LAWATAN HEMAT KE ‘BIG APPLE’ (Bagian 1)

0

20Sebagai salah satu kota besar paling metropolis sedunia, New York terkenal akan keindahan pemandangan kota yang dipenuhi gedung-gedung griya tawang, apalagi ketika malam tiba. Disamping itu, harus diakui bahwa biaya hidup di kota yang dijuluki ‘The Big Apple’ ini memang tergolong tidak murah. Namun demikian, hal ini bukan berarti bahwa kita tidak bisa menikmati kota berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa ini secara maksimal dengan biaya minimal.

Agung Basuki (pemilik situs TravelHemat.com & TravelHematShop.com) memberikan serangkaian tips jalan-jalan hemat yang bisa diterapkan jika Anda berencana melakukan kunjungan ke kota multibudaya ini tanpa harus menguras habis isi kantong Anda. Meski sampai saat ini belum ada penerbangan berbasis low-fare yang mampu melakukan perjalanan antar benua (misalnya dari Asia ke Amerika), setidaknya ketika Anda sudah tiba di Amerika (di kota manapun), ada cukup banyak penawaran penerbangan berbasis low-fare lokal yang bisa membawa Anda ke salah satu kota terbesar dan tersibuk di Amerika ini.

Salah satu yang bisa saya rekomendasikan adalah JetBlue (www.jetblue.com) yang masuk dalam kategori lowfare airlines untuk penerbangan dari Florida, California dan daerah Northeast dengan tujuan New York dengan harga tiket sekali jalan mulai USD 39 (belum termasuk pajak dan biaya administrasi lainnya). New York memiliki tiga bandara utama, yakni La Guardia (LGA), John F Kennedy (JFK) dan Newark International (EWR). Sebisa mungkin, hindari terbang dari atau ke La Guardia karena saking sibuknya lalu lintas udara di bandara ini, sering terjadi penundaan keberangkatan dan kedatangan minimal 15 menit.

JFK boleh dibilang memiliki sistem yang lebih efisien, namun lantaran sedang direnovasi besar-besaran (setidaknya sampai saat tulisan ini ditulis) untuk pembangunan fasilitas infrastrukturnya, banyak penumpang yang kebingungan saat berada di dalam ruang tunggu airport dari atau ke terminal masing-masing maskapai. EWR berjarak 15 mil dari JFK dan beberapa maskapai berbasis low-fare lebih memilih untuk berangkat atau datang di bandara ini. Lantaran letaknya yang agak jauh di luar kota, maka perhitungkan waktu Anda dengan seksama dan sediakan cukup uang untuk membayar biaya jalan tol. 21

Rule #1: Avoid taking a cab ! Mahal ! Ongkos taksi dari EWR ke Manhattan berkisar pada U$ 34-55, sementara dari JFK minimal Anda harus siap merogoh kocek U$ 30. Sedangkan dari LGA ke Manhattan, siapkan duit U$ 22-30. Biaya di atas belum termasuk membayar jalan tol dan tip untuk pengemudi taksi (berkisar 15% dari total biaya yang tertera di argo). Untuk pilihan transportasi yang lebih murah ke daerah pusat kota Manhattan (daerah East, West dan Penn Station), tersedia Port Authority’s Airport Express Buses dengan biaya U$ 12-15/orang sekali jalan (beroperasi mulai jam 06.30 – 23.30).

Pilihan transportasi lainnya yang lebih murah adalah menggunakan MTA (transportasi gabungan antara bus dan subway) dengan tarif U$ 2/orang sekali jalan. Peta transportasi umum bisa didapatkan secara gratis di masing-masing bandara, atau untuk menghemat waktu, kunjungi stand Information Centre yang terletak di lobi kedatangan.

Jika Anda berpikir bisa lebih leluasa dan lebih hemat berkeliling kota dengan menyewa mobil, sebaiknya ide ini dilupakan saja karena daerah pusat kota New York, tepatnya di daerah Manhattan terkenal sangat padat dan jalanan macet sudah menjadi pemandangan biasa. Belum juga masalah menemukan lahan parkir yang sangat sulit dan ongkos perjamnya yang mahal sekali. Apabila Anda lupa memperpanjang masa ‘sewa’ lahan parkir, maka bersiaplah untuk melihat mobil Anda diderek dan Anda harus membayar denda yang jumlahnya besar sekali.

22Alternatifnya, cobalah menggunakan MTA (subway atau kereta bawah tanah) yang menghubungkan ke hampir seluruh titik penting di penjuru kota. Untuk satu kali jalan, tiketnya U$ 2. Namun kalau Anda berencana untuk sering menggunakan transportasi publik, lebih baik untuk membeli The Fun Pass seharga U$ 7 untuk unlimited travel sehari penuh (berlaku sampai jam 03.00 hari berikutnya).

Jika Anda terpaksa harus menumpang taksi, ingat selalu bahwa armada taksi resmi di Manhattan selalu berwarna kuning terang. If it’s not Yellow, it’s not a Cab. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat angka kriminalitas terhitung cukup tinggi di kota terbesar di Amrik ini. Untuk ongkos ‘buka pintu’ siapkan sejumlah U$ 2, dan untuk setiap ¼ mil perjalanan, argometer akan naik 30 cent dollar.