Menikmati Pesona Wisata Yogyakarta

0

aCandi ini ditetapkan Unesco sebagai situs warisan dunia, oleh karena itu nama Prambanan tidak hanya populer di dalam negeri saja.

Pulau Jawa memiliki banyak kawasan-kawasan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Yogyakarta atau Jogja. Kabupaten ini menjadi primadona bagi wisatawan lokal dan mancanegara, karena pesonanya yang sangat unik. Jogja memberikan berbagai kenangan kepada siapa saja yang mengunjunginya, pesona alam, budaya, hingga sejarahnya, sangat luar biasa. Banyak objek wisata Yogya yang menarik untuk dikunjungi, tapi dalam episode leisure dalam negeri kali ini, kami akan ajak Anda untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta, Candi prambanan, Kaliurang, Pantai Parangtritis, serta Malioboro.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di Kota Yogyakarta. Keraton ini merupakan salah satu objek wisata Jogjakarta bernilai sejarah tinggi. Terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, gamelan, dan sebagainya. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawa yang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan, taman sari tempat pemandian Raja, serta paviliun yang luas.

Candi Prambanan atau yang biasa disebut juga dengan candi Loro Jonggrang, lokasinya berada di desa Prambanan, tepatnya berada di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Daerah istimewa Yogyakarta. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia dengan ketinggian 47 meter. Di sekitar Prambanan terdapat museum dan beberapa candi lainnya, museum Prambanan menyimpan aneka batu dan arca yang ditemukan di sekitar candi ini. Prambanan juga menjadi pusat agama Hindu yang ada di Pulau Jawa. Candi ini ditetapkan Unesco sebagai situs warisan dunia, oleh karena itu nama Prambanan tidak hanya populer di dalam negeri saja.

Kaliurang adalah salah satu tempat wisata Jogjakarta yang berada di kaki Gunung Merapi, letaknya 28 km ke arah utara Yogyakarta. Selain untuk berwisata, Kaliurang juga biasa digunakan untuk berkemah, serta tempat untuk melakukan panjat tebing. Ketika cuaca baik, dari tempat ini pengunjung dapat menikmati hijaunya alam pedesaan serta birunya samudera Indonesia. Sebagai objek wisata pegunungan, Kaliurang menawarkan fasilitas akomodasi yang cukup lengkap. Tersedia juga hutan wisata untuk bersantai menikmati pepohonan dan sejuknya udara, bagi Anda yang ingin melepas penat tempat wisata ini sangat cocok sekali.

Parangtritis juga objek wisata yang menarik untuk dikunjungi karena pemandangan pantai yang sangat memukau mata Anda. Suasana pantai yang diselimuti dengan tebing-tebing yang tinggi membuat pengunjung semakin nyaman berada di objek wisata Yogyakarta ini. Terdapat gumuk-gumuk pasir yang unik, pemandangan bentukan pasir ini disebabkan tiupan angin, sehingga menghasilkan bentuk alami yang beragam, mulai dari lingkaran, bukit-bukit, dan banyak lagi.Tersedia hotel dan penginapan yang bisa Anda pilih, meskipun pengunjung dilarang berenang, Pantai Parangtritis tidak kekurangan sarana untuk having fun bersama.

Tak lengkap rasanya bila ke Yogyakarta tanpa mampir ke Jalan Malioboro untuk berbelanja oleh-oleh khas Jogja. Di sepanjang jalan ini dipenuhi oleh pedagang-pedagang yang menjual berbagai cindera mata dan souvenir untuk buah tangan para wisatawan. Mulai wayang kulit, anyaman, batik, hiasan rotan, hingga gantungan kunci, semua bisa didapatkan di tempat ini. Satu hal yang harus diingat, Anda harus pandai menawar bila berbelanja di Malioboro untuk mendapatkan harga yang murah. Bila hari sudah mulai larut malam, giliran para pedagang makanan lesehan yang menggelar aneka masakannya di sepanjang jalan ini.

SHARE
Previous articleResep Kambing Oven
Next articleSoto Ayam Kenari