Menikmati Pesona Wisata Tuban

0

aKetika mulai menjelajah goa, pengunjung disuguhi pesona luar biasa dari stalagtit dan stalagmit yang masih alami.

Tuban merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur, selain memiliki budaya yang unik, tuban juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dalam episode leisure dalam negeri kali ini, Anda akan kami ajak menikmati beberapa objek wisata yang ada di Tuban, yaitu Goa Akbar, Air Terjun Ngelirip, Pantai Boom, Watu Ondo, serta Pemandian Air Panas Prataan. Tuban terkenal dengan julukan Bumi Seribu Goa, karena di Kabupaten ini banyak dijumpai goa yang tersebar di berbagai penjuru daerahnya. Salah satu yang menjadi andalan dan destinasi wisata utama bagi para wisatwan adalah Goa Akbar.

Goa Akbar berlokasi sekitar 100 meter di belakang Pasar Baru Tuban, goa ini memiliki lorong yang panjang dan lebar dengan panorama indah didalamnya. Disalah satu sudut Goa Akbar terdapat beberapa relief yang diantaranya berkisah tentang Walisongo, Ronggolawe, dan sebagainya. Ketika mulai menjelajah goa, pengunjung disuguhi pesona luar biasa dari stalagtit dan stalagmit yang masih alami. Goa ini di aliri sungai, serta terdapat sebuah batu dengan bentuk unik seperti anjing dengan nama Sela Sardula yang berarti batu anjing. Terdapat juga ribuan kelelawar yang berkoloni menghuni goa ini, sehingga goa ini memiliki suasananya cukup unik.

Air Terjun Nglirip atau yang lebih dikenal sebagai Grajagan Nglirip oleh masyarakat sekitar, terletak di Kecamatan Singgahan, kurang lebih 35 Km arah barat daya Kota Tuban. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dengan area yang sangat luas. Selain pemandangan sekitarnya yang begitu indah, bening dan derasnya air terjun ini menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Sumber mata air air terjun ini berasal dari beberapa sumber air di daerah Hutan Krawak yang berjarak sekitar 3 km dari lokasi. Dibalik air terjun terdapat sebuah goa yang cukup besar, suasana di dalam goa juga mempesona setiap pengunjung yang memasukinya.

Pantai Boom merupakan pantai wisata yang berada di pusat Kota Tuban, Pantai Boom resmi dibuka sejak awal tahun 2011. Awalnya pantai ini merupakan sebuah pelabuhan kuno di masa kejayaan Kerajaan Majapahit, namun saat ini telah diubah menjadi tempat wisata yang begitu indah oleh pemerintah setempat. Saat memasuki pintu gerbang Pantai Boom, pengunjung sudah disuguhi karya arsitektur indah berupa relief tentara tar-tar di sebelah kiri gerbang, serta relief Ronggolawe di sebelah kanannya. Pantai ini memiliki sarana yang lengkap sebagai tempat wisata, pengunjung juga bisa memancing dan menikmati indahnya sunset dan sunrise.
Destinasi wisata Watu Ondo yang terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, memiliki keindahan yang luar biasa, objek wisata ini terletak sekitar lima kilometer dari pemandian Bektiharjo. Watu Ondo dalam bahasa Indonesia memiliki arti Tangga Batu, yang berarti tangga yang terbuat dari batu. Pengunjung yang ingin menuju keatas tempat ini harus menaiki sejumlah tangga-tangga yang terbuat dari batu alam. Tempat ini memiliki panorama alam yang indah, di kanan kirinya terdapat tebing-tebing yang menambah indahnya panorama. Karena letaknya yang berada di ketinggian, tempat ini sangat cocok bagi wisatwan yang ingin memacu adrenalin.

Pemandian air panas Prataan berada di kecamatan Parengan, sekitar 45 km arah barat daya kota Tuban. Objek wisata alam ini, menghadirkan kolam air hangat dimana pengunjung dapat bersantai, sambil berendam di air hangat. Air hangat dari sumbernya langsung dialirkan ke bilik-bilik yang tersedia. Setiap bilik sudah dilengkapi dengan pancuran, dan bak untuk berendam. Suhu airnya yang tinggi, dengan kadar belerang yang juga sangat tinggi dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit. Suasana di sekitar sumber air panas masih sangat alami, dimana terdapat hutan-hutan dengan pepohonan yang rindang.