Sensasi Sukhothai, Ibukota Thailand Sebelum Bangkok

0

Sukhothai merupakan kota tua di Thailand yang mulai terlupakan. Letaknya sekitar 7 jam dari Bangkok, Thailand, dan tidak banyak turis yang mengenal keberadaan Sukhothai. Padahal jauh sebelum Bangkok, Sukhothai merupakan kerajaan sekaligus ibukota pertama Thailand.

Jika berkunjung ke Sukhothai, Anda akan melihat banyak peninggalan bersejarah dari kerajaan yang berjaya pada abad ke-13 ini. Sukhothai Historical Park adalah buktinya. Di kompleks sejarah seluas 70 km persegi ini mempunyai reruntuhan 21 kuil yang tersebar di lanskap hijau dengan lebih dari 200 kanal dan danau buatan yang sangat cantik.

Di area tersebut juga ada beberapa bangunan untuk mengenang perjuangan Raja Sukhothai, Ramkhamhaeng yang merupakan pencipta alphabet Thailand dan pendiri pondasi politik dan agama di Negeri Gajah Putih ini. Bangunan tersebut diantaranya, Ramkhamhaeng National Park, Sri Satchanalai National Park, The Royal Palace, dan Wat Mahathat yang merupakan Situs Warisan Dunia yang didaulat UNESCO.

Secara arti, nama Sukhothai mempunyai makna ‘terbitnya kebahagiaan’. Makna ini seakan ingin menyiratkan kehidupan masyarakat kerajaan Sukhothai yang sangat makmur. Kemakmuran ini bisa terlihat dari bekas bangunan yang masih kokoh.

Jika Anda ingin mengincar momen indah dari Sukhothai, datanglah subuh untuk melihat sunrise atau sore hari untuk melihat sunset. Sementara di pagi hari, mentari muncul diantara puncak-puncak reruntuhan berbalut kabut tipis. Sedangkan saat senja, semburan warna oranye dibalik patung Buddha raksasa tidak ada tandingannya.

Cara paling baik untuk menikmati pemandangan tersebut adalah dengan bersepeda. Anda bisa menyewa sepeda di pintu masuk Sukhothai Historical Park. Di area tersebut juga ada pasar tradisional yang terkenal dengan sensasi kulinernya.