Eksotika Masjid Arab Saudi

0

a1Menurut sejarahnya, dahulu sebelum menghadap Ka’bah kiblat umat Islam menghadap Baitul Maqdis di Yerussalem.

Dalam episode leisure luar negeri kali ini, Anda kami ajak menikmati pesona eksotika masjid-masjid yang ada di Arab Saudi. Arab Saudi atau Kerajaan Arab Saudi adalah negara Arab yang terletak di Jazirah Arab, dikenal sebagai Negara kelahiran Nabi Muhammad SAW serta tumbuh dan berkembangnya agama Islam. Berkunjung ke Tanah Suci Mekah dan Madinah yang ada di Arab Saudi terasa spesial bagi umat Muslim, baik saat menjalankan ibadah haji atau umroh. Ada beberapa masjid di negeri ini yang memiliki sejarah unik, masjid-masjid itu diantaranya Masjid Al Ijabah, Masjid Qiblatain, Masjid Al Jin, Masjid Pohon, dan Masjid Ja’ronah.

a5Masjid Al Ijabah terletak di Jalan Malik Fahd, Madinah. Menurut sejarah, dahulu di masjid ini Rasullah SAW pernah berdoa kepada Allah yang terkait dengan nasib umat, dan kemudian doanya dikabulkan atau diijabah. Karena sejarah itulah, masjid seluas kurang lebih 1.000 meter persegi ini bernama Ijabah. Karena sejarah ini, banyak umat Muslim yang berkunjung ke Tanah Suci, selalu menyempatkan diri mengunjungi masjid ini untuk shalat dan berdoa agar keinginannya juga dikabulkan. Jika Anda memiliki kesempatan berkunjung ke Tanah Suci, Anda juga bisa menyempatkan berkunjung ke masjid ini yang berada di wilayah Madinah.

Masjid Qiblatain yang berada di Jalan Khalid bin Al Walid kota Madinah ini, memiliki dua mimbar imam shalat. Menurut sejarahnya, dahulu sebelum menghadap Ka’bah kiblat umat Islam menghadap Baitul Maqdis di Yerussalem. Kemudian, di masjid inilah untuk pertama kalinya arah kiblat diputar menjadi ke arah Ka’bah. Saat itu diceritakan Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Allah untuk memutar arah kiblat dari Baitul Maqdis ke arah Ka’bah yang ada di kota Mekah. Untuk mengenang perubahan arah kiblat, maka masjid ini pun diberi nama dengan Masjid Qiblatain. Mimbar imam ketika shalat menghadap Baitul Maqdis saat ini juga masih ada disana.

a4Masjid Al Jin atau Masjid Jin adalah sebuah masjid yang terletak di Kampung Ma’la, Kota Mekah. Penamaan masjid ini erat kaitannya dengan suatu peristiwa yang sangat langka dan penting, berkaitan dengan bangsa jin dan dakwah Islam. Peristiwa yang dimaksud adalah masuknya sejumlah Jin kedalam agama Islam di masjid tersebut setelah mendengar dan menghayati lantunan ayat-ayat suci Al Quran yang dibacakan oleh Nabi Muhammad SAW. Saat itu para jin berbaiat atau berjanji setia untuk beriman kepada Allah, mengikuti ajaran Islam. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Al-Bai’ah, tempat para jin melakukan baiat.

Masjid Syajarah atau Masjid Pohon adalah sebuah masjid yang letaknya tidak jauh dari Masjid Jin. Dalam sejarah Islam, Rasulullah SAW pernah berhadapan langsung dengan para jin kafir di masjid ini. Saat itu para jin sengaja datang untuk bertemu Rasulullah, mereka mempertanyakan dan meminta bukti atas kerasulan Rasulullah SAW. Sebagai pembuktian, Rasulullah pun memanggil sebuah pohon yang berada tak jauh dari masjid untuk datang menghampiri mereka. Atas izin Allah, pohon yang dipanggil tercabut dari tanah dan datang menghampiri. Melihat kejadian ini, mereka akhirnya mengakui kerasulan Nabi Muhammad SAW dan memeluk Islam.

a3Masjid Ji’ranah adalah salah satu lokasi para jamaah haji mengambil miqat, yang merupakan titik awal para jamaah berniat melakukan ibadah haji. Di masjid ini terdapat sebuah sumur yang memiliki hubungan sejarah dengan Rasulullah SAW. Menurut sejarah, Ji’ranah pernah dikunjungi Rasulullah bersama pejuang Islam lainnya setelah Perang Hunain. Karena persediaan air habis dan ditempat tersebut tidak ditemukan sumber air, maka Rasulullah pun menancapkan tongkatnya dan keluarlah air yang rasanya sangat tawar. Masjid Ji’ranah banyak dikenal oleh umat muslim, yang pernah berkunjung ke Tanah Suci melakukan ibadah haji dan umroh.