Pulau Lengkuas

0

Kesuksesan film Laskar Pelangi ternyata memberi banyak keuntungan untuk Bangka Belitung. Apalagi kalau bukan keindahan alamnya yang menjadi lokasi syuting dan mulai menjadi sorotan wisatawan domestic maupun mancanegara.
Salah satunya adalah Pulau Lengkuas. Pulau ini merupakan satu dari ratusan pulau yang mengelilingi Pulau Belitung. Daya tarik utamanya adalah mercusuar tua yang dibangun pemerintah Belanda pada tahun 1882. Sampai sekarang, mercusuar itu masih berfungsi sebagai pengatur lalu lintas kapal yang lewat atau keluar masuk Pulau Belitung.
Pengunjung bisa masuk ke menara setinggi 70 meter ini secara gratis. Alas kaki tidak boleh dipakai dan total ada 18 lantai yang harus didaki. Meski melelahkan, tapi perjuangan untuk sampai ke puncak mercusuar mendapat imbalan setimpal. Pengunjung bisa menikmati pemandangan laut dan pulau-pulau yang menakjubkan.
Tidak hanya mengandalkan menara kuno, di Pulau Lengkuas juga dikenal dengan keindahan pantainya. Hamparan batu granit yang unik, pasir putih dan pemandangan bawah laut yang sangat alami membuat wisatawan terpikat untuk melakukan snorkeling dan diving. Di depan perairan Pulau Lengkuas terdapat spot-spot diving yang sangat bagus.
Karena Pulau Lengkuas tidak terlalu luas, maka untuk menjaga kebersihan dan keberlanjutan lingkungan, pengunjung disarankan membawa persediaan air minum dan selalu membawa pulang kembali sampah yang dihasilkannya.
Untuk bisa mencapai Pulau Lengkuas, pengunjung harus menyewa perahu dari Tanjung Binga atau Tanjung Kelayang. Selama perjalanan yang membutuhkan waktu 40-60 menit, pengunjung bisa menikmati pemandangan menarik yang bisa dipakai sebagai obyek berfoto ria. Ada Batu Garuda, Pulau Pasir dan Pulau Batu Berlayar. Batu Garuda memiliki daya tarik tersendiri karena bentuknya menyerupai Kepala Garuda. (berbagai sumber)