Menikmati Pesona Kabupaten Garut

0

aSelain toko yang menjual kerajinan jaket kulit, wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini juga bisa melihat langsung proses pembuatan jaket kulit.

Garut merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten ini memiliki banyak objek wisata yang unik. Dalam episode leisure dalam negeri kali ini, Anda akan kami ajak berkunjung ke Kabupaten yang identik dengan dodol ini, untuk mengunjungi Gunung Papandayan, Sentra Jakit Kulit, dan Sentra Dodol Garut. Objek pertama yang kami kunjungi adalah Gunung Papandayan, Gunung ini merupakan gunung api yang terletak di Kecamatan Cisurupan. Papandayan memiliki ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut, kawah-kawah yang ada di gunung ini sering dikunjungi oleh para wisatawan, pendaki gunung.
Untuk menuju ke Gunung Papandayan wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum berupa minibus dari kota Garut ke jurusan Cikajang dan turun di belokan di dekat Cisurupan yang menuju ke Gunung Papandayan. Papandayan merupakan bagian dari barisan gunung berapi dengan tipe strato, gunung ini memiliki warna dinding kawah kuning yang khas, karena belerang. Sebuah sungai kecil mengairi tegal alun-alun di atas Gunung Papandayan yang memiliki banyak tumbuhan rawa gunung. Merupakan satu-satunya tempat di Jawa yang diketahui ditumbuhi oleh strawberi liar, yang jarang ditemukan di pulau Jawa.
Medannya yang tidak begitu berat membuat gunung ini tergolong gunung yang bersahabat. Selain itu, kontur tanahnya landai dan terdapat jalur pendakian yang aman, sehingga memudahkan pendaki pemula untuk sampai pada puncak gunung ini.  Dalam perjalanan, pengunjung akan melewati kawah belerang yang masih aktif, disini pengunjung harus berhati-hati, bau gas belerang ini cukup berbahaya. Padang edelweiss di puncak Papandayan merupakan salah satu primadona di gunung ini. Di atas puncak, pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam dengan indah, yang sayang untuk dilewatkan dan diabadikan.

Tempat berikutnya yang kami tuju adalah sentra jaket kulit yang ada di kawasan Sukaregang, Kecamatan Garut Kota. Selama ini Garut memang dikenal sebagai salah satu produsen jaket kulit terbaik di Indonesia. Produk jaket kulit di Garut dihasilkan dari pusat peternakan domba yang tersebar di seluruh Kabupaten Garut. Di kawasan Sukaregang banyak deretan toko-toko yang menjual jaket kulit, mulai jaket laki-laki, perempuan, dewasa dan jaket untuk anak-anak. Jaket Garut juga memiliki desain dan motif beraneka ragam, yang tak kalah dengan jaket-jaket yang ada di luar negeri, karena para pengrajin disini juga mengikuti tren yang ada.

Tidak hanya jaket kulit yang dijual di kawasan Sukaregang ini, ada juga aksesoris berbahan kulit seperti tas, topi, dan sebagainya. Aneka produk buatan Sukaregang baik jaket atau pun aksesoris lainnya 100 persen merupakan kulit asli. Untuk soal harga pengunjung bisa memilih, karena selain murah, harga yang ditawarkan tergantung jenis barang, ketebalan, dan modelnya. Pengunjung juga bisa membeli jaket sesuai dengan pesanan yang di inginkan. Selain toko yang menjual kerajinan jaket kulit, wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini juga bisa melihat langsung proses pembuatan jaket kulit, mulai dari bahan baku hingga menjadi sebuah jaket.

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke Garut, tidak membawa dodol sebagai oleh-oleh khas Garut. Di sepanjang jalan di pusat Kota Garut, banyak terdapat sentra oleh-oleh atau toko-toko yang menyediakan Dodol Garut dengan berbagai pilihan rasa serta beragam ukuran kemasan. Pusat oleh-oleh yang ramai dikunjungi adalah Pasar Ceplak, pasar ini terletak di ruas Jalan Siliwangi. Salah satu sentra pembuatan Dodol Garut yang terkenal berada di jalan Pasundan, tempatnya pun mudah dijangkau oleh para pengunjung dan wisatawan. Disini para pengunjung bisa langsung melihat pembuatan dodol yang memiliki citarasa khas Garut.