Tradisi Gembok Cinta Dari Bandung ke Perancis

0

Pernah dengar istilah Gembok Cinta (love locks atau love padlocks) yang dianggap sebagai symbol tanda cinta abadi ?. Kebiasaan unik ini muncul di Eropa dan Asia sejak tahun 2000-an. Pasangan menuliskan nama di sebuah gembok, mengunci dan memasangnya di pagar jembatan, lalu membuang kunci ke sungai di bawahnya. Konon kabarnya, cinta mereka akan utuh selamanya setelah melempar kunci gembok cinta.
Fenomena ini menyebar ke beberapa Negara, diantaranya Italia, Prancis, Jerman, Rusia, Taiwan dan Cina. Fungsinya pun beralih, selain karena kepercayaan terhadap cinta abadi, pada akhirnya banyak wisatawan yang penasaran dan mengunjungi jembatan tersebut. Seperti yang terlihat di Negara berikut ini :
1. Perancis
Paris sudah lama dikenal sebagai kota penuh cinta atau symbol keromantisan. Jembatan di Pont des Arts dan Pont de I’Archevesche adalah dua jembatan bersejarah yang mulai dipenuhi gembok cinta. Kini, jumlah gembok tersebut sudah mencapai ratusan ribu dan secara tidak langsung telah merusak fungsi bangunan. Buktinya, pada tahun 2014, salah satu bagian dari pagar jembatan rusak karna beban yang terlalu berat dan jatuh ke dasar sungai.
Itu sebabnya, pada tahun 2015 pihak berwenang kota Paris, Perancis akan mengganti seluruh pagar jembatan yang semula terbuat dari besi berlubang, dengan semacam lembaran plastic kaca, sehingga wisatawan tidak bisa memasang gembok lagi.

2. Cina
Ada beberapa pihak berpendapat bahwa tradisi gembok cinta berasal dari Cina, tepatnya di sekitar Gunung Huangshan. Menurut sebuah legenda, ada sepasang kekasih menjalin cinta terlarang dan ditentang keluarga. Akhirnya mereka memilih kabur dan mengakhiri hidup dengan terjun daru tebing ke bawah lembah Gunung Huangshan. Sekarang ada banyak gembok yang menutupi pagar dan tiang logam di sekitar gunung ini. Kebiasaan para pasangan melempar kunci gembok ke bawah lembah berkabut dianggap sebagai symbol mengunci jiwa mereka secara bersama-sama.

3. Bandung
Fenomena gembok cinta ternyata juga terjadi di Indonesia, salah satunya di Bandung. Jika Anda melintas di Balai Kota Bandung, Anda akan melihat sebuah konstruksi besi dan kawat ram berukuran 2,5 x 2 meter di tengah taman. Di tengah bangunan tersebut ada tulisan ‘LOVE’ dan masyarakat boleh menggantung serta mengunci gembok cintanya disana. “Tapi kuncinya harus tetap dipegang sendiri-sendiri,” jelas Ridwa Kamil, Walikota Bandung sekaligus penggagas Gembok Cinta ala Bandung. Tapi berbeda dengan Negara lain, di Bandung, tempat untuk memasang gembok cinta dipasang lampu berwarna-warni agar terlihat indah dan romantic di malam hari. (berbagai sumber)