Macam-Macam Puisi Lengkap

Kali ini gurusekolah akan berbicara tentang berbagai jenis puisi lengkap yang meliputi Pengertian, puisi model lama dan puisi model baru.
Untuk detail lebih lanjut, lihat diskusi berikut:

Pengertian

Apa yang dimaksud dengan puisi? Yang dimaksud dengan puisi adalah karya sastra tertulis yang isinya merupakan ungkapan perasaan seorang penyair yang menggunakan bahasa makna semantik yang juga mengandung irama, sajak dan irama dalam penataan garis dan ruangan.

Lebih lanjut, disebutkan juga bahwa makna puisi itu adalah sebuah karya sastra yang isinya memuat ungkapan kata-kata kiasan yang signifikan dan penyampaiannya disertai dengan sajak, ritme, susunan, dan ruangan, menggunakan gaya bahasa yang kental.

Beberapa ahli modern menafsirkan puisi sebagai perwujudan imajinasi, pencurahan hati, dari seorang penyair yang mengundang orang lain ke “ranah pemikiran”. Meskipun juga singkat dan ringkas, umumnya sulit bagi orang lain untuk menjelaskan makna puisi yang disampaikan ke setiap ayat.

Setelah mempelajari tentang definisi puisi, serta karakteristik puisi baik dalam puisi model lama maupun dalam puisi model baru, kali ini kita akan membahas jenis-jenis puisi baik untuk puisi model lama maupun puisi. untuk puisi model-model baru.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis puisi adalah sebagai berikut:

Jenis puisi model lama
Model puisi baru
Berbagai jenis puisi ibu
Jenis puisi gratis
Jenis puisi ramah
Jenis puisi cinta
Berbagai jenis puisi anak-anak
Berbagai jenis puisi modern
Berbagai jenis puisi kontemporer

Jenis puisi model lama

Mantra dikatakan memiliki kekuatan magis

Pantun adalah sebuah puisi yang ditandai dengan sajak a-b-a-b, setiap baris 4 baris, setiap baris terdiri dari 8-12 suku kata, 2 baris awal sebagai sampiran, 2 baris berikutnya sebagai konten. Pembagian rima menurut isinya terdiri dari rima anak-anak, remaja, agama atau nasihat, teka-teki dan humor

Karmina adalah sajak kilat seperti sajak tetapi pendek

Seloka adalah pantun doyan

Gurindam adalah sebuah puisi yang terdiri dari 2 baris dari setiap ayat, sajak a-a-a-a, berisi saran

Puisi adalah puisi dari bahasa Arab dengan karakteristik masing-masing ayat 4 baris, sajak a-a-a-a, berisi saran dan cerita

Talibun adalah sajak seragam dengan setiap baris terdiri dari 6, 8 atau 10 baris

Model puisi baru

Beberapa jenis puisi modern / model baru yang dikemukakan oleh Waluyo (dalam Suroto, 1989: 74), puisi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Puisi ruangan, puisi itu cocok untuk membaca sendiri atau dengan satu atau dua pendengar di ruangan itu.
Auditorium puisi, adalah puisi yang merupakan bacaan yang baik di auditorium, di atas mimbar yang bisa ada ratusan pendengar.
Puisi fisik adalah puisi yang merupakan realitas artinya menggambarkan kenyataan sebagaimana adanya.
Puisi platonis adalah puisi yang berisi semua hal kejiwaan spiritual.

Puisi subyektif adalah puisi yang mengekspresikan ide, pikiran, perasaan dan suasana dalam diri penyair itu sendiri.
Puisi obyektif adalah puisi yang mengekspresikan hal-hal di luar penyair sendiri.

Puisi metafisik adalah puisi filosofis yang mengajak pembaca untuk merenungkan kehidupan dan merenungkan Tuhan.
Puisi prismatik, adalah puisi yang memunculkan beragam makna berkat kemampuan penyair yang mampu menciptakan keharmonisan, keseimbangan, diksi dan imajinasi secara seimbang dan harmonis. Jadi puisi sepertinya memberi sinar makna pada sebuah prisma.

Puisi peragaan, adalah puisi yang menggambarkan dan merupakan hasil dari refleksi peragaan. Jenis puisi ini juga umumnya bersifat kelompok, sehingga tidak hanya mengekspresikan turbulensi individu. Misalnya, puisi demonstrasi muncul di ’66 berjudul Coscienza di Sandy Tyas.

Puisi diafan, adalah puisi yang menggunakan sedikit imajinasi kata-kata yang digunakan secara konkret dan bahasanya bersifat kiasan, sehingga puisi itu sama seperti dalam bahasa sehari-hari.
Buklet puitis, puisi yang mengekspresikan protes sosial. Puisi satire termasuk dalam jenis puisi ini.

Poesia parnaisan, adalah puisi yang berisi nilai-nilai ilmiah. Puisi ini dibuat berdasarkan pertimbangan sains dan pengetahuan, bukan inspirasi.

Puisi inspiratif adalah puisi yang dibuat berdasarkan suasana hati atau gairah. Suasana batin benar-benar terlibat dalam puisi ini. Misalnya, Senja di marina Chairil Anwar.

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis puisi, pengertian, puisi model lama dan puisi model-model baru yang Gurusekoah.co.id dapat sampaikan. Semoga bermanfaat …