Menyusuri Indahnya Kota Wisata Batu

0

Batu adalah kota yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang cukup menarik untuk kita kunjungi. Tak heran jika kota apel ini juga sering disebut sebagai kota wisata yang menjadi tujuan banyak orang dari berbagai daerah. Pada edisi ini kita akan mengunjungi keindahan wisata Selecta, Wisata Desa Kungkuk, dan Air Terjun Coban Talun.

selectaSelecta
Obyek wisata yang satu ini merupakan obyek wisata legendaris yang terletak di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Selecta atau oleh Belanda dulu dikenal juga dengan sebutan Swiss kecil didirikan oleh seorang warga negara Belanda Ruyter de Wildt pada tahun 1930 an. Setelah mengalami kerusakan pada jaman revolusi, pada tahun 1950 dibangun kembali oleh 47 tokoh masyarakat yang dikenal sebagai pendiri Selecta.
Selecta memiliki udara yang sejuk dan segar karena berada di ketinggian 1.100 m dpl. Ketika memasuki areal taman rekreasi Selecta, pengunjung disuguhi aquarium berukuran besar yang dipenuhi berbagai macam aneka jenis ikan air tawar yang cukup menarik. Kolam renang dan water boom merupakan andalan dari Selecta. Disamping itu juga terdapat hamparan luas aneka macam bunga cantik yang tertata rapi dan suasana yang tenang membuat pengunjung betah berlama-lama disini.
kebunKolam perahu dengan fasilitas perahu kano dan sepeda air, arena jogging seluas 6 hektar dan arena untuk berkuda serta tempat outbound yang ideal. Fasilitas lain yang terdapat di tempat wisata Selecta adalah Hotel (berbintang
satu dan melati), Kolam renang, Kolam Kano, Pasar Buah, Kereta Kuda, Kereta Mini, Becak Mini, Sepeda Air, Mobil Baterai, Taman Bunga, Taman Bermain Anak, Area Jogging, Goa Singa, Live Music, Area Outbound.

Desa Wisata Dusun Kungkuk
Tidak jauh dari Wisata Selecta, terdapat sebuah tempat wisata yang sangat sayang jika kita lewatkan, yaitu wisata alam Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. Dusun ini berada diperbukitan dengan jumlah penduduk sekitar 49 Kepala Keluarga yang mayoritas berprofesi sebagai petani.
Wilayah ini memiliki suhu yang dingin sehingga berbagai jenis tanaman hias bersuhu dingin dapat tumbuh subur dengan warna warni yang cukup cantil. Tidak hanya itu saja, aneka macam buah-buahan dan sayuran seperti apel, jeruk, sayur, tomat wortel, dll tumbuh dengan subur dan menggoda untuk dipetik dan dicicipi.
Hasil tani yang melimpah menantang para teknokrat untuk menetaskan teknologinya mengubah hasil tani menjadi hasil olahan yang khas dan berkualitas sebagai buah tangan dusun kungkuk yang juga merupakan hasil produk sebagai peningkatan ekonomi masyarakat. Begitupun hasil sayuran yang anti pestisida sangat mungkin dikembangkan didusun ini.
Suara burung, ayam, kambing, sapi dan kelinci diperbukitan ini menambah khasnya sebuah kampung yang akan memancing para penggemar ternak untuk mengajak bersama merasakan secara langsung bagaimana memelihara ternak, pengandangan dan melihat bagaimana sebuah produk ternak diproses.
Pohon pinus yang berjajar seakan membatasi wilayah kampung dengan hutan liar perbukitan yang perawan yang dilengkapi lereng yang tajam menggoda para pengagum out bond,  perkemahan, flying fox, kursi gantung, olah raga gunung, sepeda gunung, mobil gunung.
Pengunjung juga dapat menikmati keindahan seni dan budaya yang tidak pernah terpisahkan dengan aktifitas dusun ini, kegiatan kerajinan batik, tari tadisional, nyanyian masyarakat sering berkumandang. Aneka masakan yang bernuansa dingin, cindramata adalah kegiatan sehari-hari para penduduk untuk pemanfaatkan waktu selain bertani.
Pusat jajanan, pusat oleh-oleh pusat cindramata menjadi pilihan pengrajin untuk berkarya di kampung wisata ini. Pusat seni dan budaya juga menjadi pilihan masyarakat untuk melestarikan budaya bangsa yang agung ini.

Segarnya Butiran Air terjun Coban Talun
cobanMasih berada di Kecamatan Bumiaji, bagi anda yang menyenangi segarnya air terjun dan sejuknya udara pegunungan tak ada salahnya jika anda mendatangi obyek wisata yang satu ini, yaitu wisata air terjun Coban Talun yang terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.
Keindahan alam yang masih alami nan eksotis, dengan dinding-dinding tanah yang terjal, batu-batu kali yang berukuran variatif, sebuah kolam dangkal di bawah air terjun tentunya membuat pengunjung tak sabar untuk berenang atau sekedar bermain air. Gemuruh suara benturan air dengan batu-batu cadas dibawahnya menambah sensasi semburan air terjun yang terasa seakan mengguyur sekujur tubuh.
Tidak hanya itu saja, didaerah ini juga terdapat arena perkemahan yang cukup menyenangkan. Suasana hutan yang alami dan sejuk, mampu menawarkan suasana damai dan rileks kepada para wisatawan. Ada baiknya anda lebih ekstra waspada di musim penghujan, karena debit air dan kontur tanah di kawasan ini menjadi kurang stabil dan licin.