Menyusuri Indahnya Kota Wisata Batu

0

fosilPada bagian dua kali ini, kita akan mengunjungi tempat wisata yang cukup menarik, yaitu Jawa Timur Park 2 dan Wisata Desa Sidomulyo

Wisata Bunga Sidomulyo
bungaBagi Anda yang senang dengan bunga, tempat wisata yang satu ini sayang jika tidak anda kunjungi, yaitu Wisata Desa Sidomulyo, kecamatan Bumiaji. Wiswata desa ini terletak sekitar 8 Km dari pusat kota Batu.
Sejak zaman Belanda, Desa Sidomulyo sudah terkenal sebagai kawasan bunga, terutama mawar. Karena memiliki udara yang sejuk yang berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut dengan suhu sekitar 18-23 °C.
Begitu memasuki desa Sidomulyo, mata kita akan dimanjakan dengan aneka macam warna warni dan jenis bunga yang harum. Terdapat kurang lebih 1.000 jenis tanaman bunga yang dibudidayakan dan tersebar di tiga dusun (Tinjumoyo, Tonggolari dan Sukorembug) yang jaraknya saling berdekatan. Beberapa bunga yang ada disini adalah Star Blue, Anggrek, Kaktus, Loksinea, lavender dan masih banyak lainnya.
Salah satu bunga yang paling banyak disini adalah mawar. Pengunjung akan menemukan aneka jenis mawar yang cukup populer di kalangan pencinta bunga, seperti Mawar Holland, mawar Lokal dan mawar Candy. Mawar Candy merupakan jenis mawar yang paling dicari dibanding mawar lainnya karena Mawar ini bagaikan batik, dengan warna dasar mawar merah, ada bercak-bercak warna-warni. Selain itu, Mawar Candy bisa bertahan sampai 15 hari. Hal ini tentunya sangat tepat kita kunjungi bulan ini karena bertepatan dengan adanya hari Vallentine.
Di desa ini pengunjung dapat mengetahui bagaimana cara menanam bunga, perawatan bunga, dan tak lupa terdapat pula pasar bunga.

Jawa Timur Park 2
Jawa Timur Park 2 memiliki dua tempat wisata yang cukup menakjubkan, yaitu Museum Satwa dan Batu Secret zoo. Museum Satwa merupakan tempat wisata yang cocok bagi anda dan keluarga yang ingin tahu segala macam jenis satwa di dunia, baik yang masih ada sampai sekarang ataupun yang sudah punah. Karena di Museum Satwa disajikan satwa-satwa awetan dan fosil-fosil purba yang didatangkan dari berbagai benua, seperti benua Amerika, Afrika, Asia, Australia, Eropa, Artik, dan Antartika. Seluruh satwa awetan yang ada diperoleh tidak dengan sengaja diburu tetapi mengawetkan satwa yang telah mati.
Satwa yang diawetkan dapat dinikmati dalam bentuk diorama. Di dalam tiap diorama terdapat satwa beserta habitatnya. Habitat disesuaikan dengan kondisi lingkungan hidup dari satwa tersebut, seperti habitat padang pasir, hutan, daerah salju, dan habitat lainnya. Sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah yang merupakan dari habitat satwa. Terdapat pula diorama ikan dimana berbagai macam ikan dari berbagai belahan dunia dan dalam tempat hidup yang berbeda-beda. Habitat ikan sungai, danau, rawa, laut dangkal sampai habitat ikan laut dalam tersaji nyata.
Museum Satwa juga menyajikan replika satwa purba seperti Apatosaurus, Tyrannosaurus-Rex, Stegosaurus, Mammoth, dan replika satwa purba lainnya.
Bagi pecinta serangga, terdapat zona Insectarium yang memamerkan koleksi ratusan jenis kupu-kupu, kumbang, belalang, laba-laba, dan serangga lainnya dari berbagai Negaratermasuk dari benua Afrika yang kaya akan jenis satwa liar. Melihat jenis-jenis serangga dapat menambah pengetahuan Anda karena tidak semua serangga yang dipamerkan bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Batu Secret Zoo. Wisata ini terletak disamping Museum satwa. Batu Secret Zoo merupakan Kebun Binatang Modern yang berbeda dengan kebun binatang biasa, karena memiliki beraneka macam satwa dari seluruh dunia yang dikemas dan ditata dengan baik.
Tempat wisata ini memiliki berbagai macam Primata, Lemur, Landak, Kasuari, Merak Putih, Ular Phiton, dan berbagai macam burung yang terbang bebas di atas kita yang menjadikan suasana di area ini seperti di alam liar yang sebenarnya.
Terdapat juga zona Aquarium yang berisi berbagai macam jenis binatang air yang dikemas dalam satu area yang lengkap untuk memberikan edukasi dan hiburan. Bagi anda yang ingin melihat pemandangan khas Savannah Afrika, anda dapat menyaksikan berbagai macam binatang Afrika sesuai dengan habitat aslinya di zona Savanah.
Pengunjung juga dapat melihat berbagai macam elang dari berbagai Negara. Selain itu juga dapat melihat berbagai jenis Harimau dan Singa. Terdapat pula patung gorilla berukuran raksasa serta replika perahu Nabi Nuh.