Pesona Negeri Kincir Angin

0

a1Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk mengetahui bangunan-bangunan unik dan bersejarah di Belanda, Anda bisa melihat miniatur bangunan-bangunan tersebut di Madurodam Miniature Park.

Dalam episode Luar Negeri kali ini, Anda akan kami ajak mengunjungi dan menikmati pesona wisata yang ada di Negeri Kincir Angin. Belanda atau yang akrab dikenal dengan negeri kincir angin, merupakan salah satu negara di Eropa yang kaya akan peninggalan bangunan-bangunan bersejarah. Meski begitu tak hanya bangunan-bangunan bersejarahnya yang menarik untuk dikunjungi, pemandangan alam, budaya, serta objek wisata lainnya, juga menarik untuk dikunungi. Kali ini Anda akan kami ajak untuk mengunjungi The Peace Palace, The Hague’s Binnenhof, Dom Tower Of Utrecht, Keukenhof Park, serta Madurodam Miniature Park.

a2The Peace Palace atau Istana Perdamaian merupakan sebuah bangunan megah yang berfungsi sebagai pusat peradilan atau markas besar dari Mahkamah Internasional PBB. Tempat ini dibangun pada tahun 1907, letaknya berada di kota Den Haag, dan mulai difungsikan sebagai gedung peradilan pada tahun 1913. Di gedung ini menyimpan berbagai barang atau benda-benda yang merupakan hadiah dari beberapa negara lain. Karpet dinding dari Jepang, kayu dari Indonesia, jam menara dari Swiss, vas bunga raksasa seberat 3,2 ton dari Rusia, karpet dari Persia, marmer dari Italia, adalah sebagian dari begitu banyak koleksinya.

The Binnenhof adalah pusat pemerintahan Belanda yang telah digunakan sejak berabad-abad lalu. Awalnya tempat wisata ini hanya berupa rumah tinggal, namun kemudian dibangun beberapa bangunan seperti Ridderzaal atau aula besar, yang menjadi tempat Ratu Belanda berpidato. Bangunan lainnya adalah menara kecil atau Het Torentje yang merupakan kantor resmi Perdana Menteri Belanda sejak tahun 1982. Bangunan yang berada di kota Den Haag ini juga memiliki ruang terbuka yang terbuka untuk umum. Tempatnya sangat indah karena memiliki arsitektur dan berbagai hiasan, seperti air mancur Neo Gothic dan patung-patung yang cukup menarik.

Tempat wisata ini berupa sebuah menara Gereja yang tertinggi di Belanda, tingginya sekitar 100 meter. Menara ini bernama Dom Tower atau menara Dom, terletak di Utrecht dan dibangun sekitar tahun seribu tiga ratusan. Dengan keunikannya ini, Dom Tower banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Pengunjung diperbolehkan naik ke atas puncak menara, dengan melalui anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 465 buah. Dari atas puncak menara, pengunjung dapat menikmati indahnya panorama kota Amsterdam dan Rotterdam. Disekitar areal menara terdapat gerai-gerai yang menjual cinderamata khas Belanda.
a3Keukenhof yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘Taman Dapur’ juga sering diistilahkan sebagai Taman Eropa, karena merupakan taman bunga paling besar di dunia. Taman yang begitu indah ini terletak di sebuah kota kecil, bernama Lisse. Istilah Kebun Dapur sendiri sebenarnya mengacu pada sejarah, dimana tempat ini awalnya merupakan sebuah kebun rempah-rempah yang menyuplai kebutuhan dapur istana Hainaut. Keukenhof sendiri dibuat pada tahun 1949 atas ide walikota Lisse untuk membantu para petani bunga di seluruh belanda demi memamerkan hasil bunga terbaik budidaya mereka untuk kemudian diekspor ke luar negeri.
Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk mengetahui bangunan-bangunan unik dan bersejarah di Belanda, Anda bisa melihat miniatur bangunan-bangunan tersebut di Madurodam Miniature Park. Madurodam merupakan sebuah tempat wisata yang berupa taman miniatur, di taman yang dibuka untuk umum pada tahun 1952 ini, terdapat hampir semua miniature gedung dan bangunan besar yang ada di Belanda dengan skala 1 banding 25. Taman Miniatur Madurodam berada di Scheveningen, Den Haag. Nama Madurodam sendiri diambil dari nama George Maduro, seorang mahasiswa Yahudi yang tewas saat melawan Nazi.