Cara Mencabut Duri Ikan Bandeng

0

a1Untuk mencabut dengan cara atau teknik yang baik kita memerlukan 2 buah serbet atau lap, pinset pencabut bulu, serta pisau yang tajam. Pertama-tama hilangkan dulu sisik bandeng, karena kalau durinya sudah hilang, malah susah membersihkan sisiknya. Buat tirisan di punggung bandeng, tapi jangan sampai terlalu dalam nanti malah ada beberapa duri yang terpotong. Cukup disayat punggung denganĀ arah sayatan dari ekor ke kepala.

Sayat sedikit di ekornya agak ke dalam, mengikuti arah duri. Yang penting duri di ekor udah kelihatan dan bisa dijadikan pegangan. Setelah itu pegang ekor dan kepalanya, tarik perlahan-lahan ke arah ekor, hingga terdengar bunyi tulang yang patah. Duri bandeng akan dengan sendirinya tercabut hampir seluruhnya.

Sayatan punggung tadi bisa diteruskan lebih ke dalam hingga bandeng terbelah, kemudian bersihkan kotorannya. Gunakan pinset untuk menghabisi duri-duri halus yang masih tersisa. Sebenarnya kalau digoreng duri-duri tersebut akan hancur, tapi memang lebih memanjakan mulut kalau betul-betul bersih. Biasanya ada sekitar 16 pasang duri halus yang tersisa.