Indra Sjafri Bicara Peluang Chow Yun Damanik Gabung Timnas Indonesia U-20

Sugeng rawuh Iklan Pos di Portal Ini!

JAKARTA – Pelatih tim nasional (Timnas) U-20 Indonesia, Indra Sjafri angkat bicara soal kemungkinan mendatangkan pemain suksesornya, Chow Yun Damanik, ke tim Garuda Nusantara. Indra Sjafri menyiratkan, peluang pemain berusia 16 tahun itu kecil karena belum memiliki paspor Indonesia. Indra Sjafri Bicara Peluang Chow Yun Damanik Gabung Timnas Indonesia U-20

Timnas U-20 Indonesia telah menyelesaikan pemusatan latihan (TC) tahap kedua di Jakarta yang dilanjutkan sejak akhir Desember 2023. Nantinya, TC Skuad Garuda Nusantara akan dilanjutkan pada Maret 2024. Pada TC mendatang, Indra Sjafri kemudian mengundang beberapa pemain dari diaspora. 2 Tunggal Putri Indonesia Ambil Bagian di Malaysia Open 2024, Gregoria Vs Jepang

Namun Indra Sjafri tampaknya masih belum mau memanggil Chow Yun Damanik, pemain yang digadang-gadang akan bergabung dengan timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. Pemain Lausanne U-17 itu gagal tampil. tim Garuda Muda meski sudah melewati persiapan bersama.

Chow Yun Damanik tak bisa melangkah ke timnas U-17 Indonesia karena terkendala masalah paspor. Pasalnya ibunya mengubah kewarganegaraannya menjadi Swiss sebelum anaknya lahir. Oleh karena itu, pemain berusia 16 tahun itu harus melalui proses naturalisasi terlebih dahulu jika ingin memperkuat tim Garuda Nusantara.

Sedangkan Indra Sjafri hanya akan mengundang pemain ekspatriat yang sudah memiliki paspor Indonesia untuk TC pada Maret mendatang. Oleh karena itu, peluang Chow Yun Damanik untuk masuk ke timnas U-20 Indonesia bisa dikatakan cukup kecil.

“Tadi saya sudah bilang, bulan Maret saya hanya mengundang anak-anak berpaspor Indonesia yang bermain di luar negeri dan keturunan Indonesia,” kata Indra Sjafri kepada wartawan saat ditemui di lapangan A, Jumat (2/9/2024).

“Bapak atau ibu boleh berada di Indonesia, namun jika memiliki paspor Indonesia, kami akan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya,” lanjutnya.

Indra Sjafri tak menutup kemungkinan melakukan naturalisasi pemain seperti Chow Yun Damanik. Namun hal itu dilakukan jika sang pemain dinilai benar-benar berkualitas dan berkomitmen membela timnas Indonesia. Indra Sjafri Bicara Peluang Chow Yun Damanik Gabung Timnas Indonesia U-20

“Bagi yang punya paspor negara lain, tunggu dulu. Kalaupun saya naturalisasi, itu sungguh istimewa dan keinginan saya sendiri, jelas Indra Sjafri.

Sebagai informasi, timnas U-20 Indonesia akan mengikuti program penting tahun ini. Skuad Garuda Nusantara akan tampil di Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, dan kemudian tujuan utamanya lolos ke Piala Dunia U-20 2025.