Manfaat Menguapi Wajah Dengan Air Hangat

Wajah merokok tampaknya memiliki banyak manfaat yang Anda tahu. Perawatan rumah yang sangat sederhana ini hanya membutuhkan satu baskom air panas. Tetapi meskipun sederhana, ada banyak manfaat untuk wajah yang pasti Anda nikmati. Jadi apa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika Anda rajin merokok?

Manfaat Menguapi Wajah Dengan Air Hangat

Tidak banyak orang tahu bahwa mengukus wajah memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulit seperti:

1. Bersihkan pori-pori
Uap air yang diarahkan ke wajah mampu membuka pori-pori sehingga kotoran yang tersumbat cepat terlepas.

Membuka pori-pori wajah sama dengan melembutkan komedo, memfasilitasi pengangkatan. Selain itu, pembukaan pori-pori juga memungkinkan sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya keluar.

Dengan cara ini, pori kecil kemungkinan tersumbat dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Keuntungan ini bisa menjadi alasan mengapa orang dengan kulit berjerawat secara teratur menguap wajah mereka.

2. Meningkatkan sirkulasi
Kombinasi uap panas dan keringat yang keluar dari wajah dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Peningkatan aliran ini memberi nutrisi pada kulit dan membuat aliran darah lebih mengalir.

Ketika aliran darah teratur, oksigen yang diangkut dapat didistribusikan dengan benar ke seluruh tubuh. Ketika sirkulasi meningkat, wajah akan terlihat lebih bersinar dan lebih sehat.

3. Tuang minyak yang terperangkap
Sebum adalah minyak yang diproduksi secara alami oleh kelenjar sebaceous di jaringan kulit. Minyak ini sebenarnya memiliki tugas penting yaitu melumasi kulit dan rambut.

Sayangnya, jika terperangkap di bawah permukaan kulit, sebum menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Ini membuat kulit wajah akhirnya tertutup oleh jerawat dan komedo.

Karena itu, penguapan pada wajah memiliki manfaat penting untuk melepaskan minyak yang terperangkap di kulit.

4. Melembabkan kulit
Mengepul wajah dapat melembabkan kulit untuk mencegah kekeringan. Tidak hanya dari uap, wajah juga terhidrasi karena uap membantu meningkatkan produksi minyak.

Minyak yang dihasilkan adalah apa yang secara alami melembabkan wajah. Tapi jangan khawatir, minyak tidak akan menyumbat pori-pori Anda jika Anda terburu-buru untuk mencuci wajah.

5. Membantu kulit menyerap produk dengan lebih baik
Keuntungan lain dari mengukus wajah yang mungkin tidak Anda harapkan adalah memaksimalkan penyerapan produk perawatan. Uap air panas yang diarahkan ke wajah dapat meningkatkan permeabilitas kulit.

Permeabilitas adalah kemampuan yang dimiliki oleh suatu membran untuk melewatkan sejumlah partikel melalui atau melewatinya. Ketika kapasitas ini meningkat, produk yang diaplikasikan pada wajah akan otomatis terserap dengan baik sehingga manfaatnya bisa didapat secara maksimal.

6. Meningkatkan produksi kolagen dan elastin
Peningkatan aliran darah selama mengukus wajah sebenarnya bisa mengencangkan kulit sehingga terlihat lebih muda. Karena kolagen dan elastin di wajah akan meningkatkan produksi.

Kolagen adalah salah satu protein pendukung kulit utama yang memberi struktur dan kekuatan pada kulit. Sedangkan elastin adalah protein yang membuat kulit mampu meregang ke struktur aslinya.

Selain itu, menguapkan wajah memiliki manfaat tubuh lain untuk membuatnya lebih rileks. Biasanya perasaan ini paling banyak didapat saat menambahkan rempah-rempah atau minyak esensial.

Efek samping dan risiko mengukus wajah

Meski relatif aman, uap air yang terlalu panas dan terlalu dekat jaraknya bisa menyebabkan luka bakar parah. Oleh karena itu, perlu untuk memastikan bahwa suhu uap panas dapat ditoleransi untuk kulit.

Orang dengan rosacea juga tidak dianjurkan untuk menguapkan wajah mereka. Panas yang dihasilkan oleh uap dapat melebarkan pembuluh darah, membuat penderita rosacea semakin memerah.

Selain itu, menguapkan wajah juga harus menjadi perhatian utama bagi orang-orang yang memiliki eksim yang sangat kering. Alasannya, mengukus wajah terlalu lama juga bisa memicu iritasi pada kulit yang akan memperburuk eksim

Baca Juga :