Contoh Teks Persuasif

Contoh Teks Persuasif – Teks persuasif umumnya berisi undangan bagi pembaca untuk melakukan hal-hal tertentu.

Paragraf persuasif harus dibuat semenarik mungkin sehingga lebih banyak orang membaca. Bagaimana dengan contoh teks persuasif, di sini adalah deskripsi lengkap ( Sumber : Edmodo.id

1. Contoh teks persuasif untuk tema pendidikan

Teks persuasif tentang topik pendidikan

7 Contoh Karangan Persuasi Tema Politik, Pendidikan, Sampah
7 Contoh Karangan Persuasi Tema Politik, Pendidikan, Sampah

Isi paragraf persuasif dengan tema pendidikan yang berisi pesan-pesan yang mengandung unsur pendidikan.

Secara umum, paragraf persuasif seperti ini digunakan oleh lembaga pendidikan. Misalnya, untuk memastikan bahwa lebih banyak siswa termotivasi untuk belajar, panduan belajar siswa dan lainnya. Berikut ini contoh teks lengkapnya:

Hingga saat ini, masih banyak guru dan orang tua yang kurang sabar ketika mendidik siswa atau anak. Terutama dalam hal pendidikan yang memadai dan berdasarkan usia mereka.

Meski bisa dikatakan kesabaran sangat dibutuhkan untuk mendidik anak. Bahkan seorang filsuf Yunani mengutarakan pendapatnya.

Artinya, pendidikan adalah salah satu proses umur panjang dan mungkin akan berlanjut sepanjang hidup. Semua proses ini dilakukan sejak seseorang dilahirkan untuk tumbuh. Inilah yang kemudian dapat menjadi dasar jika orang tua dan guru perlu bersabar dalam mendidik anak-anak.

Mereka harus lebih berorientasi pada proses. Ini penting dan harus diterapkan, karena dengan cara ini anak-anak dapat berkembang dengan baik berdasarkan usia mereka. Kelak, ini juga akan membuat potensi anak yang sebenarnya lebih mudah dieksplorasi. Selanjutnya, potensi ini dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

2. Contoh teks persuasif untuk tema propaganda

Teks persuasif dari tema propaganda

Paragraf persuasif dengan tema propaganda, yang berisi daya tarik kuat yang diperlihatkan kepada masyarakat luas. Propaganda persuasif juga banyak digunakan untuk kegiatan kampanye. Tujuannya agar pembaca mengikuti apa yang disarankan dalam propaganda. Berikut ini adalah deskripsi contoh lengkap:

Orang Indonesia sudah sangat akrab dengan cara makan yang unik, yaitu mencampur nasi putih dengan mie instan. Meski tidak semua orang mengerti, bagaimana makan dengan cara ini akan berdampak negatif pada tubuh. Salah satu dampak negatif yang bisa ditimbulkan adalah peningkatan risiko obesitas.

Mungkin masih belum banyak yang mengerti di mana seseorang bisa terkena obesitas. Obesitas dapat terjadi karena penumpukan zat berbasis karbohidrat dalam tubuh. Penumpukan ini terjadi karena cara makan nasi putih bersama mie instan. Padahal, makan dengan cara ini akan membuat perut Anda terasa kenyang sekaligus.

Tapi percayalah, perasaan kenyang tidak akan terasa lama. Karena setelah beberapa saat, perasaan kenyang akan hilang dan juga akan menambah seseorang menjadi lebih lapar dari sebelumnya. Ini akan membuat Anda ingin makan lebih banyak dari sebelumnya. Inilah yang memicu tubuh akan mengakumulasi karbohidrat lebih lama.

Jadi ketika ini terjadi, risiko obesitas tidak akan bisa dihindari. Saat obesitas menyerang, penyakit lain juga akan memicu. Sebut saja kolesterol, penyakit jantung dan gagal ginjal. Karena itu, jika Anda menginginkan tubuh yang sehat, hindari makan nasi putih bersama mie instan.

3. Contoh teks politik persuasif

Teks politik persuasif

Persuasi politik melibatkan mengundang orang untuk memilih perwakilan individu atau partai. Baik selama pemilihan umum dan dalam pemilihan daerah. Paragraf jenis persuasi ini sebenarnya digunakan terutama oleh partai-partai politik untuk orang-orang untuk memilih mereka. Biasanya persuasi jenis ini ditemukan di media cetak dan elektronik. Ini adalah contoh lengkapnya:

Jangan berpikir bahwa pemilu akan datang sedikit lebih lama. Setidaknya dalam beberapa minggu mendatang, rakyat Indonesia akan membuat pemilihan umum 2019. Ingat sekali lagi, mari gunakan hak pilih untuk pemilihan besok. Jangan terjebak dalam pantang.

