Wanita Dibalik Lezatnya Cocofrio




1bBagi Anda warga Surabaya yang suka dengan Ice Cream atau Frozen Dessert, tentulah tau atau sudah akrab dengan nama Cocofrio. Cocofrio adalah Kafe Frozen Dessert, yang menawarkan berbagai macam Ice Cream, Gelato, Frozen Yogurt dan Es Puter. Cocofrio berdiri sejak tahun 1999, tepatnya di jalan Darmawangsa 113 A Surabaya, yang masih buka hingga sekarang, dan saat ini Cocofrio sudah mempunyai lima cabang yang tersebar dibeberapa tempat di kota Surabaya.

Mungkin sebagian dari kita tidak banyak yang tahu, siapa dibalik kesuksesan Cocofrio saat ini, Dialah Ibu Deborah, owner sekaligus manager dari Cocofrio, menurut Deborah usaha ini merupakan bisnis keluarga, yang berawal dari usaha kedua orang tuanya. Bapaknya berbisnis sepeda motor dan mejadi main dealer penjualan sepeda motor se-Jawa timur, sedangkan Ibunya membuka usaha penjualan sadel sepeda motor, keduanya saling support dalam menjalankan bisnisnya.

Ketika waktu berjalan, banyak bermunculan kompetiter dengan usaha dan bisnis yang dijalankan oleh ibunya, ahirnya ibunya mencoba peluang membuka usaha baru, yang disesuaikan dengan hobinya, yaitu membuat Es Krim. Usaha pembuatan dan penjualan Es Krim ini awalnya hanya dilakukan dirumah, ahirnya ditekuni secara serius dan dikembangkan, sehingga menjadi seperti sekarang, tutur sarjana lulusan Bachelor Of Fine Art, Columbus College Of Art & Design, Amerika ini, yang lulus tahun 2001.

Menurut wanita yang hobi travelling dan suka akan budaya ini, nama Cocofrio sendiri diberikan oleh adik ibunya, yang menikah dengan orang Nikaragua, dimana dinegara yang mereka tinggal, orang-orangnya menyukai es degan atau Cocofrio, dan ahirnya nama Cocofrio diambil menjadi nama produk dan usaha yang dijalankannya sampai sekarang. Karena background yang Dia punya sebagai desain grafis, maka logo dari Cocofrio dibuatnya sendiri, selain mengelola manajemen Cocofrio, dia juga piawai dalam membuat formula dan meracik bahan-bahan pembuatan produknya.

Setelah selesai kuliah pada tahun 2001, Dia langsung bergabung dengan Cocofrio, menjalankan pekerjaan dari bawah, mulai menjadi waiter sampai ahirnya menjadi seperti sekarang. Motto hidupnya adalah mendengarkan, memahami, dan merealisasikan, bagi seseorang yang ingin sukses, haruslah mendengarkan nasihat orang tua, belajar dengan berbagai media yang ada, membangun banyak relasi serta konsisten dengan apa yang kita lakukan, tegas wanita yang lahir di Surabaya, 34 tahun yang lalu ini.

Saat ini Dia mempunyai 30 orang karyawan, kedepan Dia ingin mengembangkan usahanya, membuka cabang diluar kota, dan bercita-cita Cocofrio disetiap cabang memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri, dari sisi penampilan dan layanan. Dia juga berharap, kedepan kinerja dan kualitas kerja bisa lebih baik “prinsip saya bekerja kalo kayak gini lebih melatih anak-anak (karyawan) dan pribadi juga, jadi saya tidak keberatan anak-anak masuk menimba ilmu, terus keluar membuka usaha sendiri dan sukses, saya juga ikut senang”.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*