Manfaat Mengkonsumsi Buah Alpukat Untuk Kesehatan

iklanpos.co.id – Salah satu jus yang sangat populer di kalangan orang Indonesia adalah jus alpukat. Jus ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang enak. Di balik rasa lezat ini adalah jus alpukat, yang menawarkan begitu banyak manfaat kesehatan. Apa manfaat jus alpukat?

Manfaat jus alpukat untuk kesehatan mencegah penyakit
Selain lezat dan diisi, ada banyak manfaat jus alpukat yang bisa Anda dapatkan untuk menyehatkan tubuh Anda, termasuk:

1. Memiliki kandungan serat yang tinggi

Keuntungan pertama jus alpukat adalah kemampuannya menyerap serat. Pakar kesehatan dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam dan Ilmu Gizi di Universitas Kentucky, AS, mengatakan bahwa alpukat adalah salah satu buah dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Ketika kita mengonsumsi jus alpukat secara teratur, kita menerima serat yang dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung. Juga diyakini bahwa kandungan serat dalam alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Jika Anda mengalami sembelit, minum jus alpukat karena manfaat alpukat dapat meningkatkan pencernaan. Kehadiran serat dalam jus alpukat juga meningkatkan sistem pencernaan dan metabolisme. Kita akan terbebas dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau bahkan kanker usus besar.

3. Ini bisa menjadi bahan detoksifikasi alami

Manfaat jus alpukat sebenarnya dapat digunakan sebagai bahan detoksifikasi alami yang pasti akan membantu tubuh menghilangkan berbagai racun. Konsumsi jus alpukat secara teratur ini akan membuat tubuh Anda lebih bugar, bugar, dan lebih sehat.

4. Kurangi stres

Manfaat alpukat dapat membantu mencegah tingkat homocysteine ​​yang berlebihan dalam tubuh, karena alpukat kaya akan asam folat. Menurut para ahli kesehatan, terlalu banyak homocysteine ​​dapat menyebabkan gangguan dalam produksi hormon seperti serotonin, dopamin dan neropinefrin, yang secara alami dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, jumlah hormon homocysteine ​​dapat membuat kita lebih rentan terhadap stres. Untuk alasan ini, konsumsi jus alpukat mencegah kita dari stres dan dapat menenangkan pikiran kita.

5. Tekanan darah

Kandungan kalium dan asam folat yang tinggi dalam alpukat dapat membantu mengatur tekanan darah dengan membantu tubuh menghilangkan natrium melalui urin. Manfaat jus alpukat melindungi tubuh dari masalah peredaran darah, masalah jantung dan stroke.

6. Mata sehat

Manfaat jus alpukat tidak hanya membantu menyerap antioksidan, tetapi juga mengandung antioksidan yang kuat. Ini termasuk lutein dan zeaxanthin, yang membantu menetralkan radikal bebas dan penting untuk meningkatkan penglihatan dan mencegah masalah mata seperti katarak, glaukoma, dan astigmatisme.

7. Batu ginjal

Salah satu kelebihan jus alpukat, sebagai makanan kaya kalium, adalah mengurangi ekskresi kalsium urin dan mengurangi risiko batu ginjal. Kandungan kalium yang tinggi dalam jus alpukat adalah mineral paling penting yang dibutuhkan untuk ginjal yang sehat.

8. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Beberapa nutrisi larut dalam lemak, yang berarti mereka harus dikombinasikan dengan lemak yang akan digunakan. Vitamin A, D, E dan K serta antioksidan seperti karoten adalah beberapa yang harus dikonsumsi bersama dengan lemak. Manfaat jus alpukat secara dramatis meningkatkan semua lemak sehat dan nilai gizi makanan nabati lainnya.

9. Kanker prostat

Meskipun ada sedikit bukti bahwa alpukat dapat berguna dalam pencegahan kanker, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat jus alpukat dapat mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit manusia. Ekstrak alpukat juga terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Studi pada sel terisolasi telah menunjukkan bahwa diet jus alpukat dapat memiliki manfaat dalam mencegah kanker prostat dan mengurangi efek samping kemoterapi.

10. Otot dan saraf

Alpukat mengandung banyak kalium, sehingga manfaat jus alpukat dapat membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh dan meningkatkan aktivitas otot, fungsi saraf, dan metabolisme energi. Salah satu tugas utama kalium adalah mengendalikan fungsi saraf dan otot. Kalium, bersama dengan natrium, membantu saraf untuk mengirim sinyal listrik yang diperlukan untuk fungsi sistem saraf.

Baca Lainnya:

Fungsi Otot Jantung Beserta Gambarnya

Manfaat bawah dayak untuk herbal