Pesona Objek Wisata Yordania

0

aGoa yang satu ini adalah goa yang ada dalam kisah Al-Quran, dimana ada 7 pemuda dan seekor anjing yang melarikan diri dari kekejaman Raja Dikyanus dalam surat Al-Kahfi.

Dalam episode leisure luar negeri kali ini, Anda akan kami ajak mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Yordania. Yordania adalah salah satu negara yang berada di kawasan timur tengah, negara ini berbatasan langsung dengan Suriah disebelah utara, Arab Saudi di timur dan selatan, Irak di timur laut, serta Israel di barat. Negeri ini memiliki banyak objek wisata yang penuh pesona dan menarik untuk dikunjungi. Kami akan ajak Anda untuk mengunjungi Laut Mati, Petra, Roman Theater, Hercules Temple, dan Goa Ashabul Kahfi.

Laut mati merupakan danau air asin yang sangat luas, terletak di perbatasan Yordania, Israel, dan Palestina. Kadar garamnya yang begitu besar pada laut ini membuat semua benda bisa mengapung di atasnya, kita tidak perlu susah-susah berenang agar bisa mengapung di laut mati. Kadar garam di laut mati ini, 9 kali lipat dari kadar garam laut normal. Selain kandungan garam yang sangat tinggi, air Laut Mati juga banyak mengandung kalium, magnesium, dan bromium, mungkin karena itulah lumpur laut mati ini dianggap sangat berkhasiat, sebagai penghalus kulit.

Goa yang satu ini adalah goa yang ada dalam kisah Al-Quran, dimana ada 7 pemuda dan seekor anjing yang melarikan diri dari kekejaman Raja Dikyanus dalam surat Al-Kahfi. Mereka mendapat petunjuk karena beriman kepada Allah, untuk bersembunyi di goa ini dan tertidur lelap selama 309 tahun. Goa ini dinamakan Goa Ashabul Kahfi, berada di perkampungan Al-Rajib atau dalam Al-Quran disebut Al-Raqim, yang berjarak 1,5 Km dari kota Abu A’landa dekat kota Amman. Tidak hanya dalam Islam, kisah Ashabul Kahfi ini juga terkenal dalam agama Kristen.

Petra merupakan kota bersejarah dan situs arkeologi di Yordania, terletak ditengah-tengah antara Teluk Aqaba dan Laut Mati pada ketinggian kurang lebih 1.000 meter diatas permukaan laut. Kota ini didirikan dengan menggali, memahat atau mengukir batu-batu cadas yang tinggi, sebagai simbol teknik dan perlindungan. Petra merupakan ibu kota kerajaan Nabatean, yang didirikan 9 tahun sebelum Masehi sampai dengan tahun ke-40 M oleh Raja Aretas IV, sebagai kota yang sulit untuk ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir.

Roman Theater dibuat pada masa kekaisaran Marcus Aurelius sekitar tahun 169-177 Masehi. Teater yang berukuran besar dan curam ini dibuat dibagian lereng, serta sanggup menampung 6.000 penonton. Bangunan ini dibagi menjadi tiga daerah horizontal (diazomata), daerah pintu masuk (paradoi) terletak pada lantai dasar, ada yang menuju ke orkestra dan yang lain untuk panggung. Kamar di balik pintu masuk saat ini dijadikan sebagai Museum Tradisional yang populer di Yordania, setelah Museum Rakyat Yordania.

Hercules Temple merupakan kuil yang terletak di Citadel, Amman, dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Marcus Aurelius sekitar tahun 161 Masehi. Konon pembangunannya didedikasikan untuk putra dewa Zeus, Hercules. Kuil ini jauh lebih besar dibandingkan kuil-kuil Romawi, bangunannya menghadap ke arah timur dan dapat terlihat dari sudut timur laut. Kuil ini ditopang oleh pilar-pilar setinggi 33 kaki, tetapi hanya ada beberapa pilar saja yang masih utuh, sedangkan yang lainnya sudah hancur tidak utuh lagi.