Faktor Ini Bisa Jadi Pemicu Stres sampai Depresi

Selamat datang Iklan Pos di Situs Kami!

JAKARTA – Di era yang serba cepat dan penuh tekanan ini, depresi telah menjadi masalah kesehatan mental yang serius dan menarik perhatian luas. Meskipun banyak faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan depresi, faktor yang sering diabaikan namun sangat penting adalah dampak ekonomi. Krisis keuangan, ketidakstabilan keuangan, dan tekanan keuangan yang terus-menerus dapat memicu stres yang berujung pada depresi. Faktor Ini Bisa Jadi Pemicu Stres sampai Depresi

Jangan Sampai Parah dan Membahayakan Nyawa, Kenali Gejala DBD sejak Awal

Kondisi ekonomi yang tidak stabil seringkali memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental seseorang. Gulir lebih jauh, oke?

Ketidakpastian pekerjaan, hutang yang menumpuk atau kemerosotan ekonomi secara umum dapat meningkatkan tingkat stres yang dialami seseorang. Jika stres ini terus berlanjut maka dapat berujung pada depresi.

“Itu (perekonomian) salah satu pemicunya, tapi bukan satu-satunya,” kata Sp.KJ Dr. Lahargo Kembaren di tvOne Hidup Sehat, Senin 18 Desember 2023.

Tekanan keuangan juga dapat berdampak signifikan terhadap dinamika keluarga. Konflik yang disebabkan oleh masalah keuangan seringkali menimbulkan stres tambahan bagi seluruh anggota keluarga. Anak-anak dan remaja yang tumbuh dalam keluarga yang mengalami tekanan finansial juga berisiko mengalami masalah kesehatan mental, termasuk depresi.

“Depresi seringkali berujung pada kekerasan, suasana hati yang buruk, kepekaan yang meningkat, pemicu yang umum, yang bisa memicu kemarahan yang besar,” ujarnya.

“Hilang konsentrasi, hilang tenaga atau gangguan jiwa berat, psikotik, halusinasi yang menyuruh melakukan sesuatu,” lanjutnya. Faktor Ini Bisa Jadi Pemicu Stres sampai Depresi

Depresi merupakan masalah kesehatan mental yang kompleks dengan berbagai pemicu, dan faktor keuangan adalah salah satunya. Memahami hubungan antara kondisi ekonomi dan depresi adalah penting untuk mengembangkan strategi intervensi dan dukungan yang efektif. Salah satu bentuk dukungan bisa datang dari masyarakat sekitar. 5 Manfaat Berhubungan Seks Bersama Suami Istri di Pagi Hari, Tingkatkan Semangat Kerja Berhubungan intim bersama suami istri merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan rumah tangga. Padahal, melakukan aktivitas ini di pagi hari memiliki banyak manfaat. Iklan Pos 29 Januari 2024