Kenali Berbagai Modus Penipuan Online (Bagian 1)

0

a1

Dengan semakin maraknya dunia perdagangan online, makin banyak pula upaya penipuan dengan berbagai modusnya. Tulisan ini dimaksudkan agar anda mengenali berbagai modus yang umum, sehingga anda wasapada dan terhindar dari upaya penipuan, baik sebagai konsumen maupun pemilik toko online.

Ada berbagai macam tips, baik bagi para pembeli maupun pemilik toko online untuk menghindari modus-modus tersebut, yang tidak dapat kami utarakan di sini. Namun tips yang pertama dan terutama adalah: Jangan pernah tergiur harga super murah karena “if it sounds too good to be true, it usually is”. Cek dan ricek sebelum bertransaksi.

  1. Transaksi segitiga

Jila penipu (P) membeli barang kepada A, tentu A akan memberikan informasi rekening untuk menerima transfer. Selanjutnya P menjual barang (bisa sama bisa lain) kepada B dengan harga yang sama. Namun kali ini P tidak memberikan informasi rekeningnya sendiri kepada B. Yang diberikan adalah informasi nomor rekening A.

Yang terjadi selanjutnya, B mentransfer ke rekening A. A merasa sudah dibayar oleh P (padahal yang membayar B) sehingga mengirimkan barang kepada P. Sementara itu B gigit jari menunggu barangnya tiba. Jika B memperkarakan kasusnya, maka pelacakan akan berujung ke A sebagai penerima uang.

  1. Phishing (Domain palsu)

Jika bisnis anda bernama ABC, dengan domain misalnya abcshop.com bisa saja ada orang meng-cloning website anda dengan nama serupa, misalnya abc-shop.com, shopabc.com, atau semacamnya. Jika memungkinkan, belilah semua domain yang anda rasa berpotensi disalahgunakan.

Sebelum bank swasta ternama di Indonesia pernah punya pengalaman buruk. Ada seseorang membeli domain dengan nama mirip, kemudian tampilan dibuat persis seperti web bank tersebut. Jika tidak jeli, pengunjung akan memasukkan username dan password di website palsu tersebut. Orang tersebut berhasil mengumpulkan banyak username dan password nasabah, yang untungnya tidak disalahgunakan. Kasus ini heboh apalagi mengingat saat itu belum ada token sehingga begitu login orang langsung bisa bertransaksi!

(bersambung)