi narasumber proyek ini.

“Peningkatan kapasitas ini dapat menciptakan jejaring sosial yang mampu melaporkan dan mengelola kejadian biota laut yang terdampar,” tambahnya. Mengenal Konservasi Jenis Ikan Dilindungi

Melalui kegiatan langsung di lapangan, masyarakat belajar bagaimana berinteraksi dengan peristiwa kehidupan laut melalui teknik pengumpulan data, fotografi dokumenter, dan simulasi lagu menggunakan alat bantu visual.

Sepanjang tahun 2023, LPSPL telah bermunculan di Serange Cilacap, Rembang, Pengulu, Banga dan Belitung 5. dan bimbingan teknis pengelolaan 4 mamalia laut di Kebumen, Pelabuhan Ratu, Pengulu dan Banga. Sosialisasi dan edukasi ini akan terus berlanjut sebagai langkah untuk memandu upaya konservasi ikan.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Di Hari Jurnalisme Nasional, Sri Mulyani menjelaskan pentingnya peran jurnalis bagi demokrasi di NKRI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indravati mengucapkan selamat kepada seluruh pekerja media di Indonesia pada Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Mereka mengungkapkan keyakinan yang berbeda. Iklan Pos 9 Februari 2024