Bisnis Argo Roda Dua

0

Hal ini merupakan inovasi baru untuk model transportasi umum roda dua Surabaya, yang dapat membantu mobilitas warganya, dan perlu dukungan dari semua pihak.a1

Banyak sekali ide bisnis yang ada di benak pengusaha-pengusaha kreatif dalam melihat peluang usaha, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Surabaya sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, memberikan peluang bisnis yang memiliki prospek luar biasa jika kita bisa menangkapnya. Jumlah kendaraan yang setiap tahunnya terus bertambah, semakin memenuhi ruas-ruas jalan di Kota Pahlawan ini, sehingga angka kemacetan juga ikut bertambah dan mengganggu mobilitas warga. Hal inilah yang membuka peluang usaha transportasi umum roda dua terus berbenah, melakukan inovasi sesuai dengan permintaan pasar, yang menjadi pelanggannya.

Saat ini kita sering mendengar kata Taksi Motor, yang merupakan evolusi ojek dan hasil inovasi pemikiran pengusaha transportasi umum roda dua. Ojek seperti yang kita ketahui adalah transportasi umum informal, mengangkut dan mengantarkan penumpangnya ke lokasi yang dituju, dengan tarif yang sudah disepakati sebelumnya. Sedangkan Taksi Motor merupakan usaha sejenis ojek, yang memberikan layanan seperti Taksi Mobil, menggunakan argo dalam mengukur jarak tempuh dan nominal yang harus dibayarkan penumpangnya. Tidak hanya pemakaian argo, layanan yang diberikan kepada penumpang dan pelanggannya pun beragam, tidak seperti ojek.

Pengusaha yang bermain di bisnis Taksi Motor Surabaya tidak sedikit, tapi kebanyakan dari mereka tumbang dan tidak mampu mengembangkan bisnisnya. Hal ini tidak menyurutkan niat dan usaha Yosephus Widyawan, Owner Cak Transport, yang juga bergerak dibidang jasa Taksi Motor atau Taksi Roda Dua, membangun dan mengembangkan bisnisnya. Usahanya baru berjalan 4 bulan, tapi sudah mendapat respon positif dari warga Surabaya yang telah menjadi pelanggan setianya, sejak beroperasi pada bulan November 2012. Mungkin Anda warga Surabaya juga pernah melihat armadanya, yang didominasi warna kuning dengan brand Cak Transport.

Menurut Yosep, sejak tahun 2008 sudah ada beberapa pengusaha yang bermain di bisnis seperti ‘Taksi Motor’ untuk kota Surabaya, tapi mereka tidak bisa eksis dan bertahan sampai ulang tahunnya yang pertama. Ada yang harus dibenahi dari sistem dan layanan dalam model bisnis transportasi ini, oleh karena itu pengusaha yang juga pernah mendirikan bisnis serupa di kota Semarang, dibawah PT. Sahabat Solusi Intermoda, menghadirkan Cak Transport untuk warga Surabaya. Tampaknya Yosep sangat serius untuk bisnisnya ini, mulai dari pemilihan Brand, sampai hubungan dan kerjasama dengan semua stake holder, benar-benar dia perhatikan.

Pemilihan nama Cak yang khas kota Surabaya, digunakannya untuk mengangkat budaya lokal, sedangkan kata Transport, dipilihnya karena bisnis ini bergerak dibidang transportasi. Banyak inovasi yang dihadirkan dalam bisnis argo roda duanya ini, selain penggunaan argo seperti layaknya taksi mobil, layanannya juga menyediakan jasa Call Center, penggunaan GPS untuk memantau mobilitas armadanya, serta perangkat IT canggih lainnya. Rekrutmen rider yang ketat, sopan, profesional, serta mengutamakan Safety Riding. Penyediaan fasilitas Jaket, Shower Cap, Jas Hujan untuk Badan dan Sepatu, Helm SNI, serta pegangan tangan pada rompi rider, demi kenyamanan dan keamanan penumpang.