Mengangkat Budaya Dengan Kuliner

0

a1Nama Bumbu Desa tentunya tidak asing lagi bagi Anda penikmat dan pecinta kuliner di Surabaya. Bumbu Desa merupakan Restoran khas Sunda yang menyajikan makanan khas Sunda dan mengangkat unsur budaya makanan Sunda, serta menggambarkan budaya tanah sunda. Karena lebih condong membawa budaya, segala bentuknya yang menyelimuti makanan bernuansa tanah sunda, dalam suasana interior, keramah tamahan serta cara menghidangkannya. Bumbu Desa memiliki banyak cabang di Indonesia, bahkan sampai di luar negeri.

Mungkin tidak banyak yang tahu, siapa dibalik kesuksesan Bumbu Desa. Dialah Erwin Endro, Restaurant Manager Bumbu Desa, salah satu orang dibalik kesuksesan Restoran khas tanah Sunda ini. Begitu lulus kuliah, sarjana lulusan fakultas Hukum ini bekerja disalah satu Restoran yang ada di kota Bandung, karena kecintaannya terhadap dunia kuliner. Dia mengawali karirnya sebagai bagian dari back office Restoran, kemudian menjadi Waiter sampai ahirnya menjadi seorang Manager, meskipun pekerjaannya ini tidak sesuai dengan ijasahnya sebagai sarjana Hukum.

a2Keluarga besarnya bergerak dibisnis makanan, hal itulah yang menjadikannya mencintai dunia kuliner, serta prinsipnya bahwa setiap manusia hidup itu butuh makan. Filosofi Bumbu Desa diangkat dari citarasa makanan-makanan yang berasal dari nenek moyang kita, dimana makanan-makanan ini bahan bakunya berangkat dari pedesaan, kemudian lahirlah nama bumbu desa. Kenapa logonya adalah cabe, karena tidak ada yang tidak mengenal cabe, semua orang mengenal cabe, ujar pria yang suka nonton film ini.

Bumbu Desa di Indonesia ada 40 cabang, pertama dibandung tahun 2004, kemudian 2006 di Surabaya dan setelah itu menyebar ke seluruh Indonesia, Malaysia, Singapura dan tahun depan akan membuka cabang di Australia. Menurutnya tidak ada perjalanan yang tidak mengalami masa sulit, karena itu kita harus konsisten, karena kalau kita konsisten semua masalah akan terlewati. Motto hidupnya adalah bekerja dengan hati, untuk mereka yang ingin sukses dibidangnya harus disiplin dan konsisten, sukses itu relatif, dan kita harus belajar sampai kapanpun.

Selain makan, hobinya adalah travelling, memperhatikan budaya kuliner, karena kuliner menggambarkan daerah setempat, perilaku, budaya dan tatanan masyarakatnya. Keluarga dan sahabat sangat mendukung usahanya, ‘kita harus bekerja dengan hati seperti penyanyi, kalau dia menyanyi dengan hati suaranya akan bagus, dan orang akan mendukungnya sebagai penyanyi, sejalan dengan itu, kita juga harus bekerja dengan hati, karena kita akan mendapatkan dukungan yang luar biasa besar’ tegasnya, sambil tersenyum.