Wisata Wali Songo Gresik

0

aSunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim merupakan wali pertama yang menyebarkan Islam di tanah Jawa, beliau wafat pada tahun 1419 Masehi.

Selain dikenal sebagai salah satu kawasan industri yang ada di Jawa Timur, Gresik juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata religi yang menjadi tujuan wisata. Dua dari sembilan makam Wali Songo yang kita kenal dalam pelajaran sejarah berada di kota Gresik, yaitu Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Wali Songo adalah penyebar agama Islam di Tanah Jawa pada abad ke-14. Kesembilan wali ini tersebar di tujuh wilayah di pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya, Gresik, Lamongan, Demak, Kudus, Muria, dan Cirebon.

a2Gresik selalu dikunjungi oleh berbagai wisatawan atau peziarah yang datang dari luar negeri dan berbagai penjuru di Indonesia. Mereka mengunjungi komplek pemakaman Sunan Gresik dan Sunan Giri sendiri-sendiri atau bersamaan dengan peziarah lainnya dalam paket tour wisata Wali Songo. Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim merupakan wali pertama yang menyebarkan Islam di tanah Jawa, beliau wafat pada tahun 1419 Masehi. Setiap tahunnya makam Sunan Gresik yang merupakan wali tertua ini dikunjungi oleh ratusan ribu peziarah

Makam Sunan Gresik berada di Desa Gapuro Sukolilo, yang berada di pusat kota Gresik, kurang lebih 250 meter dari alun-alun kota. Makam Sunan Gresik dikelilingi oleh pemakaman keluarga dan umum, di sebelah barat kompleks makam terdapat makam Bupati Gresik yang pertama yaitu Raden Pusponegoro. Makam ini berada dalam cungkup yang berbentuk joglo terbuat dari kayu jati. Bangunan cungkup yang menaungi makam sangat luas tanpa dinding penyekat, makamnya diberi pagar besi sederhana, sehingga pengunjung dapat melihat makam dengan leluasa.

Disana terdapat 3 makam utama, yang batu nisannya berselubung kain putih berona hijau pastel dengan bahan dan warna yang hampir sama, tetapi ketiga makam itu memiliki ornament dan ukuran yang sedikit berbeda. Makam Sunan Gresik berada di sebelah kiri, yang bersanding dengan makam sang isteri Syayyidah Siti Fatimah, dan makam putranya yaitu Syekh Maulana Maghfur. Jika Anda berkunjung ke Gresik, Anda bisa menyempatkan berkunjung ke kompleks pemakaman ini,karena aksesnya sangat mudah, berada di pinggir jalan dan dilalui oleh angkutan umum

Selain makam Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim, di Gresik juga terdapat makam Sunan Giri, yang juga merupakan salah satu dari Wali Songo. Sunan Giri wafat pada tahun 1506 Masehi dan dimakamkan di Bukit Giri Gajah, Desa Giri Kecamatan Kebomas, kurang lebih 3 km arah selatan dari pusat kota gresik. Makam Sunan Giri berada dalam sebuah cungkup yang terbuat dari kayu jati, yang tidak terlalu tinggi. Cungkup makam Sunan Giri pada dindingnya berhias gebyok dengan motif ukir-ukirannya yang indah, dan ditutup kelambu.
Di kompleks pemakaman Sunan Giri juga banyak makam-makam kuno dari kerabat Sunan Giri dan para pengikutnya. Di sebelah selatan makam Sunan Giri terdapat Pendapa Agung Sunan Giri, Sedangkan di sebelah utaranya terdapat Masjid Agung Ainul Yakin Sunan Giri. Di Kecamatan Kebomas juga terdapat Situs Giri Kedaton, letaknya beberapa ratus meter dari makan Sunan Giri. Situs Giri Kedaton berada di ketinggian, pengunjung harus menaiki tangga berundak, dari tempat ini pengunjung bisa menyaksikan indahnya pemandangan Kota Gresik.