Eksotika Objek Wisata Meksiko

0

aCenote Ik Kil adalah sebuah sumur raksasa peninggalan suku Maya di Meksiko, dahulu mereka mempercayai tempat ini sebagai gerbang menuju akhirat.

Dalam episode Leisure luar negeri kali ini, Anda akan kami ajak menikmati eksotika objek-objek wisata yang ada di Meksiko. Sebagai Negara terbesar ketiga di Amerika Latin, Meksiko memiliki objek-objek wisata yang eksotis dan sangat menarik untuk dikunjungi. Selama hampir 3.000 tahun, Meksiko menjadi tempat beberapa peradaban maju seperti peradaban Amerindian, Maya dan Aztec. Oleh karena itu, Meksiko juga menjadi salah satu favorit bagi para pelancong di seuruh dunia. Destinasi-destinasi wisata kali ini yang akan kami kunjungi yaitu Situs Teotihuacan, Museum Bawah Air Cancun, Kota Tula, Cenote Ik Kil, serta Hutan Lindung Cuixmala.

a2Teotihuacan merupakan sebuah situs kuno yang terletak di lembah Teotihuacan, berjarak hanya 30 mil dari Mexico City. Teotihuacan memiliki arti Kota Para Dewa atau tempat dimana manusia menjadi dewa. Meskipun para arkeolog telah lama terpesona dengan situs ini, namun budaya maupun sejarah Teotihuacan sebagian besar masih menjadi misteri. Peradaban ini meninggalkan reruntuhan bangunan dan piramida dalam jumlah besar, selain Piramida juga terdapat istana serta kuil-kuil. Tak ada teks tertulis dari Teotihuacan yang tersisa, tetapi penyebutan Teotihuacan dapat diketahui dari teks di situs Maya, yang menunjukkan pemimpin Teotihuacan sebagai pengembara.
Salah satu wilayah yang merupakan tempat peradaban kuno terbesar Meksiko, adalah kota Tollan atau Tula. Tula menyimpan banyak patung-patung Atlantean yang merupakan bagian dari situs arkeologis kota tersebut. Patung-patung tersebut menjadi bukti jika Tula menjadi salah satu tempat peradaban terbesar. Saat ini, reruntuhan situs arkeologi terkonsentrasi di dua cluster ujung-ujung punggung bukit. Reruntuhan yang masih tersisa saat ini meliputi istana, lapangan, serta 3 candi yang berbentuk seperti piramida terpotong. Di kuil terbesar terdapat patung setinggi 4,6 m yang tersusun berkolom berbentuk sosok manusia yang disebut Antlatean atau Los Antlatis.

Cenote Ik Kil adalah sebuah sumur raksasa peninggalan suku Maya di Meksiko, dahulu mereka mempercayai tempat ini sebagai gerbang menuju akhirat. Letaknya tidak jauh dari Chichen Itza yang merupakan piramida suku Maya di Valladolid, semenanjung Yucatan, Meksiko. Dalam bahasa Maya, ‘cenote’ berarti sumur, dimana tempat ini memang terlihat seperti sumur raksasa. Permukaan airnya berada sekitar 25 meter dari permukaan tanah, diameternya sekitar 60 meter dengan kedalaman sekitar 35 meter. Indahnya Ik Kil Cenote mungkin bisa membuat siapapun terlupa, dengan mitos dan sederet kisah ngeri tumbal dewa hujan yang terjadi di tempat ini.

a3The Mexican Caribbean merupakan salah satu perairan paling indah dan jelas di dunia, yang menjadi tempat bagi salah satu museum bawah laut terbesar di planet ini, terletak di daerah Cancun, Quintana Roo, Meksiko. Di museum ini pengunjung bisa melihat ratusan koleksi patung-patung seukuran manusia asli di kedalaman antara tiga sampai enam meter. Para seniman di balik museum ini menawarkan pemandangan kontemporer dan budaya orang-orang Maya yang telah berevolusi. Selain untuk memamerkan karya seni patung yang ditenggelamkan ke dalam laut, museum ini membantu konservasi karang alami yang juga dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Jika Anda ingin melihat pesona alam Meksiko yang begitu indah, Cuixmala adalah salah satu tempat yang bisa menjadi jujukan. Destinasi wisata ini berada di tepi Pantai Costalegre, dikelilingi oleh vegetasi yang subur, laguna, flora dan fauna, serta vila-vila mewah. Cuixmala sebenarnya merupakan kawasan hutan lindung, total luas areanya sekitar 131,42 kilometer persegi dan didominasi oleh topografi yang berbukit. Terdapat 1.200 jenis tanaman, 270 burung, 70 mamalia, 68 reptil, 19 amfibi dan ribuan jenis serangga serta invertebrata. Di sana juga menjadi habitat bagi spesies yang terancam punah, seperti Penyu, Buaya dan Puma.