Hits: 6 Obat Sirup Paling Sering Dibeli di Apotek Hingga Wamenkes Ungkap 15 Obat Sirup Terkontaminasi Etilen glikol

Wecome Iklan Pos di Website Kami!

Iklan Pos – Wakil Menteri Kesehatan (Vamenkes) Dante Saxono Harbuwono mengumumkan pihaknya menemukan 15 sirup mengandung etilen glikol (EG). Zat ini diyakini berhubungan dengan masalah ginjal akut pada anak. Hits: 6 Obat Sirup Paling Sering Dibeli di Apotek Hingga Wamenkes Ungkap 15 Obat Sirup Terkontaminasi Etilen glikol

Pada saat yang sama, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memerintahkan seluruh apotek untuk menghentikan sementara penjualan obat dengan sirup. Larangan penggunaan dan penjualan sirup ini menjadi perhatian.

Pasalnya, orang tua seringkali mengobati anaknya yang sakit dengan sirup. Selain itu, orang tua juga mudah membeli obat sirup di berbagai apotek. Di bawah ini daftar obat sirup yang biasa dibeli di apotek.

Kedua berita ini menjadi berita terpopuler di saluran kesehatan Iklan Pos. Berita utama lainnya ada di bawah.

1. Wakil Menteri Kesehatan RI menemukan 15 sirup terkontaminasi etilen glikol penyebab penyakit ginjal akut pada anak Gambar sirup (Dok. Element Envato) Andien: Perempuan Sehat Lahirkan Generasi Sehat

Wakil Menteri Kesehatan (Vamenkes) Dante Saxono Harbuwono mengatakan pihaknya menemukan 15 sirup yang mengandung etilen glikol (EG). Zat ini diyakini berhubungan dengan masalah ginjal akut pada anak.

Selama penyelidikan awal, pemerintah memerintahkan semua apotek untuk menghentikan sementara penjualan sirup tersebut. Pemerintah kini terus melakukan skrining terhadap anak-anak untuk mengetahui adanya cedera ginjal akut di Indonesia.

Baca terus

2. Dilarang Sementara Dijual oleh Kementerian Kesehatan, Ini 6 Jenis Obat Sirup yang Paling Sering Dibeli di Apotek.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memerintahkan seluruh apotek untuk menghentikan sementara penjualan obat dengan sirup. Hal ini menanggapi klaim baru-baru ini bahwa sirup parasetamol dikaitkan dengan masalah ginjal akut pada anak-anak.

Perintah pelarangan penggunaan sirup ini tertuang dalam surat edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor SR.01.05/III/3461/2022. Apotek menjelaskan bahwa mereka untuk sementara waktu melarang penjualan obat sirup gratis kepada warga untuk penyakit apa pun.

Baca terus

3. Obat sirup sela dan orang tua dapat memberikan obat herbal bubuk kunyit bila anak sakit. Gambar Alami Batuk (Elemen Envato)

Untuk menggantikan obat sirup untuk anak yang sudah tidak lagi dibagikan pemerintah, para orang tua bisa menawarkan alternatif dengan obat herbal. Diketahui bahwa banyak obat sirup dikaitkan dengan masalah ginjal akut.

Ketua Umum Persatuan Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia Dr. Ingrid Tania, MSi., mengatakan susu formula herbal bisa diberikan saat bayi mulai menyusui.

Baca terus

4. 8 Cara Aman Penggunaan Obat pada Anak untuk Mencegah Penyakit Ginjal Akut Menurut Kementerian Kesehatan 8 Cara Aman Menggunakan Obat pada Anak untuk Mencegah Penyakit Ginjal Akut Menurut Kementerian Kesehatan Ilustrasi obat antipiretik alami untuk anak; (Foto oleh Tima Miroshnichenko, Pexels)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan peraturan yang melarang pemberian, penggunaan, atau penjualan sirup kepada anak-anak. Ini termasuk meresepkan obat untuk anak-anak.

Langkah ini diambil sehubungan dengan meningkatnya kejadian cedera ginjal akut pada anak. Hingga 18 Oktober, tercatat 206 anak penderita gagal ginjal akut di 20 provinsi, dan 99 anak meninggal. Hits: 6 Obat Sirup Paling Sering Dibeli di Apotek Hingga Wamenkes Ungkap 15 Obat Sirup Terkontaminasi Etilen glikol

Baca terus

5. Penjualan Sirup Dihentikan Sementara Bagaimana Cara Mengobati Batuk Pilek pada Anak? Berikut arahan Kementerian Kesehatan dan apoteker: Jangan berikan sirup pada anak yang sedang sakit, batuk, atau pilek. (Stok Shutterstock)

Kementerian Kesehatan untuk sementara waktu melarang penggunaan sirup tersebut karena risiko gagal ginjal akut, sehingga membuat para orang tua tidak yakin bagaimana cara merawat anak yang menderita demam, batuk, dan flu.

Karena obat sirup merupakan obat utama, mudah dicerna, dan obat ini mempunyai rasa manis yang disukai anak-anak.

Baca terus