Midnight Sun di Norwegia

0

Matahari di Tengah Malam

 

Apa jadinya jika matahari bersinar sepanjang hari? Bukan hanya satu atau dua hari, melainkan sampai 5 bulan. Bisa dibayangkan bagaimana indahnya suasana malam yang diselimuti sinar matahari. Fenomena unik dan langka ini dikenal sebagai Midnight Sun atau matahari di tengah malam.

Menurut situs Visit Norway, Midnight Sun terjadi karena kemiringan aksial bumi yang sebesar 23,5 derajat. Saat musim panas semakin utara suatu kemiringan akan mengakibatkan siang yang lebih panjang dan matahari tetap berada di horizon pada musim panas dan di pertengahan tahun. Semakin dekat ke Kutub Utara, maka fenomena Midnight Sun akan lebih lama.

Di dunia ini, salah satu Negara yang beruntung bisa mengalami Midnight Sun adalah Norwegia. Ada 12 tempat di Norwegia yang disinggahi Midnight Sun, yatiu Bodo, Harstad, Tromso, Alta, Vardo, Hammerfest dan Bardufoss. Di tempat ini, Midnight Sun terjadi sekitar 3 bulan yaitu pada bulan Mei sampai Juni. Tempat lain yang lebih fenomenal yaitu Longyearbyen yang mengalami Midnight Sun hingga 5 bulan, yaitu 20 April sampai 22 Agustus. Tak heran jika kota-kota ini sering menjadi jujugan wisatawan dunia yang ingin menikmati matahari pada malam hari.

Perjalanan menuju Longyearbyen bisa dilalui dengan pesawat dari Oslo, ibukota Norwegia dengan perjalanan selama 1 jam. Longyearbyen terletak di kawasan pesisir yang dihuni sekitar 2.000 penduduk dan mereka sangat ramah kepada turis.

Para wisatawan asing ini pasti dibuat kagum saat pertama kali melihat matahari yang tidak pernah terbenam. Mereka biasanya mengisi waktu dengan berjalan, berlayar dan menyusuri perbukitan. Banyak salju yang mencari, sehingga mereka bisa berjalan sesuka hati. Begitu juga ketika berlayar, mereka akan menemukan bongkahan-bongkahan es di atas permukaan laut.

Lalu bagaimana dengan aktivitas penduduk sekitar?

Masyarakat melakukan kegiatan seperti biasa. Jika mau tidur, mereka harus harus menutup jendela dengan tirai cukup tebal agar cahaya matahari tidak masuk ke dalam rumah. Di pekan pertama, biasanya temperamen warga sekitar sedikit galak karena mereka terus beraktivitas sepanjang hari. Setelah pekan pertama, mereka sudah bisa beradaptasi. Begitu juga dengan anak-anak, fenomena unik ini justru membuat anak-anak betah bermain di luar rumah. Mereka berlarian sekaligus untuk menghangatkan badan.

Sudah banyak agen perjalanan wisata yang menawarkan tur ke Eropa selalu menyertakan Norwegia sebagai salah satu tujuan wisata. Tidak perlu sampai berbulan-bulan, cukup beberapa hari saja sudah menjadi perjalanan wisata yang tak terlupakan. (noe/dari berbagai sumber)