Lorjuk Makanan Bercitarasa Tinggi

0

b1Lorjuk atau Kerang bamboo berbentuk kecil panjang yang biasa hidup di pesisir pantai yang berlumpur. Biota yang termasuk ordo Veneroida ini memiliki cangkang berwarna kecoklatan. Bagian cangkang yang agak putih dilengkapi garis-garis coklat kehijauan, membuat biota ini sekilas mirip dengan bilah bambu. Untuk mendapatkan kerang bambu ini biasanya masyarakat pesisir memanfaatkan laut saat surut. Kemudian mereka berburu lorjuk yang terjebak dalam sedimen laut dengan menggunakan peralatan yang sederhana.

Mengolah lorjuk menjadi sebuah makanan memerlukan beberapa proses yang unik dalam pengolahannya. Setelah digoreng, daging kerang bambu ini bisa dijadikan makanan pelengkap yang memiliki citarasa tinggi. Di Madura lorjuk, identik dengan rengginang, karena di pulau ini rengginang di taburi daging lorjuk, sebagai pelengkap rasanya, sehingga tak jarang jika bepergian ke Madura, lorjuk dan rengginang lorjuk menjadi oleh-oleh yang paling favorit. Selain rengginang petis lorjuk juga sangat diminati.

Lorjuk goreng cukup digemari, harganya pun cukup mahal, bisa mencapai 200 ribu per kilogramnya di saat musim panceklik. Lorjuk merupakan sumber protein yang sangat bagus dan memiliki nilai biologis yang tinggi. Jika Anda pecinta dan penikmat kuliner, Anda patut mencoba sensasi citarasa makanan khas Madura yang satu ini.