4 Cara Mencegah Berdiri Terlalu Lama Pada Ibu Hamil

Kesehatan ibu hamil sangat penting karena juga berkaitan dengan kesehatan janin. Itu tidak hanya mencakup makanan, tetapi juga aktivitas harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Salah satu yang paling banyak dikutip adalah Anda tidak tahan terlalu lama. Apa bahaya tinggal terlalu lama selama kehamilan? Jadi, adakah tip untuk menghindari bahaya ini?

Apa bahaya lama selama kehamilan?

Tetap terlalu lama pasti akan menyakiti Anda, terutama jika Anda sedang hamil. Tidak hanya itu, Hilda Hutcherson, MD, ginekolog dan profesor kebidanan di Columbia University Medical Center, juga mengutip dampak jangka panjang lainnya pada wanita hamil.

“Durasi panjang selama kehamilan, terutama selama trimester terakhir, dapat menyebabkan sakit punggung, pembengkakan dan rasa sakit pada kaki,” katanya kepada The Bump.

Sementara itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Occupational and Environmental Medicine pada 2012 menemukan bahaya lain yang sudah lama ada pada wanita hamil.

Studi ini menunjukkan wanita hamil bekerja berjam-jam bergantung pada kaki mereka, seperti berdiri atau mengangkat benda dengan lebih dari 40 jam seminggu dengan risiko melahirkan anak kecil.

Perbedaan ukuran lingkar kepala dan berat badan anak diamati pada trimester ketiga dan seterusnya. Namun, penelitian belum meneliti lebih lanjut apakah bahaya ini akan terus mempengaruhi sampai anak lahir.

Kiat untuk mencegah bahaya jangka panjang selama kehamilan
tips menjaga kesehatan ibu hamil dengan gaya hidup sehat
Sebagian besar wanita dapat terus bekerja selama kehamilan. Ini jelas menjadi tantangan.

Tidak hanya di tempat kerja yang mengharuskan mereka berdiri tegak, perjalanan ke tempat kerja juga membuat mereka perlu tenang untuk berdiri dengan perut bengkak.

Misalnya, ketika Anda menunggu di halte bus tanpa kursi atau ketika Anda berada di bus dan kereta api.

Untuk menghindari bahaya yang bisa muncul ketika wanita hamil tetap terlalu lama, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, seperti:

1. Kontrol kehamilan rutin
Chynthia Gyamfi, MD, seorang ginekolog dari rumah sakit Presbyterian di New York, menyebutkan cara untuk menghindari dampak dari wanita hamil jangka panjang.

“Apa yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya berdiri selama kehamilan, khususnya dengan menyesuaikan jam kerja. Selain itu, ia terus memantau perkembangan janin secara teratur melalui USG,” kata Gyamfi kepada WebMD.

Agar jam kerja lebih ringan, Anda dapat mendiskusikan kondisi Anda dengan perusahaan. Jangan lupa untuk merencanakan dan meminta cuti hamil terlebih dahulu untuk memudahkan Anda.

2. Jangan memaksakan diri
trimester kehamilan ibu
Untuk menghindari bahaya yang dapat terjadi akibat posisi yang lama, wanita hamil harus mengetahui tubuh mereka dan tidak pergi. Berikan prioritas untuk istirahat.

Jangan memaksakan diri untuk bekerja di kantor jika Anda merasa lelah. Jika memungkinkan, Anda dapat melamar untuk bekerja dari rumah dari jarak jauh. Jika ini tidak memungkinkan, minta cuti kesehatan dan janin.

Jangan memaksakan diri untuk berdiri lama dalam menggunakan fasilitas publik. Wanita hamil adalah kelompok prioritas ketika mereka menggunakan fasilitas umum.

Jika Anda merasa lelah, beri tahu petugas Anda atau orang lain yang mungkin dapat membantu Anda.

3. Perhatikan posisi tubuh Anda ketika Anda melakukan sesuatu
Trik lain untuk meminimalkan bahaya posisi yang berkepanjangan selama kehamilan adalah memperbaiki posisi tubuh. Dengan melaporkan dari Mayo Clinic, kegiatan senyaman mungkin selama kehamilan dapat mencegah kelelahan.

Saat duduk, bantal penopang dapat digunakan di bagian belakang tubuh sehingga bagian belakang tidak lelah. Sementara itu, jika Anda diminta berdiri untuk waktu yang lama, cari kaki dan pasang kaki di atasnya. Lakukan secara bergantian agar aliran darah tidak menumpuk dan kaki tidak lelah.

Juga berhati-hatilah saat mengangkat benda yang lebih rendah ke bawah. Jangan membawa benda ke posisi terlipat, tetapi tekuk lutut untuk meraihnya.

3. Gunakan alas kaki yang mendukung
pilih sepatu yang tepat
Anda juga dapat mencegah bahaya jangka panjang selama kehamilan dengan menggunakan sepatu pendukung. Hindari sepatu hak tinggi yang membuat Anda mudah lelah. Bahkan jangan memilih alas kaki yang memiliki bagian bawah yang licin yang membuat Anda berisiko tergelincir.

Penggunaan sepatu yang tepat pasti akan membantu Anda untuk berdiri dengan nyaman dan tidak mudah lelah.

4. Puaskan kebutuhan cairan Anda

Selain sering beristirahat, untuk mencegah timbulnya bahaya kelelahan karena berdiri terlalu lama saat hamil, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan. Minum air, jus, atau makan sup bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan Anda selama beraktivitas.

Namun, kandungan kalori pada jus harus Anda perhatikan. Akan lebih baik jika jus itu buatan sendiri tanpa ditambahkan pemanis.

Baca juga :