Hal-hal yang harus dihindari ketika kulit gatal

Kulit yang gatal tentu membuat Anda teriritasi. Tentunya Anda berharap untuk bebas dari kondisi ini segera. Sayangnya, gatal terkadang menjadi lebih buruk bahkan jika ruam telah sembuh.

Lalu apa yang membuat kulit gatal akibat memburuk? Lihatlah jawaban berikut ini sehingga Anda dapat menghindarinya.
Hal-hal yang harus dihindari ketika kulit gatal digigit kutu

Hal-hal yang harus dihindari ketika kulit gatal

Jika Anda ingin bebas dari rasa gatal, Anda harus menghindari beberapa hal seperti:
Balneum-Desktop
1. Teruskan menggaruk kulit yang gatal

kulit yang gatal

Munculnya rasa gatal menyebabkan otak Anda memerintahkan tangan Anda untuk menggaruknya. Awalnya rasanya enak dan membuat Anda ketagihan. Namun, semakin tergores, semakin besar gesekan pada kulit. Akibatnya, kulit gatal juga bisa menjadi keroncongan, teriritasi dan menyebabkan infeksi.

Anda harus tahu bahwa kuku sering menjadi tempat persembunyian kuman. Sekarang, ketika ruam tergores itu terluka, bakteri dari kuku bisa masuk dan menyebabkan infeksi.

Jadi bagaimana sebaiknya Anda mengatasi gatal? Anda dapat mengoleskan area kulit yang terlihat gatal alih-alih menggaruknya beberapa kali. Meringankan gatal dengan kemasan air dingin.
2. Penggunaan krim antigatal yang salah

kulit yang gatal

Selain mengompres, Anda juga bisa mengoleskan krim atau lotion gatal. Produk ini dapat ditemukan dengan mudah di apotek.

Setiap produk dapat memiliki bahan aktif yang berbeda, seperti calamine, hydrocortisone, diphenhydramine, urea dan lauromacrogolo. Semua bahan aktif ini bisa menghilangkan rasa gatal sehingga Anda tidak perlu kesal untuk menggaruknya lagi.

Selain menghilangkan rasa gatal, lauromacrogolo juga menjaga kulit tetap lembab untuk menghindari kulit kering. Jika ruam memiliki lepuh, pilih produk Asia Centella aktif yang menenangkan kulit dari iritasi dan mempercepat proses penyembuhan.

Jika Anda memilih produk yang tepat, mengapa kondisinya terus memburuk? Sekalipun produknya benar, jika tidak digunakan dengan benar, kondisinya dapat memburuk. Mengapa?

Coba ingat lagi, apakah Anda membersihkan tangan dan ruam pada kulit Anda sebelum mengoleskan krim?

Lalu cuci eritema dan tangan Anda sebelum mengoleskan krim. Selalu baca aturan penggunaan sehingga produk yang Anda gunakan sesuai dengan dosis.
3. Kenakan pakaian atau celana ketat dan bahannya kasar

tiba-tiba gatal

Umumnya ada ruam gatal di sekitar tangan dan kaki, namun juga dapat terjadi di bagian tubuh lain seperti paha, pangkal paha, leher atau punggung.

Jika pakaian atau celana yang Anda gunakan terlalu ketat dan bahannya kasar, erupsi akan memiliki lebih banyak gesekan. Akibatnya, lecet dan kondisi kulit memburuk. Untuk ini, pilih pakaian dan celana yang lembut dan santai.
4. Tenggelam terlalu lama dan biarkan keringat masuk ke tubuh

merendam air panas

Pernahkah Anda mendengar bahwa rasa gatal pada kulit dapat diatasi dengan mencelupkan oatmeal koloid atau soda kue? Meskipun Anda dapat menggunakan metode ini untuk mengatasi kulit yang gatal, merendamnya terlalu lama dapat membuat kulit Anda kering.

Sangat mungkin bahwa kulit kering menyebabkan sensasi gatal, kemungkinan kondisi kulit Anda bertambah buruk jika Anda merendam air panas terlalu lama.

Atur lama mandi tidak lebih dari 20 menit. Karena itu, pastikan bahwa air untuk perendaman tidak terlalu panas, yaitu hangat suam-suam kuku. Selain itu, membiarkan tubuh berkeringat juga bisa membuat gatal semakin parah. Setelah pelatihan, perlu mengganti pakaian dengan yang kering dan membersihkan tubuh segera.
5. Tidur dengan hewan peliharaan

hewan peliharaan yang sakit

Kulit gatal dapat disebabkan oleh gigitan kuku. Nah, kutu ini sering menempel pada bulu halus hewan peliharaan.

Jika Anda masih tidur dengan hewan peliharaan Anda, kutu bergerak di tempat tidur dan dapat menggigit tubuh Anda. Rambut hewan peliharaan juga dapat menyebabkan alergi, yang dapat menyebabkan gejala kulit gatal.

Ketika Anda memiliki kulit gatal, Anda harus menghindari tidur di tempat tidur dengan hewan peliharaan Anda. Pisahkan tempat tidur atau hewan untuk sementara dari pusat layanan ke teman atau hewan.

Baca juga: