Menapak Sukses Bisnis Kuliner

0

a1

Lakukan segala sesuatunya dengan passion, kalau kita ingin terjun disuatu bidang atau mau melakukan sesuatu, tanpa adanya passion usaha itu tidak akan berjalan.

Meracik bumbu dapur bukanlah keahlian para ibu-ibu semata, hal itulah yang ditunjukkan Ken Master Chef saat menjadi finalis 3 besar ajang reality show Master Chef Indonesia Season 2, yang diadakan salah satu stasiun televisi nasional. Sejak berusia 5 tahun, Ken kecil sudah suka dunia dapur dan memasak, Dia sering membantu ibunya memasak, walau hanya membantu mengupas udang atau kegiatan lainnya. Saat kuliah, sarjana ekonomi ini mengambil jurusan manajemen perhotelan, yang juga diajarkan mengenai teknik-teknik memasak, seperti cara memotong bahan masakan, teknik pengolahan, dan lain sebagainya, sehingga berguna untuk mendukung hobinya.

Hobi memasak bagi Ken sebenarnya merupakan hobi keduanya, setelah hobi pertamanya, yaitu makan menikmati wisata kuliner. Pria yang memiliki nama asli Ken Kurniawan Sutanto ini, pernah menjabat posisi sebagai General Manager disalah satu restoran ternama Surabaya. Baginya bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak ada matinya, karena semua orang pasti butuh makan. Minat dan kemampuannya dalam dunia kuliner, merupakan modal utama untuk terjun dalam bisnis ini. Dalam dunia bisnis sebagai seorang entrepreneur, Ken juga suka akan strategi menjalankan bisnis, mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan manajemen sampai pemasaran dalam sebuah perusahaaan.

Menurutnya, seseorang yang ingin terjun di bisnis kuliner, haruslah belajar dan memulainya dari bawah, sehingga dapat melalui tahapan sukses disetiap level yang dilaluinya. Lakukan segala sesuatunya dengan passion, kalau kita ingin terjun disuatu bidang atau mau melakukan sesuatu, tanpa adanya passion usaha itu tidak akan berjalan. Hal ini tidak hanya berlaku bagi pebisnis, tapi bagi semuanya, dan itulah yang menjadi motto hidupnya selama ini. Profesinya sebagai Chef saat ini bisa dibilang tidak sama dengan profesi sebelumnya sebagai General Manager Restoran, tapi masih tetap berhubungan dengan dunia kuliner yang menjadi satu kesatuan.

Di usianya yang genap 31 tahun pada bulan januari kemarin, Ken berharap kelak Dia bisa mempunyai usaha atau bisnis kuliner yang bisa Go Nasional atau Internasional. Selama ini dukungan keluarganya sangat mendukung apa yang Dia cita-citakan dan ingin diraihnya. ‘Dunia kuliner itu bukan suatu hal yang bisa dianggap remeh, seperti yang kita tahu, itu suatu usaha yang benar-benar mendunia, peluang dan prospeknya luar biasa’ tegan Ken. Dia juga berharap bisa menapaki sukses dalam bisnis kuliner seperti idolanya, Gordon Ramsay, salah satu juri Master Chef Amerika, yang sukses memiliki sejumlah restoran ternama diberbagai negara.