Melancong Ke Negeri Tirai Bambu

0

a1

Banyak orang mengatakan, tidak ada tempat lain yang memiliki pemandangan layaknya negeri dongeng, atau kemurnian alam seperti Jiuzhaigou

Untuk episode Leisure luar negeri kali ini, kami akan ajak Anda mengunjungi dan menikmati pesona wisata yang ada di negeri Tirai Bambu. China yang memiliki jumlah penduduk terbesar dan tersebar diseluruh penjuru dunia, ternyata memiliki pesona yang luar biasa. Tidak hanya Tembok Besar China dan Panda, binatang dari negeri ini yang terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia, atau barang-barang produksi negeri ini yang terkenal murah, tapi China juga mempunyai objek-objek wisata yang unik. Kota Terlarang, Museum Tentara Terracotta, Istana Potala, Huanglong, serta Lembah Jiuzhaigou, layak Anda kunjungi jika melancong ke negeri ini.

Kota Terlarang bukanlah merupakan sebuah kota, melainkan sebuah istana megah, dengan luas sekitar 720 ribu m2, yang terdiri dari kurang lebih 980 bangunan dan 8.700 ruangan, sehingga tampak seperti sebuah kota kecil. Bangunan ini disebut sebagai Kota Terlarang, karena selama hampir 500 tahun, ketika pemerintahan Dinasti Ming hingga Qing, komplek istana ini tertutup untuk umum. Warna merah dan emas, serta ukiran khas China mendominasi arsitekural bangunan-bangunan dalam istana. Istana ini juga memiliki bangunan-bangunan utama yang masih kokoh dan megah, serta tata letak ruangan yang begitu detail.

Museum Tentara Terracotta merupakan museum dengan koleksi lebih dari 8.000 patung berbentuk tokoh prajurit dan kuda, dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin, Qin Shi Huang. Patung terracotta merupakan salah satu hasil karya menakjubkan yang dibuat pada tahun 210-209 SM. Meskipun hanya patung, namun benda-benda bersejarah yang ada di dalam museum ini dibuat satu per satu, dan hampir menyerupai aslinya. Patung unik itu dibuat untuk melindungi kaisar di alam baka. Detail wajah dan pakaian patung tentara ini begitu rinci, sehingga daerah asal masing-masih tentara bisa diketahui.

Istana Potala terletak di Bukit Merah, pusat kota Lhasa daerah otonom Tibet Tiongkok. Istana yang besar dan megah ini, dibangun mengikuti topografi bukit dan dijuluki sebagai “mutiara di atap dunia”. Istana Potala adalah karya representatif arsitektur etnis Tibet yang brilian, juga salah satu bangunan zaman kuno yang paling terkenal di Tiongkok. Istana Potala adalah tempat kegiatan politik, agama dan tempat tinggal Dalai Lama Tibet dari masa ke masa. Istana Potala bertingkat 13 tingginya mencapai 110 meter, berstruktur batu dan kayu. Tembok istana terbuat dari batu granit. Di dalam tembok luar diisi cairan besi untuk meningkatkan keutuhan seluruh bangunan dan daya tahan terhadap gempa bumi.

a2Huanglong merupakan lembah yang terletak di puncak gunung yang tertutup salju. Lembah Huanglong terletak di sebelah barat-utara Provinsi Sichuan, lembah ini memiliki pemandangan yang indah, ekosistem hutan yang beragam, formasi batu gamping yang spektakuler, serta air terjun dan sumber air panas. Huanglong memiliki beberapa spesies satwa mamalia yang terancam punah, termasuk spesies terkemuka seperti panda raksasa, monyet berhidung pesek emas, beruang coklat hitam Asia, macan tutul, kucing Pallas, anjing liar Asiatic, panda kecil, argali, serta tiga jenis rusa, yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

Jiuzhaigou adalah taman nasional suaka alam di Sichuan, tepatnya di daerah Nanping, sekitar 450 km arah utara dari Kota Chengdu. Dalam Bahasa Inggris tercatat dengan nama Jiuzhaigou Valley Scenic and Historic Interest Area di Situs Warisan UNESCO. Jiuzhaigou memiliki luas 72.000 hektar dan ketinggian 4.800 meter, serta beragam ekosistem hutan. Taman ini juga merupakan tempat tinggal sekitar 140 spesies burung, tanaman dan binatang langka seperti Panda. Banyak orang mengatakan, tidak ada tempat lain yang memiliki pemandangan layaknya negeri dongeng, atau kemurnian alam seperti Jiuzhaigou