Fungsi Seni Untuk Individu dan Sosial

Berdasarkan definisi seni yang disebutkan di atas, fungsi seni secara umum adalah seperti bentuk / cara memberikan ekspresi seseorang kepada orang lain dan lingkungannya. Beberapa fungsi seni dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu fungsi seni untuk individu dan fungsi seni untuk sosial.

Fungsi seni untuk individu

Bagi individu, seni memiliki fungsi sebagai alat untuk memuaskan kebutuhan mereka. Bentuk kebutuhan ini meliputi:

1. Seni sebagai alat pemuas kebutuhan fisik
Manusia adalah makhluk yang memiliki kemampuan menghargai keindahan dan penggunaan berbagai benda. Dalam proses memenuhi kebutuhan fisik ini, seniman memainkan peran penting dalam menciptakan berbagai objek bernilai artistik untuk memenuhi kebutuhan fisik dan memberikan kenyamanan kepada orang lain.

2. Seni sebagai alat pemuas kebutuhan emosional
Emosi adalah perasaan dalam diri manusia, apakah itu perasaan senang, marah, sedih, emosi, cinta, benci, dan lain-lain. Semua orang perlu melampiaskan perasaan mereka dalam diri mereka sendiri sehingga kondisi mental mereka tetap normal.

Untuk memuaskan kebutuhan emosional ini, manusia membutuhkan dorongan dari luar. Misalnya, seseorang yang memiliki jiwa seni dan estetika akan mengekspresikan emosinya melalui musik, melukis. Atau ketika seseorang merasa stres, maka dia perlu waktu untuk bersenang-senang, menonton film atau hal lain untuk meredakan stres mental.

Fungsi seni untuk urusan sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan orang lain dan lingkungannya. Dalam hal ini, seni juga berfungsi sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan sosial ini.

1. Seni sebagai sarana agama / kepercayaan
Seni memainkan peran penting dalam menyampaikan pesan agama / agama kepada manusia. Ini bisa dilihat dari pakaian / pakaian, upacara pernikahan, upacara kematian, lagu spiritual, kaligrafi dan lainnya.

Contoh-contoh fungsi seni dalam agama bisa dilihat di candi Borobudur dan Prambanan. Relief di dinding kuil adalah ilustrasi tulisan suci Buddha dan Hindu.

2. Seni sebagai media pendidikan
Seni juga memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Instruksi dapat dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yaitu

Pendidikan formal; pendidikan di lingkungan sekolah
Pendidikan non formal; pendidikan masyarakat
Pendidikan informal; pendidikan di lingkungan keluarga
Melalui seni, individu dapat belajar tentang nilai dan sains dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, seorang siswa dapat belajar musik atau teater, di mana kegiatan ini dapat diungkapkan kepada orang lain.

3. Seni sebagai sarana informasi
Melalui seni kita dapat menjelaskan hal-hal kepada orang lain dengan lebih mudah. Misalnya penggunaan poster bernilai artistik di mana informasi tentang bahaya narkoba, pentingnya imunisasi dan pemberian program pemerintah.

4. Seni sebagai sarana hiburan
Sebagian besar elemen artistik terkait dengan hiburan di mana para aktor dapat mengekspresikan diri secara aktif atau pasif. Seorang seniman bisa merasa senang, marah, terharu ketika karyanya dihargai atau tidak disukai orang lain.

Dengan cara yang sama, orang yang melihat, mendengar dan merasakan karya seni. Manusia dapat merasa terhibur ketika mereka melihat lukisan, menonton film, atau menonton konser musik.

Berbagai jenis seni
Seni dapat dinikmati melalui media pendengaran (audio art), visi (visual art) dan kombinasi keduanya (audiovisual art). Secara umum, seni dapat dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:

1. Seni musik
Seni musik adalah karya seni yang menggunakan suara sebagai elemen utamanya. Apalagi dalam musik ada juga elemen lain seperti harmonisasi, melodi dan notasi. Selain alat musik, suara musik juga berasal dari manusia, misalnya kapel atau beatbox.

2. Seni rupa
Seni adalah karya seni yang dapat dinikmati melalui media visual atau seni visual. Seni berfokus pada karya yang memiliki bentuk dan bentuk yang diekspresikan dalam bentuk lukisan, gambar, patung, kerajinan, multimedia dan lain-lain.

3. Menari
Tarian adalah bentuk seni yang menggunakan gerakan tubuh sebagai keindahan. Sutradara tari (koreografer) dapat menyampaikan maksud atau pesan tertentu melalui gerakan dansa.

Secara umum, tarian dipadukan dengan musik. Dengan cara ini konsentrasi dan konsistensi gerakan tarian menjadi lebih sempurna dalam menyampaikan pesan dan perasaan.

4. Seni sastra
Seni sastra adalah bentuk seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran dan penglihatan. Melalui seni sastra dalam kata-kata, seseorang dapat menyampaikan pesan dan kesan dengan cara yang luar biasa.

Sumber : rumus guru