Pesona Kawasan Ampel Surabaya

0

a1Atmosfir Timur Tengah bisa dirasakan oleh pengunjung ketika memasuki lorong-lorong yang ada di kawasan Ampel.

Sebagai kota kedua terbesar di Indonesia, Surabaya memiliki sebuah kawasan yang unik bernuansa timur tengah. Ampel merupakan sebuah kawasan di bagian Surabaya Utara yang mayoritas penduduknya adalah etnis Arab. Kawasan Ampel kental dengan suasana atau nuansa Timur Tengah, mulai dari budaya hingga kuliner yang ada di kawasan ini dipengaruhi oleh etnis arab yang berada di Kawasan Ampel. Yang menjadi dayak tarik utama dari kawasan ini adalah keberadaan makam Sunan Ampel salah satu dari Wali Songo, Dia juga merupakan pendiri kawasan ini yang sering dijadikan sebagai wisata religi bagi sebagian besar wisatawan.

a2Selain makam Sunan Ampel yang dijadikan tempat berziarah, disini juga terdapat Masjid Ampel yang dibangun oleh Sunan Ampel, dan usianya sudah ratusan tahun. Keunikan dari masjid sunan ampel ini terletak pada 16 tiang penyangganya yang terbuat dari kayu jati yang berukuran sekitar 17 meter. Tiang penyangga tersebut hingga saat ini masih tetap kokoh berdiri, padahal umur kayu penyangga tersebut sudah lebih dari 600 tahun. Pada tiap tiang penyangga terdapat ukiran-ukiran kuno peninggalan dari zaman Majapahit. Masjid sunan ampel juga memiliki menara yang menjulang tinggi kurang lebih 50 meter, menara ini dahulu berfungsi sebagai tempat adzan.

a3Disekitar masjid ampel terdapat banyak toko-toko yang menjual cinderamata, mulai busana muslim, perlengkapan sholat atau ibadah, hingga kurma bisa ditemukan ditempat ini. Jika musim haji tiba toko-toko ini selalu ramai oleh pengunjung, mereka umumnya berbelanja oleh-oleh haji seperti air zam-zam, kurma, tasbih, sajadah, kerudung, kopiah, dan lain sebagainya. Menjelang dan saat bulan Ramadhan, toko-toko ini juga ramai oleh pengunjung yang juga datang dari berbagai kota. Toko-toko tersebut selain menjual barangnya secara eceran, mereka juga menjualnya secara grosir kepada pedagang-pedagang yang ingin menjualnya lagi

a4Banyaknya etnis arab yang bermukim di kawasan ini, membuat kawasan Ampel juga terlihat unik dengan budaya mereka. Banyak rumah-rumah kuno dan budaya arab yang bisa kita saksikan di sekitar kawasan Ampel. Atmosfir Timur Tengah bisa dirasakan oleh pengunjung ketika memasuki lorong-lorong yang ada di kawasan Ampel. Warga berwajah khas Timur tengah sangat mendominasi dan hilir mudik dikawasan ini. Makanan dan musiknya pun sangat kental dengan budaya Arab, musik-musik Arab terdengar dibeberapa tempat dan warung-warung yang menyajikan makanan khas timur tengah, sebagai menu yang ditawarkan pada pengunjung.

a5Kebab, Roti Maryam, Nasi Tomat, Nasi Kebuli, serta Gule, adalah beberapa makanan khas timur yang bisa pengunjung temukan di kawasan ini selain makanan khas arab lainnya. Saat malam tiba, kawasan ini masih ramai oleh warga dan pengunjung yang ingin berkunjung ke kawasan Ampel. Ketika malam hari, di ujung jalan yang ada di kawasan ini terdapat warung Gule Roti Maryam yang selalu ramai oleh pengunjung. Warung ini buka menjelang tengah malam hingga jam 7 pagi, warungnya pun sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Citarasa gule roti maryam warung ini banyak memikat rasa ingin tahu para wisatawan yang berkunjung ke Ampel.

a6Bagi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan Ampel, banyak hotel yang ada disekitar kawasan ini. Hotel Kemajuan adalah salah satu hotel yang ada di kawasan Ampel, lokasinya berada di sebelah barat daya dari kompleks makam maupun Masjid Ampel. Hotel ini memiliki bangunan yang unik, karena dibangun pada tahun 1928. Hotel Kemajuan merupakan hotel kuno yang tetap ramai dan diminati pengunjung serta wisatawan hingga saat ini. Beberapa bangunan yang ada di kawasan Ampel merupakan bagian dari cagar budaya. Banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang tertarik dengan pesona yang dihadirkan kawasan Ampel.