Catat! Ini Negara-negara yang Akan Berlakukan Pajak Turis pada 2024

Wecome Iklan Pos di Portal Ini!

Iklan Pos Lifestyle – Berita tentang dampak negatif dari terlalu banyak wisatawan menjadi isu kontroversial di banyak negara. Destinasi terpopuler di dunia, seperti Venesia, Barcelona, ​​dan Bali, kesulitan mengatur jumlah pengunjung. Catat! Ini Negara-negara yang Akan Berlakukan Pajak Turis pada 2024

Untuk menjaga dan memastikan pariwisata tetap berjalan, banyak negara yang akhirnya menerapkan pajak pariwisata.

Meski banyak negara telah menerapkan pajak pariwisata selama bertahun-tahun, berikut daftar negara yang baru akan menerapkan atau menaikkan pajak pariwisata pada tahun 2024, dilansir Euro News pada Sabtu, 6 Januari 2024.

Barcelona menaikkan pajak pariwisata pada tahun 2024

Pada tahun 2022, pemerintah kota mengumumkan bahwa pajak pariwisata Barcelona akan dinaikkan selama dua tahun ke depan.

Sejak 2012, pengunjung ibu kota Catalan harus membayar pajak pariwisata daerah dan pajak tambahan untuk seluruh kota.

Pada 1 April 2023, pemerintah kota menaikkan pajak kota menjadi €2,75. Kenaikan kedua akan terjadi pada 1 April 2024, ketika biaya akan naik menjadi €3,25. Pajak ini berlaku bagi pengunjung yang menginap di tempat wisata resmi.

Dewan mengatakan dana yang terkumpul akan digunakan untuk mendanai infrastruktur kota, termasuk perbaikan jalan, layanan bus, dan eskalator. Terungkap, Alasan Suami Selingkuh Hingga Suka Sewa PSK

Valencia akan memperkenalkan pajak pariwisata pada tahun 2024

Valencia akan mengenakan pajak turis kepada wisatawan yang menginap di semua jenis akomodasi di wilayah tersebut, termasuk hotel, wisma, apartemen, dan tempat perkemahan.

Secara resmi disebut Pajak Kunjungan Wisatawan Valencia (IVET), ini akan mulai berlaku pada tahun 2024, meski tanggal pastinya belum diumumkan.

Pengunjung harus membayar antara 50 sen dan 2 euro per malam, tergantung pilihan akomodasi mereka, hingga tujuh malam.

Penumpang kapal pesiar akan membayar €1,50 per hari. Pihak berwenang mengatakan pajak tersebut akan digunakan untuk pembangunan berkelanjutan sektor pariwisata di wilayah tersebut.

Hasil penjualan juga akan digunakan untuk menyediakan perumahan yang lebih terjangkau bagi penduduk lokal di pusat-pusat wisata.

Olhao, Portugal akhirnya memperkenalkan pajak pariwisata pada tahun 2023

Olhao, kota nelayan di Portugal yang populer di kalangan wisatawan, telah mulai membebankan biaya £2 per malam kepada pengunjung antara bulan April dan Oktober. Biaya dikurangi menjadi 1 euro antara bulan November dan Maret.

Ini tidak berlaku untuk anak di bawah 16 tahun dan akan dibatasi hingga lima malam – jadi maksimal €10 – per perjalanan.

Pajak tersebut digunakan untuk mengurangi dampak pariwisata di Algarve, termasuk meningkatkan kebersihan dan keamanan, menurut otoritas setempat.

Dua dari 16 kotamadya di Algarve sudah mengenakan pajak turis: Faro (€1,5 per malam hingga tujuh malam antara bulan Maret dan Oktober) dan Vila Real de Santo António (€1 per hari hingga tujuh hari).

Bali akan menerapkan pajak pariwisata pada Februari 2024

Dikenal sebagai Tanah Para Dewa, Bali menarik pengunjung dari seluruh dunia karena pantai, pulau, dan budaya spiritualnya.

Namun pariwisata juga menimbulkan masalah, dan Bali berharap dapat menyelesaikan beberapa masalah tersebut dengan pajak baru yang harus dibayarkan untuk memasuki kota di Indonesia.

Mulai 14 Februari 2024, kedatangan internasional dan domestik harus membayar biaya sebesar Rp 150.000 (€8,80). Pembayaran ini harus dilakukan di loket khusus di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Pihak berwenang berjanji prosesnya akan memakan waktu kurang dari 30 detik.

Mereka mengatakan dana yang terkumpul akan digunakan untuk proyek-proyek yang “melestarikan lingkungan, alam dan budaya serta meningkatkan kualitas” Bali.

Thailand dikabarkan akan memberlakukan pajak turis pada tahun 2024

Pada tahun 2022, pajak pariwisata dikabarkan akan diterapkan pada Juni 2023.

Namun, hal ini tidak terjadi, dan tenggat waktu Oktober berikutnya juga tidak terjadi. dan belum ada rencana untuk tahun 2024 yang dikonfirmasi.

Maskapai penerbangan dan badan perwakilan maskapai penerbangan dilaporkan menentang tuduhan tersebut. Saat pertama kali dilaporkan, tarifnya dikatakan sebesar 300 baht (€8). Catat! Ini Negara-negara yang Akan Berlakukan Pajak Turis pada 2024

Pada tahun 2022, gubernur Otoritas Pariwisata Thailand mengatakan bahwa sebagian dari biaya tersebut “akan digunakan untuk merawat wisatawan” karena ada kalanya asuransi kesehatan tidak menanggung mereka.

Dana ini juga akan membantu mendanai pengembangan lebih lanjut tempat-tempat wisata seperti Grand Palace di Bangkok.

Venesia akan memberlakukan pajak turis pada tahun 2024

Pajak turis di Venesia, Spanyol telah menjadi bahan perdebatan dan penundaan. Kota ini adalah salah satu kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Eropa, memaksa penduduk setempat keluar dari jalan-jalan sempit dan padat di pusat kota.

Kini telah dipastikan bahwa kota laguna akan dikenakan biaya masuk pada sebagian tahun 2024. Pengunjung harus membayar biaya €5 untuk masuk pada akhir pekan puncak dan hari-hari lainnya antara bulan April dan pertengahan Juli – total 29 hari.

Biaya perjalanan sehari akan berlaku selama jam sibuk (08.30 – 16.00), artinya pengunjung yang datang ke Venesia untuk makan malam atau konser tidak perlu membayar.

Tujuan dari tarif masuk adalah untuk mengurangi kemacetan, mendorong kunjungan lebih lama dan meningkatkan kualitas hidup warga. Hasil dari biaya masuk akan digunakan untuk layanan yang membantu warga kota, seperti pemeliharaan, pembersihan, dan pengurangan biaya hidup. Telkomsel bisa ‘mengharapkan’ jumlah wisatawan Telkomsel berkolaborasi dalam penggunaan teknologi statistik dan analitik, ‘Mobility Insight’, dengan pemerintah provinsi Sumatera Barat untuk mensukseskan program pariwisata daerah. Iklan Pos 12 Februari 2024