Cara Menggabungkan, Mengecilkan Ukuran File dan Cara Memisahkan File PDF

File dengan format PDF menjadi salah satu jenis file yang paling banyak digunakan selain file dengan format doc. Maka dari pastinya kamu sering berhubungan dengan file berformat PDF.

Untuk itu pada kesempatan kali ini Mas Tekno akan memberikan cara menggabungkan, mengecilkan ukuran file dan cara memisahkan file PDF dengan cara yang cukup mudah.

Simak di bawah ini yuk, caranya!

  1. Cara Menggabungkan File PDF

Adobe Reader merupakan pengembang format PDF yang menyediakan berbagai macam aplikasi untuk mengolah file PDF. Adobe Reader juga memberikan fitur untuk menggabungkan file PDF, berikut ini adalah caranya.

  1. Langkah pertama tentu saja dengan menginstal software ini kemudian klik tab Tools yang letaknya berada di sebelah pojok kiri aplikasi.
  2. Klik tombol Combine Files
  3. Klik tombol Add File yang berwarna biru untuk menambahkan file file PDF yang ingin kamu gabungkan menjadi satu.
  4. Jika file PDF mu sudah selesai digabungkan, maka sekarang kamu harus menyimpan file tersebut di folder yang kamu inginkan dengan cara menekan tab File > Save As

 

  1. Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Untuk memperkecil ukuran file PDF kamu bisa menggunakan Adobe Acrobat Pro yang merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh adobe yang telah memiliki jutaan pengguna yang menggunakan aplikasi untuk mengolah file PDF. Maka tak heran jika banyak dari kita yang menggunakan aplikasi ini untuk membuka file PDF.

Rupanya aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengkompres file PDF, berikut ini adalah cara kompres PDF dengan Adobe Acrobat.

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka file PDF yang ingin kamu kompres.
  2. Setelah file ini terbuka selanjutnya klik pada File > Save As Other > Reduces Size PDF.
  3. Kemudian akan muncul Pop Up Window, lalu pilih Retain Existing yang terdapat pada pilihan Make Compatible With, kemudian klik OK.
  4. Lanjutkan dengan memilih direktori folder untuk menyimpan file PDF tersebut, kemudian jika sudah selesai klik Save.

 

  1. Cara Memisahkan File PDF

Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk memisahkan file PDF ada cara online mau pun cara offline, salah satu cara yang dapat digunakan untuk memisahkan file PDF adalah dengan memanfaatkan situs online salah satunya adalah SmallPDF yang dapat dibilang merupakan situs onile untuk mengedit file PDF secara online yang pada saat ini cukup diminati di Indonesia.

Karena situs ini juga memiliki beberapa fitur di dalamnya seperti konvert pdf ke Docx, JPG, PPT dan sebaliknya. Selain itu dengan menggunakan situs SmallPDF ini kamu juga dapat mengkompres atau memperkecil ukuran PDF yang kamu miliki, selain itu ada lagi fitur yang dapat kamu manfaatkan dari situs online ini, yaitu menggabungkan atau memisahkan file PDF.

Cara memisahkan file PDF dengan SmallPDF

  1. Langkah pertama adalah dengan menjalankan Web Browser untuk kemudian membukan sistus https://smallpdf.com/id/pisahkan-pdf.
  2. Setelah kamu membuka situs ini, kamu bisa klik pilih file untuk memulai mengunggah file PDF yang akan kamu pisahkan per halaman, selain dengan cara memilih file dari penyimpanan lokal kamu juga dapat memilih file dari penyimpanan cloud seperti pada GDrive dan Dropbox.
  3. Pilih file PDF yang akan kamu pecah kemudian klik Open.
  4. Setelah file PDF tersebut berhasil untuk diunggah kemudian klik pada opsi Ekstrak tiap halaman menjadi PDF, untuk dapat memotong PDF menjadi perhalaman atau kamu juga dapat memilih opsi pilih halaman yang akan kamu ekstrak, kemudian pilih saja halaman berapa yang akan kamu ambil.
  5. Kemudian klik tombol opsi yang berwarna ungu untuk dapat memulai proses pemisahan.
  6. Setelah proses pemisahan selesai untuk dilakukan, kemudian lanjutkan klik tombol Unduh File Sekarang untuk mengunduh file yang sudah diproses.

 

Sumber Artikel : Mastekno.co.id

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara menggabungkan, mengecilkan ukuran file dan cara memisahkan file PDF dengan cara yang cukup mudah, semoga tips dan cara dari Mas Tekno di atas dapat bermanfaat untuk kamu semua, selamat mencoba.

Artikel Lainnya :