Cara mengatasi gatal-gatal pada kulit selama kehamilan

Saat Anda hamil, bukan hanya mual di pagi hari yang menyiksa Anda. Kulit yang gatal juga dapat memperburuk suasana hati Anda. Tentu, Anda ingin bebas dengan kondisi ini sesegera mungkin, bukan? Jangan khawatir, Anda bisa menghilangkan rasa gatal pada kulit saat Anda hamil dengan beberapa perawatan seperti berikut ini.

Cara mengatasi gatal-gatal pada kulit selama kehamilan

Gatal pada kulit selama kehamilan dapat disebabkan oleh banyak hal. Dimulai dengan kondisi kulit kering dan iritasi kulit yang terkait dengan perubahan hormon atau kondisi medis tertentu, seperti eksim atau psoriasis. Nah, kondisi ini tentu saja membuat Anda tidak nyaman.

Untuk mengurangi kulit gatal selama kehamilan, Anda dapat mencoba berbagai cara, termasuk:
1. Celupkan air panas dengan oatmeal

berendam di bak mandi selama kehamilan

Gatal pada kulit yang disebabkan oleh iritasi, eksim dan psoriasis, Anda dapat mencoba mandi air hangat. Tapi, Anda tidak berendam seperti biasanya, Anda tahu. Anda perlu menambahkan oatmeal koloid, baking soda, dan minyak esensial.

Sangat mudah, hanya bubur oatmeal dan soda kue. Lalu campur bahan dalam bak diisi dengan air hangat. Cukup ukur sekitar 1/4 gelas dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Selanjutnya, dimungkinkan untuk direndam selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Manfaat berendam dengan campuran oatmeal dapat meringankan kulit yang gatal. Selanjutnya, oatmeal yang mengandung antioksidan juga bisa meredakan lepuh gatal.

Tapi ingat, mandi di air panas hanya boleh dilakukan saat kehamilan sudah melewati trimester pertama. Itupun harus dilakukan secara singkat dan dengan suhu air yang tidak terlalu panas.
2. Rendam susu dan pijat yogurt

merendam air panas

Siapa bilang susu dan yogurt bisa dimakan? Jika kulit gatal selama kehamilan disebabkan oleh kulit kering, mencelupkannya dengan pijat susu dan yogurt bisa menjadi solusinya.

Caranya mudah, cukup siapkan 2 cangkir susu bubuk, setengah cangkir tepung jagung dan setengah cangkir baking soda. Tuang semua bahan ke dalam bak mandi dan rendam selama 10 menit.

Kemudian lanjutkan dengan pijatan yogut tanpa rasa (yogurt biasa). Pijatkan yoghurt ke kulit yang gatal, diamkan selama dua atau tiga menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan tubuh dengan handuk.

Anda harus tahu bahwa susu dan yogurt mengandung asam laktat alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, menjaga hidrasi kulit dan mengurangi kerutan wajah.
3. Gunakan lotion antigenik, bubuk atau krim

pelembab untuk kulit kering

Gatal pada kulit akibat eksim, kulit kering, iritasi atau kondisi lain dapat diobati dengan pelembab. Tidak seperti pelembab kulit normal, ada beberapa bahan aktif untuk kulit gatal seperti kalamin, hidrokortison, antihistamin, urea, dan lauromacrogolo.

Bahan aktif memiliki sifat menghilangkan rasa gatal, baik dengan memberikan sensasi dingin pada kulit, dengan menghambat produksi zat yang membuat tubuh gatal, atau dengan menjaga kulit tetap lembab.

Jika kulitnya terjepit karena tergores, pelembap yang Anda butuhkan biasanya mengandung Centella Asiatica. Bahan aktif ini mengurangi iritasi dengan meregenerasi sel-sel kulit lebih cepat.

Tapi ingat, sangat hamil. Tidak boleh menggunakan produk yang sembarangan, termasuk pelembab untuk kulit gatal. Kemudian, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.
4. Kenakan pakaian longgar

persiapan untuk kehamilan

Saat Anda hamil, pakaian yang biasanya pas bisa sangat ketat. Pakaian ketat ini meningkatkan gesekan antara kulit dan kain. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit gatal dan iritasi kulit.

Kami menyarankan Anda untuk memilih pakaian yang cukup longgar dan lembut, seperti katun. Pakaian ini membuat Anda lebih bebas bergerak dan, tentu saja, kulit Anda bisa bernapas dengan bebas. Tidak hanya mempengaruhi kulit, pakaian ketat juga bisa mengganggu kehamilan.

Baca juga :