Berlibur Menikmati Eksotika Karimunjawa

0

aBagi yang tertarik dengan Wreck Diving, didasar perairan dekat Pulau Kemujan terbaring bangkai kapal Panama Indono yang tenggelam pada tahun 1955.

Karimunjawa merupakan kepulauan di Laut Jawa yang berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, dengan 5 pulau berpenghuni dan 22 pulau yang tidak berpenghuni, selain udara yang masih bersih penduduknya juga begitu ramah. Keindahan Karimunjawa seperti Karibia, Belanda pernah memberikan julukan kepulauan ini sebagai Caribbean Van Java. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, diantaranya adalah 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang masih menghuni kepulauan ini adalah Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau.

Jernihnya air laut adalah hal yang pertama kali menarik perhatian pengunjung ketika tiba di Kepulauan Karimunjawa. Snorkeling menikmati terumbu karang beraneka bentuk dan warna, serta ikan-ikan karang cantik, adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan. Pulau Tengah, Pulau Cemara Besar, Pulau Menjangan Kecil, dan Pulau Cilik yang ada di kepulauan ini, memiliki spot-spot snorkeling yang banyak dikunjungi. Jika beruntung, pengunjung akan bertemu dengan ikan-ikan badut lucu yang meroket namanya setelah menjadi tokoh utama dalam film animasi Finding Nemo. Keindahan bawah laut Karimunjawa selalu memukau setiap wisatawan yang berkunjung.

Sebagian besar pulau, misalnya Pulau Cemara Besar, dikelilingi oleh perairan laut dangkal berarus tenang dengan dasar pasir putih yang lembut. Sementara Pulau Menjangan Besar memberikan tantangan tersendiri dengan menawarkan kesempatan berenang bersama ikan hiu. Bila Anda ingin lebih lama bercengkerama, menyelam adalah pilihan yang paling tepat. Bagi yang tertarik dengan Wreck Diving, didasar perairan dekat Pulau Kemujan terbaring bangkai kapal Panama Indono yang tenggelam pada tahun 1955. Kapal ini menjadi tempat bagi terumbu karang dan ikan-ikan karangnya, Anda juga akan bertemu Penyu Sisik dan Penyu Hijau jika sedang beruntung.

Pulau-pulau eksotik di Karimunjawa dibingkai oleh pantai-pantai indah berpasir putih lembut yang luar biasa mempesona. Berjalan menyusuri garis pantai yang memanjang, mengelilingi pulau-pulau yang ada menikmati keindahannya akan menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan. Selain bertaburan dengan pulau eksotik dan pantai menawan, Karimunjawa juga dihiasi oleh barisan perbukitan dengan Gunung Gajah sebagai puncak tertingginya. Barisan perbukitan ini adalah hutan hujan tropis dataran rendah yang menawarkan jalur trekking atau hiking yang cukup menantang, bagi para pengunjung atau wisatawan-wisatawan yang suka berpetualang.

Tempat ini juga merupakan spot yang tepat untuk menanti saat-saat terbitnya matahari dari puncak bukit, atau mengintip berbagai hewan seperti rusa, burung, dan monyet ekor panjang. Kehidupan warga desa nelayan yang sederhana dan bersahaja, menyambut setiap pengunjung dengan ramah. Dengan menyewa sepeda, Anda bisa berkeliling pulau untuk melihat suasana yang ada lebih dekat. Camping menjadi alternatif untuk merasakan suasana lebih dekat dengan alam, pilihan ini juga lebih ekonomis untuk budget para traveler. Kawasan perkemahan di hutan hujan tropis perbukitan Karimunjawa, memiliki spot-spot untuk mendirikan tenda bagi para wisatawan.

Mengakhiri hari panjang yang cerah dengan duduk di pantai menikmati pergantian sore menjadi senja saat berlibur, akan membuat liburan Anda semakin sempurna. Tak hanya pantai, dermaga mainland, Karimunjawa juga menyajikan keindahan sunset yang luar biasa. Karimunjawa juga merupakan tempat yang asyik bagi para penggemar fotografi. Landscape menawan, pantai-pantai eksotik, sunset indah, biota laut cantik, dan masyarakat yang bersahaja, sangat sayang untuk tidak diabadikan dalam lensa kamera. Jangan lupa membawa underwater camera untuk mengabadikan kecantikan biota lautnya. Segera agendakan liburan Anda, untuk dapat menikmati eksotika Karimunjawa.