Surabaya Oh Surabaya Makin Memikat di Usianya yang ke-723

0

Di usianya yang ke-723 pada 31 Mei  nanti, Surabaya mulai bersolek dan berbenah. Ini terlihat dari munculnya beberapa obyek wisata baru yang selain mempercantik kota yang mendapat julukan Kota Pahlawan ini, juga bisa untuk menarik wisatawan.

Salah satu obyek wisata yang banyak mengundang rasa penasaran masyarakat yaitu Air Mancur Menari yang terletak di dekat Jembatan Layang Kenjeran Surabaya. Nantinya, setiap pengunjung yang menyeberangi jembatan yang melingkar 800 meter di pesisir Kenjeran ini bisa menikmati tarian air mancur beserta tata cahaya yang menghiasinya dengan diiringi lagu ‘Surabaya Oh Surabaya’ dan ‘Jembatan Merah’. Air Mancur ini sendiri tidak akan menari setiap saat, namun ada jadwal yang akan ditentukan oleh pemkot Surabaya.

Saat ini, proyek pembangunan yang menghabiskan anggaran Rp 199 miliar itu sudah memasuki tahap penyempurnaan, seperti mempersiapkan rambu dan lampu penerangan jalan.

Menurut pantauan tim             Iklan Pos, Minggu (16/4) malam, terlihat bahwa pembangunan jembatan memang sudah selesai. Meski ketika itu jalan masuk menuju jembatan masih ditutup, namun masyarakat terlihat antusias menerobos jalan tersebut dengan berjalan kaki. Mereka hanya ingin berfoto atau sekedar berselfie meski air mancur belum dinyalakan.

Nantinya, di dekat jembatan tersebut akan dipasang patung Suro dan Boyo menghadap laut. “Konsepnya seperti patung singa Merlion di Singapura,” kata Erna Purnawati, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan.

 

Surabaya North Quay

Selain Air Mancur Menari, tempat wisata baru yang banyak menyita perhatian masyarakat Surabaya dan wisatawan adalah Surabaya North Quay yang terletak di Terminal Gapura Surya Nusantara, Tanjung Perak.

Di terminal ini, pengunjung bisa menikmati kemewahan fasilitas di setiap sudutnya. Terminal ini akan menjadi tempat turunnya penumpang kapal pesiar yang merapat di Tanjung Perak. Ada 3 gedung nan megah yang menghiasi Surabaya North Quay, yaitu lantai 2 dan 3 yang dilengkapi tenant-tenant dengan interior yang sangat megah dan menarik. Di lantai 3, pengunjung juga bisa menikmati beragam kuliner khas Surabaya seperti Lontong Balap, Bebek Goreng, Rujak Cingur, Soto Ayam dan masih banyak lagi. Juga ada ruang pamer yang memamerkan karya kreatif anak muda Surabaya.

Tidak hanya itu, jika ada kapal pesiar yang bersandar, pengunjunga bisa berfoto dengan latar belakang kapal pesiar nan megah tersebut. Yang pasti keberadaan Surabaya North Quay akan menjadi daya tarik wisatawan, terutama penumpang kapal pesiar yang berlabuh di Tanjung Perak Surabaya.

Food Junction Grand Pakuwon

Kurang lengkap rasanya jika mengunjungi Surabaya tanpa menikmati wisata kuliner. Nah, di Surabaya saat ini sudah ada wisata kuliner yang menawarkan keindahan panorama nan alami, namanya Surabaya Food Junction Grand Pakuwon. Wisata ini dilengkapi dengan danau buatan seluas 4400 meter persegi dan beberapa wahana permainan, seperti komidi putar, becak combi, bombom car dan safary train. Di area danau juga terdapat perahu listrik dan dipercantik dengan warna-warni lampion. (noe)