Ingatlah bahwa abstain adalah pilihan yang sangat salah. Saat ini banyak hak suara telah dilanggar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Nasib rakyat Indonesia akan menjadi pilihan Anda selama beberapa minggu lagi.

Bangsa Indonesia untuk 5 tahun ke depan tergantung pada pemilihan 2 Juni. Karena itu, hari itu Anda harus pergi ke TPU dan menggunakan hak pilih terbaik. Ingatlah selalu bahwa Anda adalah pemilih yang bijak.

4. Contoh teks persuasif tentang masalah lingkungan

Teks persuasif tentang masalah lingkungan

Paragraf persuasif tentang isu-isu lingkungan mengandung undangan kepada pembaca untuk menjadi lebih tertarik pada lingkungan. Biasanya paragraf seperti ini ditemukan di media cetak dan di Internet. Selain mendidik masyarakat tentang pentingnya melindungi lingkungan. Ini adalah contoh dari teks lengkap

Salah satu penyebab pencemaran lingkungan yang hingga kini semakin meningkat adalah karena banyaknya sampah rumah tangga.

Lebih buruk lagi karena limbah rumah tangga dibuang ke mana saja. Jumlah limbah rumah tangga yang dibuang secara sembarangan meningkat dari hari ke hari.

Ini sudah diklasifikasikan sebagai masalah serius dan harus segera dipecahkan dan solusi terbaik adalah mencari. Yang paling penting untuk menyelesaikan masalah ini adalah kesadaran masing-masing individu tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Sampah itu sendiri bisa datang dari mana saja. Salah satunya adalah limbah rumah tangga dari kegiatan sehari-hari.

Contoh limbah rumah tangga dapat berasal dari sabun, deterjen, dan sampo. Bisa juga berasal dari sisa makanan, buah-buahan dan sayuran yang tidak dikonsumsi.

Atau dari benda yang digunakan seperti karton atau busa. Jika semua ini dibuang dengan sembarangan, pencemaran lingkungan tidak dapat dihindari.

Upaya termudah untuk menghindari risiko ini adalah 2 cara. Pertama-tama dengan memilih lebih banyak bahan ekologis. Misalnya, penggunaan sabun dengan bahan kimia alami minimal akan secara otomatis mengurangi polusi air. Cara selanjutnya adalah mendaur ulang keranjang sampah sehingga menjadi barang yang lebih berguna.

Misalnya dengan mendaur ulang sisa sayuran yang tidak dikonsumsi dengan memproduksi kompos. Bisa juga mendaur ulang sampah plastik di berbagai perdagangan dan lainnya. Ini setidaknya ada 2 cara untuk menghindari lingkungan dari risiko polusi. Ingatlah bahwa lingkungan yang bersih akan membuat penghuninya lebih nyaman.

5. Contoh teks persuasif tentang tema-tema Islam

Teks persuasif tentang tema-tema Islam
Ada juga contoh teks prosedural yang temanya terkait dengan agama. Sebagai contoh berikut, agama yang ada di pusat adalah Islam. Undang orang-orang Muslim untuk selalu mendirikan doa. Karena selain doa itu adalah pilar agama, itu juga akan menjadi praktik di akhirat. Di bawah ini adalah contoh deskripsi lengkap

Bagi umat Islam, sholat telah menjadi ritual wajib yang harus selalu dilakukan. Sholat menurut hadits adalah rukun islam. Tujuan membaca hadis berarti bahwa shalat adalah fondasi. Ketika seseorang menjalankan shalat dengan baik, itu berarti fondasi agamanya begitu kuat. Jadi itu dapat secara otomatis menunjukkan seberapa kuat iman seseorang.

Selain itu, sholat juga merupakan salah satu dari dua rukun Islam. Ketertiban juga di bawah kepercayaan. Ini cukup untuk menunjukkan bahwa doa adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan terutama bagi umat Islam. Selain itu, sholat adalah praktik yang dihisap pertama kali di akhirat.

Karena itu Allah Subhanallahu Wataala tidak segan-segan memberikan ganjaran besar kepada umatnya yang tidak sholat 5 waktu sehari. Muslim yang meninggalkan shalat akan kehilangan pahala yang sangat besar. Karena itu, umat Islam tidak meninggalkan praktik ini karena sangat mahal.

Setelah mengetahui apa yang akan Anda dapatkan jika Anda meninggalkan doa, Anda seharusnya tidak pernah melupakan ibadah lagi. Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk berdoa. Apa kekuatan untuk meninggalkan momen yang dibuat untuk melakukan shalat yang notabene tidak memakan banyak waktu. Berdoalah sebagai sarana untuk memperdalam pengetahuan agama.

Baca Juga :