Eksotisme Wisata Kabupaten Lamongan

0

wblBagi Backpacker atau Anda yang suka berkunjung ke tempat-tempat wisata dan mencari tempat-tempat yang memiliki pesona alam yang indah di Jawa Timur, tentunya tidaklah sulit. Banyak tempat-tempat wisata yang di tawarkan oleh daerah-daerah yang ada di Jawa Timur, untuk sekedar berekreasi atau melepas penat di ahir pekan. Dalam edisi kali ini Iklan Pos berkunjung ke Kabupaten Lamongan, di Lamongan ini banyak sekali objek wisata yang bisa kita kunjungi, yang menawarkan banyak fasilitas dan pesona alam yang luar biasa.

Lamongan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pantai utara Provinsi Jawa Timur. Sebagian kawasan pesisirnya berupa perbukitan, yang merupakan kelanjutan dari rangkaian Pegunungan Kapur Utara. Di bagian tengah terdapat dataran rendah yang bergelombang, dan sebagian tanahnya berawa. Di bagian selatan terdapat pegunungan, yang merupakan ujung timur dari Pegunungan Kendeng. Dibagian utara dilintasi oleh aliran sungai Bengawan Solo. Kabupaten Lamongan adalah termasuk jalur utama pantai utara Pulau Jawa (pantura) yang menghubungkan Jakarta-Surabaya, bahkan sepanjang pesisir jalan ini melewati Kecamatan Paciran, Kabupaten lamongan, yang memiliki banyak tempat pariwisata.
Lamongan memiliki sejumlah obyek wisata menarik. Di daerah pantai terdapat obyek wisata Monumen Van der Wijck, Waduk Gondang, Pantai Tanjung Kodok, dan Wisata Bahari Lamongan. Gua Maharani terletak di Kecamatan Paciran, di tepi jalur utama pantura atau jalan Raya Daendels dengan sebutan jalan Anyer – Panarukan. Kawasan ini merupakan daerah gua kapur yang sangat indah, Tak jauh dari Gua Maharani, terdapat makam Sunan Drajat dan makam Sunan Sendang Duwur, yakni penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Kedua makam tersebut memiliki arsitektur yang sangat dipengaruhi oleh Kerajaan Majapahit, tak jauh dari kompleks makam tersebut terdapat Museum Sunan Drajat.
Wisata Bahari Lamongan atau disingkat WBL, adalah tempat wisata bahari yang terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten lamongan, jawa Timur. Obyek wisata ini berada di jalur pantura Surabaya-Tuban, serta berada satu area dengan sejumlah obyek wisata andalan di Jawa Timur, seperti Gua Maharani, Makam dan Museum Sunan Drajat, Makam Sunan Sendang Duwur, dan Tanjung Kodok Resort.
WBL merupakan penyeimbang terhadap beberapa tempat wisata yang telah ada sebelumnya seperti Tanjung Kodok dan Gua Maharani. Dahulu masyarakat merasa masih asing kalau mendengar nama Pantai Tanjung Kodok dan Gua Maharani. Kedua objek wisata yang terdapat di kabupaten Lamongan ini sebelumnya tak begitu dikenal penghobi wisata. Kalaupun ada yang sudah pernah kesana, mereka hanya singgah sebentar di dua obyek tersebut. Sekilas melihat batu berbentuk seperti kodok yang menjadi trade mark dari pantai itu dan berjalan sebentar mengelilingi Gua Maharani.
Minimnya fasilitas membuat para wisatawan hanya sambil lalu saja saat berkunjung kesana. Namun sekarang tak lagi seperti itu, bisa dibilang apa yang dilakukan Pemkab Lamongan dengan menyulap dua obyek itu menjadi kawasan wisata terpadu Wisata Bahari Lamongan (WBL) sungguh terobosan luar biasa. Saat ini Wisata Bahari Lamongan diperluas hingga mencakup Goa Maharani. Dimana Goa Maharani sekarang tidak hanya menjadi tempat wisata goa saja, tetapi telah dikembangkan sebagai tempat rekreasi kebun binatang (Zoo), yang telah memiliki banyak koleksi binatang, sehingga Goa Maharani sekarang telah berubah nama menjadi Maharani Zoo & Goa.
Wahana rekreasi yang memanfaatkan potensi dari Pantai Tanjung Kodok menjadi begitu menariknya. Tidak hanya memanfaatkan lokasi pantai, tapi benar-benar melibatkan pantai sebagai salah satu wahananya. Salah satu alternatif menarik bagi kita, terutama yang suka sekali dengan pantai, Wisata Bahari Lamongan (WBL) menjawab semua keinginan kita.

WBL-2
Antara kawasan wisata Tanjung Kodok dan Goa Maharani disatukan dalam satu paket wisata bahari. Sebagai sarana penghubung, pengunjung bisa memanfaatkan kereta gantung, sebuah jaringan kereta gantung pertama di Jawa Timur. Sebuah kolam renang yang cukup luas lengkap dengan permainan air tersedia juga disini, siap menghibur pengunjung untuk berenang maupun sekedar bermain air. Pasir pantai yang berbutir halus dan berwarna putih kecoklatan juga bisa digunakan untuk berbagai permainan maupun olahraga pantai.
Dibagian luar, berbagai tempat belanja khas oleh-oleh Jawa Timur dalam bentuk souvenir shop juga telah disediakan, termasuk juga pasar ikan, buah dan sayur, serta pasar hidangan, yang dibuka mulai pukul 09:00 WIB hingga pukul 21:00 WIB. Lokasi wisata WBL bisa ditempuh dengan kendaraan jenis apa pun. Area parkir mobil yang ada cukup luas, siap menampung berbagai jenis kendaraan yang hendak datang berkunjung, karena letaknya tepat di pinggir Jalan Raya Daendels, Desa Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, tepatnya satu jam perjalanan arah utara kota Lamongan, dan satu setengah jam arah barat kota Surabaya.
Bagi Anda yang ingin bermalam, disana sudah ada beberapa hotel dan resort yang sudah siap menyambut kedatangan anda. Dari kamar hotel, para tamu dapat menikmati pemandangan pantai serta laut yang sangat indah, ditambah bebatuan karang dan goa alam yang mempesona. Anda juga dapat menyaksikan matahari tenggelam di laut, kuning kemerah-merahan, ditemani deburan ombak laut utara pulau Jawa, dan tidak lama kemudian ketika malam tiba, pemandangan laut menjadi menarik dengan hiasan lampu-lampu dari perahu nelayan yang sedang mencari ikan. Di pagi hari, aktifitas para nelayan memancing dan menjala ikan masih juga bisa kita nikmati.
Daerah wisata yang bertempat di Jalan Raya Daendels (Pantura) itu kini mulai terkenal sampai ke luar Lamongan, bahkan hingga ke luar Propinsi Jawa Timur. Kini, tempat itu menjadi salah satu katalog agenda wisata keluarga Jatim.